8 Manfaat Biji Mahoni Dan Efek Samping Bagi Tubuh


8 Manfaat Biji Mahoni Dan Efek Samping Bagi Tubuh

Manfaat Biji Mahoni Dan Efek Samping Bagi Tubuh. Manfaat biji mahoni ini sangat banyak namun masih sedikit yang tahu bagaimana menggunakan biji mahoni agar bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah Disini saya akan mencoba berbagi Informasi kesehatan yang semoga bisa memberikan pencerahan dan ilmu baru. Hal ini agar tidak tergantung dengan obat kimia yang notabene memberikan efek samping tidak baik untuk tubuh manusia. Ginjal juga akan berimbas bila mengkonsumsi obat kimia terus menerus. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Kepulauan Solomon.

Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35–40 m dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan mengelupas setelah tua.

Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung. Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai.

Pada umumnya, Mahoni dimanfaatkan batang kayunya untuk kerajinan ukiran dan mebel air. Tidak hanya batang kayunya saja yang dimanfaatkan ternyata bagian buah dan biji mahoninya pun dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Rasa pahit biji mahoni mengandung banyak manfaat yang bagus untuk tubuh kita. Diantaranya mengandung Saponin sebanyak 27 jenis dan Flavonoid sebanyak 33 jenis.

Semakin berkembangnya teknologi dibidang farmasi, sekarang sudah tercipta kapsul ekstrak biji mahoni berfungsi sebagai suplemen makanan. Tak hanya jenis Zat Aktif Flavonoid dan Saponin, bahkan protein, mineral, vitamin dan asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh juga terdapat di biji Mahoni.

Manfaat Biji Mahoni

Manfaat Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh yang bisa kita dapatkan ternyata cukup banyak. Biji bunga mahoni yang mempunyai rasa pahit tersebut ternyata mempunyai beberapa manfaat diantaranya:

Baca Juga:

1.Membuat Jantung Sehat

Kandungan Flavonoid yang ada dalam biji mahoni berfungsi meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan Saponin sangat berguna untuk sehatnya jantung. Paduan tersebut menjadi sempurna dan berkhasiat untuk jantung kita menjadi lebih sehat.

2. Menjaga kondisi Gula Darah

Dalam biji mahoni juga terkandung Saponin bermanfaat untuk mengalirkan gula darah secara lancar. Sehingga kadar gula darah tetap kondisi normal.

3. Sebagai obat serangga yang alami

Biji mahoni yang dihaluskan menjadi bubuk dapat bermanfaat sebagai suplemen kekebalan tubuh agar terlindung dari bahaya gigitan serangga. Karena salah satu kegunaan Saponin, mencegah serangga. Caranya dengan mengoles bubuk biji mahoni kekulit.

4. Untuk Memperlancar Buang Air Besar

Membantu kelancaran proses metabolisme sehingga Buang Air Besar menjadi lancar. Caranya dengan menghaluskan biji mahoni terus disedu dengan air hangat. Kemudian minum air seduhan tersebut.

5. Memperpanjang Usia karena penyakit ganas.

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang ganas dan tidak regeneratif. Tapi dengan meminum secangkir susu dengan tambahan bubuk biji mahoni, akan membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bertambah umurnya.

6. Meminimalisir rasa sakit ketika Haid

Ketika wanita mengalami haid, biasanya rasa sakit dan nyeri pasti terasa. Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri ialah mengkonsumsi biji mahoni.

7. Dapat meningkatkan kesuburan hormon Pria dan wanita.

Agar hubungan suami istri menjadi lebih harmonis, jaga selalu vitalitas supaya selalu fit diperlukan suplemen. Salah satu suplemen alami ialah buah mahoni. Konsumsi buah mahoni untuk vitalitas laki-laki maupun perempuan.

8. Menambah Berat Badan

Ketika tubuh menjadi sangat kurus, upaya meningkatkan berat badan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Tapi hasilnya masih belum ada hasilnya, Anda dapat mencoba biji mahoni sebagai suplemen untuk meningkatkan berat tubuh Anda.

Efek Samping Biji Mahoni

Namun, ternyata ada efek samping yang harus kamu perhatikan. Sebuah studi dari Health Sciences Authority di Singapura mencatat bahwa terdapa beberapa kasus cedera hati yang diakibatkan oleh penggunaan biji ini.

Kebanyakan penderita yang dilaporkan disebut memiliki kondisi medis tertentu, yakni diabetes, hipertensi, dan masih banyak lagi. Diduga, orang-orang tersebut mengonsumsi biji mahoni sebagai obat pendamping dari kondisi medis yang mereka alami.

Sangatlah kurang bijak bila menganggap obat mujarab itu harus mahal. Padahal obat alami yang murah meriah pun tersedia disekitar kita dengan kegunaan yang sangat luar biasa. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah ilmu bagi pembaca.