8 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh Untuk Penderita Anemia


8 Makanan Penambah Darah Paling Ampuh Untuk Penderita Anemia

Darah rendah merupakan suatu kondisi kurangnya sel darah merah dalam darah. Penderita darah rendah dapat ditangani dengan mengonsumsi obat penambah darah, anda juga dapat mengonsumsi makanan penambah darah yang sudah terbukti dapat mengatasi anemia.

Bagi penderita anemia, penyakit ini mungkin menjadi momok serius ketika gejala anemia mulai muncul, seperti nafas pendek, pucat, bahkan kepala terasa pusing. Anemia sendiri merupakan suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh kita berada dibawah normal. Sel darah merah atau hemoglobin tersebut berfungi untuk mengangkut oksigen dari jantung kemudian mengantarkannya keseluruh tubuh kita.

Pengertian Anemia

Anemia (dalam bahasa Yunani: ἀναιμία anaimia, artinya kekurangan darah, dari ἀν- an-, “tidak ada” + αἷμα haima, “darah”, disebut juga kurang darah) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif).

Seorang pasien dikatakan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan.

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh kita dapat diakibatkan karena berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut diantaranya yakni pendarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah, dan kurangnya pembentukan sel darah merah. Yang mengakibatkan seseorang merasa lemas.

Makanan Penambah Darah Paling Ampuh

Bagi seorang penderita anemia ada beberapa terapi yang dapat dilakukan, beberapa terapi tersebut meliputi transfusi darah, pemberian kortikosteroid, pemberian eritropoietin, pemberian suplemen besi, vitamin B12, vitamin-vitamin, dan mineral lain yang dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, makanan penambah darah juga sangat perlu untuk diberikan kepada penderita anemia. Berikut ini beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk menambah darah.

Simak Juga:

1. Kurma

Kurma dapat mengontrol jumlah darah merah dalam tubuh anda jika dikonsumsi secara teratur. Dalam buah ini terdapat kandungan zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan juga antioksidan.

2. Apel

Mengonsumsi satu buah apel setiap hari secara teratur dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Kandungan zat besi, vitamin, serta mineral dalam buah apel juga dapat mengontrol jumlah darah merah dalam tubuh.

3. Pisang

Berbagai kandungan vitamin serta mineral dapat anda temukan dalam buah ini. Zat besi dalam buah ini tentunya mampu menyembuhkan anemia yang anda derita. Pastikan mengkonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari, setidaknya satu pisang per hari.

4. Madu

Madu memang sudah terkenal akan khasiat serta manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Dalam madu terkandung zat besi, vitamin, serta mineral yang dapat mengatasi penyakit termasuk anemia. Makanan penambah darah ini dapat anda nikmati bersama jus lemon ataupun bersama minuman lainnya.

5. Jeruk

Buah citrus, seperti lemon, jeruk, dan jeruk nipis kaya akan vitamin C dan juga kandungan lainnya yang bermanfaat untuk menambah sel darah merah. Untuk mengatasi anemia atau darah rendah dengan buah ini pastikan anda mengonsumsinya secara rutin.

6. Tomat

Tomat termasuk kedalam sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi para penderita anemia. Salah satu kandungan yang terdapat dalam tomat yakni vitamin C.

7. Jeroan

Jeroan seperti hati cukup ampuh untuk mengobati anemia. Makanan ini mengandung banyak zat besi dan juga vitamin B12 sehingga dapat mengatasi anemia. Anda dapat memanggang hati dalam oven ataupun dengan cara lainnya.

8. Makanan Penambah Darah Lainnya

Mangga, Jambu Biji, Pepaya, Strawbery, Buah Naga, Sukun, Delima, Kiwi, Anggur, Alpukat, Sirsak, Labu, Kembang Kol, Sawi, Bayam, Kangkung, Kacang Polong Kering, Kacang Almond, Udang, Tiram dan Kerang, Ikan Salmon, Tebu

Makanan penambah darah diatas dipercaya dan sudah terbukti mampu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. bagi penderita anemia sangat ocok mengkonsumsi makanan diatas untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuhnya. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menjadi refrensi bagi penderita anemia.