Bukit Punthuk Setumbu: HTM, Jadwal, Alamat, Rute dan Fasilitas


Tempat Wisata Bukit Punthuk Setumbu HTM Jadwal Alamat Rute dan Fasilitas

Punthuk Setumbu merupakan sebuah nama bukit yang berlokasi di Kabupaten Magelang, sebuah objek wisata paling populer untuk melihat keindahan sunrise dengan pemandangan utama Candi Borobudur yang diselimuti oleh kabut. Apakah sobat sedang mencari informasi harga tiket masuk Bukit Punthuk Setumbu serta informasi seputar Punthuk Setumbu lainnya sebelum berkunjung kesana?

Mengingat Magelang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Indonesia tepatnya di Jawa Tengah, kabupaten yang berbatasan langsung dengan provinsi Jogja, karena hal inipula banyak para wisatawan yang beranggapan kalau beberapa tempat wisata di magelang berada dalam wilayah Jogja, seperti Candi Borobudur dan juga Punthuk Setumbu.

Berbicara mengenai Puntuk Setumbu, di kesempatan kali ini tim redaksi MANFAATCARANYA.COM akan memberikan ulasannya. Pasalnya kami yakin terdamparnya sobat di blog ini karena sedang mencari referensi tentang Bukit Punthuk Setumbu. Sebelumnya juga kami hadirkan referensi tempat wisata yang berlokasi di gunungkidul seperti pantai baron dan juga gunung ireng.

Daya Tarik Punthuk Setumbu

Objek wisata Punthuk Setumbu Magelang berada pada posisi sekitar 4 kilometer di sebelah batar dari Candi Borobudur, hal inilah yang menjadikan punthuk Setumbu sebagai spot terbaik untuk melihat sunrise di kawasan Candi Borobudur.

Bukit Punthuk Setumbu berada pada ketinggian kurang lebih 400 mdpl tentu mempunyai pemandangan yang sangat mempesona bagi siapa saja. Pemandangan di Bukit punthuk mirip sekali dengan pemandangan Bagan yang ada di Myanmar.

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Punthuk Setumbu tentunya adalah memandang indahnya sunrise dengan bacground Candi Borobudur, atau bahkan kalau sobat beruntung sobat juga bisa melihat matahari terbit yang tepat ditengah antar gunung merbabu dan merapi.

Bagi sobat yang tidak ingin terlalu capek untuk melihat sunrise di Punthuk Setumbu ada baiknya kalau sobat menginap saja di sekitar kawasan wisata Punthuk Setumbu. Sobat tidak perlu khawatir dengan penginapan di kawasan Puntuk Setumbu, karena di sini sudah banyak sekali penginapan yang berbentuk rumah tradisional yang disewakan oleh para warga.

Untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu, sobat haruslah berjalan kaki dengan memakan waktu sekitar 20 menit, walau terlihat pendek akan tetapi jalur yang menuju ke puncak cukup menguras tenaga. Bagi sobat yang tidak ingin berjalan kaki, sobat juga bisa menyewa jasa ojek atau menaiki sepeda yang menuju ke puncak.

Sejarah Punthuk Setumbu

Sebelum menjadi pemandangan yang indah, Bukit Punthuk Setumbu dulunya adalah sebuah ladang dan termasuk kedalam gugusan pegunungan menoreh.

Akan tetapi semua itu perlahan berubah karena ada seorang fotografer yang mengabadikan gambar sunrise dengan view Candi Borobudur dan terlihat sangat indah pada saat diselimuti oleh kabut, bukit ini menjadi sangat terkenal lalu akhirnya menjadi salah satu tempat wisata populer di Magelang dan juga di Jogja.

Objek wisata satu ini sering juga disebut dengan nama lain yaitu Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu, wisata magelang satu ini sangat cocok sekali bagi sobatyang mencintai dunia fotografi landscape alasannya tentu karena keindahan alam yang akan disajikan.

LIHAT JUGA: TIPS SEBELUM BERMAIN RAFTING UNTUK PEMULA

Fasilitas Puthuk Setumbu

Bukit Puthuk Setumbuterdapat fasilitas yang banyak, antara lain sebagai berikut:

  • Camp Ground
  • Gazebo
  • Gardu Pandang (Spot Foto)
  • Ojek menuju puncak
  • Mushola
  • Penginapan
  • Warung makan
  • WC
  • Tempat Parkir
  • Dan masih banyak lainnya

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

Untuk dapat menyaksikan keindahan pemandangan di Punthuk Setumbu, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk. Namun, biaya tiket masuk ini tidaklah mahal. Seperti yang tertera pada tabel di bawah ini.

Wisatawan DomestikRp 20.000
Wisatawan MancanegaraRp 50.000

Jadwal Operasional Puthuk Setumbu

Bukit puthuk setumbuh sendiri beroperasi setiap, berikut adalah jam buka puthuk setumbu:

  • Jumat: 04.00 – 17.00
  • Sabtu: 04.00 – 17.00
  • Minggu: 04.00 – 17.00
  • Senin: 04.00 – 17.00
  • Selasa: 04.00 – 17.00
  • Rabu: 04.00 – 17.00
  • Kamis: 04.00 – 17.00

Akomodasi Penginapan Punthuk Setumbu

Di kawasan wisata Punthuk Setumbu sudah terdapat sebuah penginapan berupa rumah warga, atau bahkan kalau sobat ingin berkemah di area Puncak Bukit Punthuk Setumbu akan tetapi areanya tidaklah terlalu luas, atau jika ada yang ingin menginap di hotel, disini juga tersedia hotel Manohara.

Lokasi Punthuk Setumbu

Alamat berlokasi di Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
20 km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang-Yogyakarta (33 menit)
4 km dari Candi Borobudur melalui Jl. Ngaran Kidul (11 menit)

Rute Menuju Punthuk Setumbu

Dari atah depan tempat wisata Candi Borobudur, sobat bisa menuju kearah hotel Manohara, lalu lurus saja hingga menuju kearah perbukitan menoreh. Tidak jauh dari situ akan ada sebuah petunjuk arah yang mempunyai bacaan Borobudur Nirvana Sunrise, sobat hanya perlu mengikuti arah petunjuk tersebut hingga sampai ke lokasi wisata Punthuk Setumbu.

BACA JUGA: RUTE MENUJU PANTAI KUKUP GUNUNGKIDUL

Tips Saat Berlibur ke Punthuk Setumbu

Bagi sobat yang ingin berwisata ke bukit puthu setumbu kami akan memberikan beberapa tips-tips saat berlibur ke tempat wisata ini:

  • Datanglah pada saat musim kemarau supaya sobat bisa menikmati pemandangan yang indah dengan cuaca yang cerah.
  • Waktu terbaik untuk berlibur di Punthuk Setumbu adalah pada (senin-jumat), tepatnya pada saat fajar (sunrise), apabila sobat datang pada akhir pekan atau hari libur, maka sudah bisa dipastikan kalau puncak Punthuk Setumbu akan ramai oleh wisatawan
  • Bawalah kamera DSLR untuk mendapatkan foto terbaik.
  • Jangan buang sampah sembarangan dan selalu taati peraturan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman pada saat kegiatan outdoor, karena kita akan trekking menuju puncak dengan hanya berjalan kaki di medan tanah.
  • Perjalanan menuju puncak akan memakan waktu kurang lebih 15-20 menit, tergantung kecepatan berjalan.

Demikianlah informasi terkini seputar Bukit Punthuk Setumbu yang meliputi harga tiket masuk (HTM), jadwal buka, alamat, rute menuju lokasi dan fasilitas yang tersedia di Bukit Punthuk Setumbu. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tempat wisata yang pemandangannya bagus. Jangan lupa lihat juga htm pantai drini gunungkidul dan juga alamat lokasi pantai batu bengkung malang yang telah kami sajikan di halaman lainnya.