Harga Tiket Masuk Gunung Ireng, Sejarah, Alamat dan Rute Menuju Lokasi


Harga Tiket Masuk Gunung Ireng HTM Sejarah Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pesona keindahan Gunung Ireng yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta menjadi salah satu wisata pegunungan yang harus sobat coba. Pasalnya di tempat wisata ini para pengunjung dapat menyaksikan kecantikan matahari terbit. Gunungkidul kembali lagi seolah tidak ada hentinya untuk terus memberikan tempat menarik yang sangat-sangat tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Gunung Ireng adalah salah satu tempat nongkrong yang mulai popular di kalangan pecinta wisata pegunungan dan tentunya para pemburu selfie yang terkenal dengan spot sunrise. Berhubung wisata pegunungan, tentu Gunung Ireng mempunyai pemandangan alam yang sangat luar biasa yaitu berupa pemandangan hamparan sawah yang begitu luas tentu sangat menarik karena berada di tengah-tengah pedesaan.

Wajar saja kalau Gunung Ireng menjadi obyek wisata favorit para penikmat momen matahari terbit atau sunrise hunter. Selain para pengunjung bisa mengabadikan momen matahari terbit, jika kalian datang di saat momennya pas, kalian bisa menyaksikan kombinasi lautan kabut, hamparan pegunungan, dan matahari terbit yang begitu menawan. Keindahan Gunung Ireng ini tentunya memiliki pesona yang berbeda dengan keunikan yang terdapat pada pantai Gunungkidul seperti pantai baron, atau pantai kukup dan pantai lainnya.

Sejarah Gunung Ireng

Ada cerita tersebar di masyarakat Gunung Ireng yang menarik untuk didengar. Dikatakannya, pembentukan Gunung Ireng karena batuan Gunung Merapi ditendang oleh Raden Bratasena atau Bima. Boneka Raden Bratasena atau Bima termasuk sosok kuat. Konon Bima merasa marah karena di Gunung Merapi ada banyak kera nakal di puncak Merapi yang bertujuan menendang monyet pemberontak. Namun, ternyata tendangannya meleset dan terpapar bebatuan Gunung Merapi sampai akhirnya batu mengapung di atas Gunungkidul. Itu akhirnya bebatuan membentuk gunung yaitu Gunung Ireng.

Karena nama Gunung Ireng diambil dari bentuk batu karang yang ada di puncak gunung ini. Di puncak Gunung Ireng juga ditutupi tanaman kecil atau pepohonan karena hanya bebatuan hitam. Jadi batu hitam disebut Gunung Ireng di jawa.

Alamat Lokasi Gunung Ireng

Lokasi Gunung Ireng tepatnya berada di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Pathuk, Gunungkidul. Sebagai tempat wisata pegunungan, Gunung Ireng menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dalam bentuk hamparan sawah yang luas yang nampaknya sangat menarik untuk berada di tengah lapangan yang tentunya tidak kalah seru dengan wisata gunung di Gunungkidul.

Puncak Gunung Ireng Pengkok Gunungkidul memiliki pesona bagi wisatawan sebagai tempat menyaksikan matahari terbit atau Sunrise. Pemandangan indah dari langit yang seakan menerangi dari ujung timur. Selain itu, suasana kabut yang menyelimuti Gunung Ireng dan udara masih sangat menyenangkan sehingga pengunjung merasa santai santai di Puncak ini.

Rute Menuju Gunung Ireng

Bagi sobat yang ingin berkunjung ke Gunung Ireng, namun bingung bagaimana cara menuju kesana tidak perlu khawatir karena kami akan menghadirkan rute atau jalan menuju ke lokasi wisata Gunung Ireng.

Pengunjung dari segala arah bertemu dengan persimpangan Radio GCD. Kemudian berbelok ke kiri untuk sampai dari arah Wonosari, atau Sobat bisa berbelok ke kanan untuk datang dari arah Yogyakarta. Dan dari persimpangan Radio GCD, pergilah ke Desa Pengkok untuk pertemuan selanjutnya dengan Balai Desa Pengkok.

Setelah itu, di persimpangan Kebonkuning, ambil arah yang kanan untuk menemukan pintu Gunung Ireng dengan warna hijau. Obyek wisata Gunung Ireng dikelola oleh warga sekitar, meski tempat ini sangat bersih, sehingga pengunjung ini dianjurkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga lingkungan di tempat wisata ini tetap lestari dan tetap bersih.

Harga Tiket Masuk Gunung Ireng

Obyek wisata Gunung Ireng, Gunung Kidul ini jadwal bukanya 24 jam. Bagi pengunjung yang memasuki kawasan tempat wisata ini diharuskan membayar biaya tiket masuk Gunung Ireng sebesar Rp 3.000. Kemudian untuk tarif parkir dikenakan biaya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Cukup murah untuk tempat menarik seperti Gunung Ireng. Dengan biaya rendah sobat bisa menikmati pemandangan yang indah dan memotret selfie dengan pemandangan indah.

Demikianlah informasi terkini harga tiket masuk atau HTM Gunung Ireng, sejarah, alamat dan rute menuju lokasi Gunung Ireng. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari tempat wisata pegunungan dengan spot foto yang instagramable. Jangan lupa lihat juga harga tiket masuk pantai drini gunungkidul dan juga pantai batu bengkung malang yang telah kami sajikan di halaman lainnya.