Saturday , May 25 2024
Cara Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami

7 Cara Mudah dan Cepat Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami

7 Cara Mudah dan Cepat Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami. Musim pancaroba atau musim peralihan tidak hanya cuaca saja yang dapat mengganggu kesehatan. Namun hewan kecil yang suka menghisap darah ini juga berkembang dengan pesat.bagi sebagian orang nyamuk bisa dibasmi dengan menggunakan obat nyamuk pabrikan. Lantas bagaimana bila anda memiliki balita yang mengharuskan anda untuk tidak menggunakan obat nyamuk pabrikan karena mampu mempengaruhi kesehatan. Anda jangan risau karena ada banyak cara alami mengusir nyamuk, jadi kesehatan buah hati anda tetap terjaga.

Penyakit Yang ditimbulkan Oleh Nyamuk

Nyamuk yang masuk golongan serangga ini ternyata sangat mengganggu kesehatan. Meskipun memiliki tubuh yang sangat kecil, namun faktanya nyamuk mampu mengganggu kesehatan sangat. Berbagai penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk diantara dbd, malaria, chikunguya dan masih banyak lainnya.awalnya gigitan yang ditimbulkan bentol dan gatal hal tersebut yang membuat anda merasa tidak nyaman.apalagi bagi balita hal tersebut sering menjadikan anak uring-uringan.

Kebersihan lingkungan menjadi faktor pendukung untuk meminimalisir adanya nyamuk. Meskipun kenyataannya masih ada nyamuk yang berterbangan di rumah. Hal tersebut bisa anda antisipasi dengan berbagai bahan yang ada disekitar anda.

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Bahan Alami

Bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengusir nyamuk serta mampu mengharumkan ruangan anda ada banyak sekali, cara alami mengusir nyamuk ini terbukti sangat ampuh. Bau yang dihasilkan juga tidak disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk akan menghindari bau-bauan yang dikeluarkan oleh bahan tersebut. Berikut beberapa obat pengusir nyamuk alami yang aman untuk buah hati atau anda yang sedang memiliki riwayat paru-paru yang kurang sehat.

1. Serai

Serai atau lemongrass (cymbopogon citratus) merupakan tanaman wangi yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Tanaman herbal ini menjadi salah satu wewangian favorit banyak orang karena dapat memancarkan aroma yang menyenangkan dan menenangkan.

Tidak heran bila bahan alami ini digunakan dalam berbagai produk komersial seperti parfum, aromaterapi, lotion dan lilin.  Nah, serai mengandung citronella, minyak alami yang terkenal di seluruh dunia sebagai bahan alami pengusir nyamuk.

Berdasarkan studi ilmiah tentang efisiensi pengusir serangga nabati pada tahun 2011, terungkap bahwa citronella dari serai memiliki bau yang menyengat sehingga mampu mengusir nyamuk dalam waktu 2,5 jam dan terbukti mengurangi gigitan serangga tersebut hingga  40 persen. Cara menggunakan bahan alami ini cukup dengan membakar sebatang serai di dalam ruangan. Asapnya bisa memberikan perlindungan ekstra hingga 50 persen. Baca Juga: Cara Bakar Lemak Dengan Serai.

2. Minyak Kayu Putih

Tidak hanya baik untuk menghangatkan badan, minyak kayu putih ternyata terbukti mampu mengusir nyamuk. Penggunaan minyak kayu putih untuk mengusir nyamuk sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang kita. Cara minyak kayu putih untuk mengusir nyamuk cukup mudah. Anda bisa mencampurkan dengan lemon kemudian balurkan ke tubuh yang berpotensi digihit nyamuk. Simak Juga: Manfaat Kayu Putih Yang Tersembunyi.

3. Bunga Lavender

Banyak produk lotion nyamuk menggunakan ekstra bunga lavender. Nyatanya bunga lavender yang memiliki warna ungu yang sangat menggoda ini bersifat analgesik, antijamur serta antiseptik. Bunga lavender mampu menenangkan jadi tak heran bila bunga lavender banyak dijadikan aromaterapi. Tak hanya itu saja ternyata bunga levender juga mampu menjadi obat nyamuk yang paling efektif. Anda hanya perlu menghaluskan bunga lavender kemudian mengoleskannya ke tubuh seperti tangan, kaki atau leher.

4. Minyak Kayu Manis

Minyak kayu manis yang memiliki aroma harum mampu menjadi pengusir serangga. Anda bisa membuat campuran dari 1/4 sendok minyak kayu manis yang dicampur dengan 25ml air. Bila terlalu kental anda bisa menambahkan air. Campuran tersebut bisa anda oleskan ke tubuh.

5. Minyak Thyme

Thyme efektif mengusir nyamuk yang menjadi penyebab malaria. Obat nyamuk alami ini bisa kamu gunakan dalam tiga cara.

Pertama, bakar daun tyme. Asap dari pembakaran daun efektif membunuh serangga tersebut.

Cara kedua, campurkan 4 tetes minyak thyme dengan satu sendok minyak zaitun atau jojoba, kemudian minum.

Terakhir, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air. Larutan ini bisa kamu gunakan sebagai semprotan nyamuk.

6. Minyak Pohon Teh

Bukan hanya ampuh mengatasi jerawat, minyak pohon teh atau tea trea oil juga efektif mengusir serangga ini di sekitar rumah berkat sifat antiseptik, antimikroba dan antiinflamasinya. Cara membuatnya dengan mencampur beberapa tetes minyak pohon teh dan air. Masukkan campuran ini ke dalam botol semprot, lalu semprotkan cairan ke lingkungan rumah.

7. Minyak cengkeh

Penelitian telah menemukan bahwa minyak cengkeh topikal yang encer aktif dalam melawan nyamuk. Penelitian menyimpulkan bahwa bahan alami ini efektif selama hampir empat jam.  Namun, seperti minyak thyme, minyak cengkeh tidak boleh kamu oleskan tanpa diencerkan terlebih dahulu pada kulit karena dapat terserap dan menimbulkan efek buruk.

Untuk membuat minyak cengkeh menjadi obat pengusir nyamuk, kamu cukup mencampurkan seperempat sendok makan minyak untuk sekitar 100 mililiter air. Campuran ini bisa kamu semprotkan di kulit, baju, maupun ruangan. Baca Juga: Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan.

Cara dan bahan pengusir nyamuk diatas bias anda terapkan untuk menghindari gigitan nyamuk yang efeknya sangat besar bagi kesehatan. Anda bias mencoba salah satu cara diatas. Jaga lingkungan agar tetap bersih agar nyamuk tidak terlalu banyak bertandang dirumah anda. Semoga ulasan diatas membantu dan menambah pengetahuan anda.