Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil, Mampu Membantu Pertumbuhan Paru-paru Janin


Manfaat Bayam Untuk Ibu Hamil

Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil, Mampu Membantu Pertumbuhan Paru-paru Janin. Bayam, sayuran yang sering kita jumpai ini ternyata memiliki banyak khasiat. Sayur bayam semakin terkenal berkat film kartun popeye yang lebih kuat dengan mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Lantas sebenarnya apa saja sih manfaat bayam terutama untuk ibu hamil?serta kandungan nutrisi yang ada pada bayam?

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok).

MANFAAT BAYAM BAGI IBU HAMIL. Bayam merupakan sumber kalsium, vitamin A, vitamin E dan juga vitamin C, zat besi, serat dan juga betakaroten. Selain itu bayam juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk mencegah anemia. Jadi tak diragukan lagi bila ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Lantas apa manfaat bayam bagi ibu hamil?.

Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil Terlengkap

Berikut khasiat bayam bagi ibu hamil yang bisa kita dapatkan baik untuk ibu yang sedang hamil maupun untuk janin dalam kandungan.

Baca Juga:

Mencegah Anemia

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan kekurangan darah atau anemia pada kehamilannya terutama pada trimester akhir. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan zat besi pada tubuh Anda. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi anda bisa mengonsumsi bayam, karena bayam mengandung zat besi yang bisa menambah pasokan gizi di tubuh ibu hamil. Tidak hanya itu, asam folat di dalam bayam bisa membantu mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Asam folat yang tinggi

Tak hanya zat besi saja bayam juga mengandung asam folat yang cukup tinggi, Moms. Asam folat di dalam bayam berfungsi untuk mengurangi risiko bayi terlahir dengan cacat, seperti bibir sumbing dan spina bifida.

Membantu pertumbuhan paru-paru

Selain asam folat, bayam juga memiliki beta karoten yang banyak. Beta karoten ini bisa diubah menjadi vitamin A, yang dapat membantu pertumbuhan paru-paru janin Anda, Moms. Vitamin A juga dapat membantu meningkatkan metabolisme ibu dan bayi pun bisa memiliki berat badan yang cukup saat lahir.

Mencegah wasir

Salah satu gangguan yang sering dialami ibu hamil adalah wasir dan sembelit. Konsumsi bayam bisa mencegah Anda mengalami gangguan tersebut. Karena bayam mengandung cukup banyak serat untuk menangani wasir dan sembelit.

Mengurangi nyeri

Sering merasakan nyeri saat hamil, Moms? Bisa jadi karena meningkatnya berat badan dan perubahan hormon yang berakibat mempengaruhi tulang dan otot, sehingga Anda merasa nyeri. Konsumsilah bayam, karena memiliki kandungan yang sehat, glikolipid, agen anti inflamasi yang bisa mengurangi rasa nyeri dan sakit saat hamil.

Membantu menurunkan tekanan darah

Sangat penting menjaga tekanan darah Anda saat hamil, Moms. Tekanan darah tinggi selama kehamilan bisa menjadi masalah serius untuk Anda. Untuk itu pastikan konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur bayam. Karena bayam mengandung nitrat yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Baca Juga:

Demikian tadi manfaat bayam bagi ibu hamil yang sangat luar biasa banyaknya. Meskipun harganya relatif murah namun rasakan khasiatnya pada tubuh anda dengan mengkonsumsinya. Anda juga bisa mendapatkan info menarik lainnya dengan mengunjungi laman manfaatcaranya.com seputar kesehatan, kecantikan serta info menarik lainnya akan kita kupas disini.