Mengenal 4 Pemeriksaan Jantung yang Dilakukan di Rumah Sakit Jantung

Mengenal Pemeriksaan Jantung yang Dilakukan di Rumah Sakit Jantung

Saat melakukan cek kesehatan jantung, ada beberapa pemeriksaan yang harus anda lalui untuk memastikan kesehatan dan kondisi jantung anda. Secara umum, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan beberapa tes penunjang. Berikut akan dijelaskan tentang beberapa tes penunjang yang digunakan di rumah sakit jantung.

Tes Penunjang di dalam Pemeriksaan Jantung

1. Tes Kolesterol

Salah satu tes yang akan anda jalani ketika melakukan pemeriksaan kesehatan jantung adalah tes kolesterol. Di tes ini, sampel darah anda akan diambil untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di dalam laboratorium. Namun, anda akan diminta untuk berpuasa selama 8 hingga 12 jam sebelum pemeriksaan ini.

Pemeriksaan ini bisa anda lakukan selama 5 tahun sekali jika anda berusia lebih dari 20 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Namun, jika anda memiliki riwayat kolesterol yang tinggi, stroke, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes, dokter akan memberikan jadwal pemeriksaan secara rutin untuk mengontrol kondisi anda.

2. Uji Latih Jantung

Pemeriksaan selanjutnya yang akan anda jalani di rumah sakit jantung adalah uji latih jantung yang umumnya dilakukan dengan treadmill. Kinerja jantung anda akan dilihat melalui pemeriksaan sini dan dinilai apakah jantung masih bagus dalam memompa darah dan memenuhi kebutuhan oksigen di dalam tubuh. Terlebih ketika tubuh anda sedang butuh banyak oksigen.

Secara umum, uji latih jantung atau yang biasa disebut juga dengan tes treadmill ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kerja jantung anda. Selain itu, tes ini juga dapat mendeteksi adanya gejala tertentu saat tubuh melakukan aktivitas yang lebih berat, seperti nyeri dada.

3. Ekokardiografi

Pemeriksaan yang satu ini bertujuan untuk mengetahui kondisi katup dan otot jantung yang dilakukan dengan bantuan USG. Ekokardiografi dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat potensi kelainan katup jantung, endokarditis, atau penyakit jantung bawaan. Ekokardiografi juga berguna untuk mengetahui apakah terdapat timbunan cairan di selaput pembungkus jantung.

4. Angiografi & Kateterisasi Jantung

Pemeriksaan selanjutnya yang akan anda jalani di rumah sakit jantung adalah angiografi dan kateterisasi jantung. Pemeriksaan ini akan dilakukan apabila dokter memiliki dugaan jika terdapat masalah di bagian katup, otot, atau pembuluh darah arteri jantung. Selain digunakan untuk pemeriksaan, kateterisasi jantung juga sering dijadikan sebagai tindakan penanganan.

Kateterisasi jantung ini biasa dijadikan sebagai tindakan penanganan untuk melebarkan pembuluh darah yang tersumbat, menghancurkan sumbatan yang ada di pembuluh darah jantung, dan memperbaiki katup jantung yang rusak. Tindakan ini akan dilakukan oleh dokter spesialis jantung yang sudah berpengalaman menangani pasien jantung.

Selain beberapa pemeriksaan di atas, anda juga mungkin akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan lainnya, seperti CT scan jantung atau MRI jantung. Setiap jenis pemeriksaan memiliki fungi dan tujuan masing-masing yang berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung anda. Anda bisa melakukan pemeriksaan jantung secara lengkap di RS jantung Heartology Cardiovascular Center yang memiliki tim medis profesional serta fasilitas lengkap untuk penanganan jantung dan pembuluh darah.