Cara Mengatasi Ban Mobil Kempes Sendiri dan Penyebabnya


Cara Mengatasi Ban Mobil Kempes

Pernahkah anda mengalami ban mobil di rumah tiba-tiba kempes atau berkurang sendiri. Angin ban pada mobil berfungsi menjaga bentuk dan dan kestabilan kendaraan saat berkendara di jalan. Beberapa kasuh yang pernah dialami seperti ban tubeless bocor samping dan tidak tahu nomor tambal ban tubeless panggilan.

Untuk menjaga kestabilan angin pada ban diperlukan maintenance yang tidak sulit. Sebaiknya Anda menjaga kualitas kinerja sesuai rekomendasi pabrik. Permasalahan yang terjadi jika ban mobil kempes yaitu saat berkendara akan sulit mengendalikan setir dan terasa berat saat berjalan. Ketahui biaya tambal bal mobil belum kejadian seperti ban mobil bocor halus maupun secara tiba-tiba dengan melihat daftar harga di bengkel mobil terdekat maupun secara online.

Cara Mengatasi Ban Mobil Kempes Sendiri

Masalah ban kempes yang sering dialami memang bikin pusing karena dapat terjadi secara tiba-tiba saat akan menggunakan kendaraan tersebut untuk beraktivitas atau berangkat kerja. Lalu,bagaimana para pemilik kendaraan dapat mengontrol kendaraanya agar dapat terjaga dengan baik.

1.Pori-pori Ban Mobil

Penyebab pertama ban mobil yang kempis sendiri adalah karena ban mobil memiliki pori-pori. Bahan dasar utama ban mobil adalah karet alami yang memiliki pori-pori sangat halus dan tidak kelihatan oleh mata.

Suhu dingin juga bisa membuat material karet mengalami pengerutan, di mana terbentuk ruang kosong antara ban dengan pelek yang menyebabkan udara di dalam ban keluar dengan sendirinya.

2. Suhu Dingin

Menurut hukum fisika, menyatakan bahwa di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas. Suhu dingin juga bisa membuat material karet mengalami pengerutan dimana terbentuk ruang kosong antara ban dengan pelek yang menyebabkan udara di dalam ban keluar dengan sendirinya. Jika rumah anda berapa di daerah dingin atau sedang piknik di dataran tinggi, sebaiknya cek kondisi ban saat mau berjalan lagi.

3. Pentil Ban Rusak

Pentil yang berfungsi sebagai penghubung antara ban dan udara perlu dijaga secara rutin. Yang terpanjang rusak mengakibatkan angin dalam ban dapat berkurang secara drastis.

4. Ban Mobil Bocor

Kasus seperti ini sudah sering terjadi dan mungkin dialami setiap orang. Ban kempes sendiri secara halus memang tidak diketahui, karena bocor pada ban berkurang secara perlahan-lahan.

Pada biasa mungkin akan terlihat angin berkurang secara cara jelas, namun jika tipe anak Anda tubeless berkurangnya angin pada ban tidak akan terlihat secara jelas, tipe-tipe akan terlihat kempes dan berjalan terasa berat.

5. Pelek Mobil Rusak

Ketika velg pada mobil maupun motor rusak dapat juga mengakibatkan angin pada ban berkurang. Kurang rapatnya velg dengan ban mengakibatkan angin pada ban berkurang secara halus maupun drastis.

Cara mengatasi ban kempis sendiri cukup dengan para pemilik mobil disarankan untuk mengecek tekanan angin ban secara rutin setidaknya seminggu sekali. Anda juga dapat menyimpan alat pengukur tekanan udara ban sekaligus kompresor portabel pada Mobil kesayangan anda. Pastikan kondisi fisik ban, pentil, dan pelek dari potensi kebocoran setiap saat supaya aktifitas anda terjaga dengan baik.