Ketahui Berbagai Penyebab Ketiak Basah dan Cara Mengatasinya

Ketahui Berbagai Penyebab Ketiak Basah dan Cara Mengatasinya

Ketiak basah yang disebabkan oleh keringat berlebih umumnya akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Bahkan akan membuat orang-orang di sekitar Anda merasa tidak nyaman apabila baunya tidak sedap. Terlebih lagi jika ketika Anda juga berwarna hitam, tentu saja hal ini akan dapat meruntuhkan rasa percaya diri. Jika Anda mengalaminya, maka Anda memerlukan cara agar ketiak tidak bau basah dan hitam.

Ketiak basah, beraroma tidak sedap, serta berwarna hitam sejatinya bukanlah sesuatu yang membahayakan. Namun jika tidak ditanggulangi sesegara mungkin, bisa saja akan membuat Anda merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman dalam bergaul.

Penyebab Ketiak Basah

Untuk mengatasi ketiak basah, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Perkara ketiak basah itu sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

1. Konsumsi Makanan & Minuman yang Masih Panas

Mengonsumsi makanan dan minuman saat masih dalam kondisi panas dapat menyebabkan ketiak basah. Pasalnya, suhu tubuh akan meningkat ketika Anda menyantapnya. Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan keluarnya keringat dalam jumlah banyak.

2. Kebiasaan Makan Pedas

Selanjutnya, makanan yang terlalu pedas juga dapat menyebabkan keluarnya keringat dari tubuh dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Hal ini mirip sekali dengan menyantap makanan dalam keadaan panas.

3. Aktivitas Berlebih

Aktivitas yang berlebihan dan olah raga yang terlampau keras dapat memicu munculnya masalah ketiak basah dan bau.

4. Kondisi Bawaaan (Hiperhidrosis)

Ketiak yang sering kali basah juga dapat disebabkan oleh kondisi medis bawaan seperti hiperhidrosis.

5. Cuaca yang Panas

Kondisi cuaca yang sangat panas juga dapat memicu keringat basah. Misalnya saja bagi Anda yang berdomisili di sekitar pesisir pantai atau pun dataran rendah.

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketiak yang basah, berbau dan kehitaman.

1. Bersihkan Tubuh dengan Mandi Teratur

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ketiak basah adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur. Jangan lupa Anda gunakan sabun antibakteri sehingga akan mampu membunuh bakteri penyebab bau badan tidak sedap.

Selain itu, bersihkan pula bagian tubuh lainnya yang berpotensi menghasilkan keringat berlebih misalnya area ketiak, leher, telapak tangan, dan telapak kaki.

2. Ganti Pakaian Secara Rutin Setiap Hari

Mandi secara teratur saja tidak akan cukup untuk mengatasi masalah ketiak basah dan bau. Anda juga harus rajin mengganti pakaian yang Anda kenakan secara rutin, minimal dua kali dalam sehari.

3. Hindari Makanan Berlemak & Minuman Panas

Makanan berlemak umumnya memang sangat menggoda untuk dikonsumsi. Namun dibalik kelezatannya, makanan berlemak ternyata dapat memicu ketiak menghasilkan keringat berlebih.

Selain itu, hentikan juga kebiasaan menyantap makanan dengan cita rasa terlalu pedas, serta minuman dalam kondisi panas.

4. Kelola Stres & Rasa Cemas

Kondisi stres dan perasaan cemas akan memicu denyut jantung berdetak lebih kencang. Akibatnya, tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengelola stres dan menghindari rasa cemas yang berlebihan. Selalu berpikiran positif dan tetap optimis dalam menjalani hidup akan membuat Anda merasa lebih tenang dan tenteram.

5. Gunakan Deodoran dengan Antiperspirant

Masalah ketiak basah dan bau paling mudah diatasi dengan deodoran. Terlebih lagi deodoran yang mengandung antiperspirant. Kandungan antiperspirant pada deodoran ini tidak hanya menjadi solusi bagi ketika yang bau, namun juga akan menjaga ketiak tetap kering. Misalnya saja produk Rexona Powder Dry Roll On yang akan menjaga ketiak Anda tetap kering dan memberikan nuansa kesegaran aroma bunga.