7 Tips Membasmi Rayap Secara Alami dan Menggunakan Jasa Profesional

Cara Alami Membasmi Rayap dan Menggunakan Jasa Profesional

Salah satu hewan pengganggu yang sering masuk ke dalam rumah adalah rayap. Serangga kecil ini sering kali menimbulkan masalah, gangguan dan kerusakan di dalam rumah, mulai dari furnitur, perabotan kayu, koleksi buku, dokumen, uang kertas hingga bahan bangunan. Mungkin Anda juga mengalaminya.

Apalagi jika telah memasuki musim hujan, tiba-tiba bisa saja Anda ttemui rayap di dalam rumah. Kehadiran rayap yang mengganggu di dalam rumah sangat berpotensi membuat keawetan bangunan berkurang serta merusak berbagai perabotan rumah tangga. Hewan kecil berwarna kecoklatan ini jika tidak segera Anda atasi, maka bisa semakin menjadi-jadi serta menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

Jika Anda jeli, sebenarnya ada berbagai cara yang dapat Anda tempuh untuk membasmi rayap dari rumah. Mulai dari cara-cara alami, penggunaan bahan kimia, hingga menyewa jasa pembasmi rayap yang sudah ahli, profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Tips Membasmi Rayap Secara Alami

Berikut ini adalah cara alami membasmi dan mengusir rayap dari rumah.

1. Cukupi Rumah dengan Ventilasi

Rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan kurang cahaya matahari. Untuk mencegah agar koloni rayap tidak membuat sarang di rumah, Anda disarankan untuk mencukupi rumah dengan ventilasi. Dengan demikian sirkulasi di rumah Anda agar berjalan dengan lancar, serta sinar matahari dapat cukup masuk ke dalam rumah.

2. Perbaiki Dinding dan Keramik yang Rusak

Retakan dinding bisa menjadi pintu masuk bagi rayap ke dalam rumah Anda. Selain itu, keramik yang rusak juga berpotensi untuk dijadikan sarang bagi koloni rayap. Untuk mencegahnya, biasakan sesegera mungkin memperbaiki atau menambal dinding dan keramik yang rusak.

3. Mencegah Terjadinya Genangan Air

Rayap sangat menyukai genangan air, terutama untuk berkembang biak. Agar rayap tidak semakin banyak, Anda disarankan untuk mencegah terjadinya genangan di rumah Anda. Segera perbaiki jika ada kebocoran pipa dan saluran air.

Selain itu juga hindari adanya genangan air di luar rumah, agar rayap tidak membuat sarang di sekitar rumah Anda.

4. Memakai Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh dapat dimanfaatkan untuk membasmi rayap dengan ampuh. Selain mampu membunuh rayap, minyak cengkeh juga akan membuat rayap tidak akan berkembang biak dan datang lagi ke rumah Anda.

Anda bisa menyemprotkan minyak cengkeh ke sarang rayap, furnutur dan perabotan kayu serta area-area yang sering dilewati rayap.

5. Memakai Minyak Jeruk

Berdasarkan percobaan yang pernah dilakukan, ekstrak minyak jeruk ternyata sangat mujarab dalam membasmi rayap. Tingkat kematiannya antara 68 – 96%. Hal ini disebabkan karena di dalam minyak jeruk tersebut terdapat kandungan yang bernama d-limonene, sebuah racun alami yang efektif untuk membunuh serangga, termasuk rayap.

Anda bisa menyiramkannya ke sarang rayap melalui lubang, lalu diamkan beberapa saat hingga koloni rayap tersebut mati semuanya.

6. Memakai Cuka

Selain menggunakan minyak cengkeh dan minyak jeruk, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan cuka untuk mengatasi gangguan rayap. Caranya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu meluruhkan cuka pada area yang terdapat rayap. Ulangi hal tersebut selama 8 hari, kemungkian besar rayap akan pergi dari rumah Anda.

Jika Anda tidak memiliki cuka, maka Anda bisa juga menggunakan campuran air dan garam. Semprotkan larutan air garam ke area yang dihuni rayap.

7. Memakai Air Cucian Beras

Cara alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk membasmi rayap adalah air cucian beras. Bekas air cucian beras jangan langsung dibuang, tetapi simpan saja di dalam botol semprotan.

Untuk membasi rayap, cukup semprotkan air cucian beras ke sarang rayap secara rutin setiap hari. Maka lama-lama gangguan rayap di rumah Anda akan teratasi.

Jika cara alami membasmi rayap di atas Anda rasa kurang efektif atau Anda tidak punya waktu untuk melakukannya, maka Anda bisa menyewa jasa pembasmi rayap yang sudah ahli dan profesional.

Untuk Anda yang berdomisili di area Depok, maka Anda bisa menggunakan jasa anti rayap depok yang sudah sangat berpengalaman dalam membasmi rayap dan hewan pengganggu lainnya.