Tuesday , February 7 2023
Cara Mudah Melakukan Manicure Sendiri

10 Cara Mudah Manicure Pedicure Sendiri di Rumah

10 Cara Mudah Manicure Pedicure Sendiri di Rumah. Manicure sendiri tanpa harus kesalon? memang bisa?Bagi anda yang lagi mager  atau gabut coba deh lakukan manicure sendiri untuk mengisi waktu luang.

Pengertian Manicure

Manikur merupakan salah satu perawatan kecantikan kuku tangan dan kuku kaki. Manikur biasanya terdiri dari mengikir kuku, membentuk pada bagian tepi kuku, memotong dan membersihkan kuku, pemijatan sekitar kuku serta pengaplikasian cat kuku. Tujuannya supaya kuku terlihat cantik dan segar

Biasanya orang-orang akan menyebutnya mani padi, untuk cat kuku atau ktek yang digunakan saat manipadi akan bertahan minimal 2-3 hari. Pada saat manikure anda bisa mereques gambar atau lukisan sesuai yan anda inginkan, serta penambahan aksesoris seperti perhiasan imitasi baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Perawatan kuku lainnya dengan pengaplikasian gel buatan atau akrilik biasa dinamakan manikur perancis

Anda bisa dengan mudah melakukan manikure pedikure sendiri dirumah dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan Jika anda tidak bisa atau kurang mahir dalam pengaplikasian kutek, anda bisa memilih warna kutek transparan.

Pemilihan Kutek

Tujuan penggunaan kutek transparan yaitu meminimalisir dalam penggunaan kutek yang kurang rapi, serta membuat kuku lebih natural dan bercahaya. Atau anda bias menggunakan beraneka gambar jadi yang dijual secara umum.

Cara Melakukan Menicure

Berikut cara melakukan manicure pedicure sendiri dirumah, tanpa harus pergi kesalon dan dijamin mudah dengan hasil yang memuaskan.

1. Bersihkan Kuku dari Sisa Cat Kuku yang Lama

Gunakan pembersih cat kuku yang juga bisa melembabkan kuku. Agar tidak tumpah, letakkan tangan dan perlengkapanmu di atas permukaan yang rata. Jangan lupa cuci tangan dengan sabun setelah itu baru membersihkan sisa-sisa kutek yang masih menempel.

2. Potong, Kikir, dan Poles Kuku

Potong atau bentuk kukumu terlebih dahulu jika perlu. Kemudian kikir perlahan dengan gerakan 1 arah untuk membuat bentuk persegi, bulat, atau di tengah-tengahnya. Setelah itu gunakan nail buffer pada bagian atas dan samping kuku untuk menghilangkan tumpukan minyak dan membuatnya lebih bersinar.

3. Dorong Kutikula

Untuk membersihkan kuku dari sel-sel kulit mati dan menghaluskannya, dorong kutikula menggunakan manicure stick. Namun, jangan memotongnya karena kutikula memilliki fungsi melindungi kuku dari bakteri, dan melembutkannya.

4. Eksfoliasi Tangan

Gunakan scrub pada tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melembapkannya. Pilihlah scrub yang lembut dan harum. Setelah itu bersihkan bagian bawah kuku lagi dengan manicure stick. Kemudian bilas, dan keringkan.

5. Lembabkan Tangan dan Kutikula

Segera lembabkan tangan dan kutikulamu sebelum menggunakan cat kuku karena kalau kamu memakainya setelah mengecat kuku, kamu bisa saja merusaknya. Gunakan juga kesempatan ini untuk memijat tanganmu. Untuk memastikan tidak ada sisa cat lama yang tertinggal, usapkan sekali lagi nail polish remover pada tiap kuku.

6. Gunakan Base Coat

Aplikasikan base coat untuk melembabkan dan melindungi kuku, serta mencegahnya robek. Tunggu setidaknya dua menit sebelum memulaskan lapisan berikutnya.

7. Aplikasikan Lapisan Pertama

Pada saat membuat lapisan pertama, pastikan bagian sudut-sudut sudah ter-cover untuk mempermudah pembuatan lapisan kedua. Jangan terlalu banyak mengambil cat kuku. Gunakan secukupnya, dan mulailah dari tengah ke bawah, kemudian kedua sampingnya.

8. Aplikasikan Lapisan Kedua

Setelah dua menit, lapisi kukumu lagi dengan cat kuku. Untuk cat kuku bernuansa pastel atau sheer mungkin membutuhkan 3 kali aplikasi agar terlihat lebih penuh.

9. Akhiri dengan Topcoat

Selain basecoat, kamu juga memerlukan topcoat untuk melindungi kukumu, serta membuatnya lebih bersinar. Jadi, jangan sampai melewatkan langkah ini kalau kamu tidak ingin kerja kerasmu merawat dan mengecat kuku rusak begitu saja. Kamu juga bisa menambahkan lapisan yang lebih glossy, seperti Zoya Naked Manicure Glossy Seal Top Coat.

10. Rapikan Bagian Tepinya dan Biarkan Kering.

Bersihkan bagian-bagian yang tidak rapi menggunakan manicure atau cuticle stick yang dibungkus kapas bulat yang sudah dicelupkan ke dalam nail polish remover. Pakailah stick ini untuk merapikan bagian pinggir masing-masing kukumu atau kalau kamu memiliki remover pads, lipatlah menjadi bentuk segitiga agar lebih presisi. Kemudian biarkan kering selama 5 menit.

Baca Juga:

Dengan menggunakan peralatan memotong kuku sederhana anda mendapatkan tampilan kuku yang cantik seperti disalon serta menghemat uang belanja. Cara diatas bisa anda lakukan bersama orang terkasih atau dengan obrolan ringan bersama anggota keluarga. Selamat mencoba