3 Cara Disable Driver Signature Enforcement di Windows 7/8/10 64-Bit


Cara Disbale Driver Signature Windows 7 8 10

Ketika akan melakukan flashing hp android, khusunya yang membuuhkan driver Qualcomm HS QLoader 9008, namun setelah install driver perangkat tidak terdekesi di komputer. Mungkin saja ini dikarenakan driver yang di install tadi dicekal oleh windows.

Bukan hanya driver qualcom 9008 saja, bahkan ketika sobat menginstal driver pada komputer yang merupakan dari produsen OEM Windows Update atau download software driver pihak 3th, dll, beberapa driver dapat berfungsi dengan baik, meskipun beberapa mungkin tidak.

Driver kerja harus ditandatangani driver yang mencakup tanda tangan digital (driver signature), dan tanda tangan digital adalah tanda keamanan elektronik yang dapat menunjukkan penerbit untuk driver, serta informasi semua terkait jika seseorang telah mengubah isi asli paket driver.

LIHAT JUGA: CARA FLASH REDMI 5A TANPA UBL DAN JUGA CARA BYPASS FRP OPPO A5S

Semua driver dan sistem file harus digital diverifikasi oleh Microsoft, dan Windows tidak akan menjalankan driver unsigned pada sistem 32-bit atau 64-bit. Ini adalah “Driver Signature”.

Untuk meningkatkan keamanan, Microsoft telah memperkenalkan Driver Signature di Windows OS, termasuk Windows Vista, Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Fitur terbatas ini memiliki keterbatasan ketat pada driver signature, terutama di Windows 8, 8.1 dan 10.

Driver Signature

Biasanya driver yang gagal di install atau belum terinstall dengan benar akan diberi icon atau tanda pentung atau seru berwarna kuning, tanda tersebut dapat sobat cek atau lihat pada device manager di komputer sobat.

Driver Port Device Manager Disable

Berikut adalah cara mengeceknya:

  • Klik kanan Computer (This PC).
  • Klik Device Manager.
  • Cek pada bagian Ports (COM & LPT).

Nah perangkat yang menampilkan tanda seru, dan pesan “cannot verify” itu disebabkan karena Windows tidak mengenali atau tidak dapat memverifikasi digital signature dari driver yang telah dipasang tersebut. Maka dari itu disinilah fungsi disable driver signature enforcement.

Lantas bagaimanakan cara menonaktifkan driver signature pada windows 7, 8, 10 32 bit dan 64 bit? Sangat pas sekali karena hari ini MANFAATCARANYA.COM akan menghadirkan tutorial melakukan disable driver signature pada kompuer atau laptop. Sebelumnya kami juga telah menghadirkan cara bypass google account samsung galaxy j3 pro dan juga cara flashing oppo a37 yang dapat sobat pelajari di halaman lain.

Cara Disable Driver Signature

Berikut adalah cara menonaktifkan atau disable driver signature di windows 7, 8, 10 (32 bit, dan 64 bit):

1. Disable Driver Signature Windows 7

Buat adalah langkah-langkah melakukan disable driver signature di windows 7:

  • Pertama lakukan restart pada komputer, PC atau laptop sobat.
  • Ketika booting, tekan F8 sampai muncul seperti gambar dibawah ini:

Cara Disable Driver Signature Windows 7

  • Kemudian pilih “Disable Driver Signature Enforcement”.
  • Setelah itu, komputer atau laptop akan masuk ke windows seperti biasa dalam kondisi driver signature sudah nonaktif atau terdisable.

2. Disable Driver Signature Windows 8 / 10

Berikut adalah cara disable driver signature di Windows 8 atau Windows 10 yang telah kami lengkapi dengan gambar:

  • Saat komputer menyala normal, silakan klik Start dulu. Kemudian tekan tombol Shift, kemudian klik Restart.

Restart Windows 8 dan 10

  • Selanjutnya komputer akan restart dan masuk ke menu seperti pada gambar, kemudian pilih Troubleshoot.

Menu Troubleshoot Windows

  • Selanjutnya pilih Advance Options.

Advanced Options Windows 10

  • Kemudian pilih Startup Settings.

Startup Setting di Windows 8 dan 10

  • Selanjutnya klik Restart.

Restart Mode Startup Settings Windows 8 dan 10

  • Komputer akan restart beberapa saat, tunggu hingga muncul menu seperti ini.

Menu Startup Settings Windows 8 dan 10

  • Ketik “7” atau “F7” untuk memilih mode “Disable driver signature enforcement”.
  • Setelah itu komputer akan melakukan restart secara otomatis, tunggu hingga komputer menyala dan masuk ke menu windows seperti biasa.
  • Jika sudah menyala normal maka komputer sobat sudah dalam keadaan mode driver signature nonaktif sehingga sobat dapat memasang driver yang belum terverifikasi secara digital.

3. Disable Driver Signature Via CMD

Dan berikut adalah cara disable driver signature win 7, win 8, dan win 10 leat command promp (cmd):

  • Pertama klik Start, kemudian pilih All Program, kemudian pilih Accessoris, setelah itu klik Kanan Command Prompt, dan pilih Run as Administrator.

Cmd Windows 7

  • Setelah muncul command prompt ketik key seperti dibawah ini:

bcdedit /set testsigning on

bcdedit.exe -set loadoptions DDISABLE_INTEGRITY_CHECKS

bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON

Disable Driver Signature Cmd

Selain dengan cara diatas, masih ad acara lain untuk melakukan turn off signature verification, yaitu bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu atau juga dengan cara mengatur Windows ke Test Mode. Namun tips dan trik yang terbukti manjur ya cara diatas.

Demikianlah cara disable driver signature win 7, win 8, win 10. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang membutuhkan tutorial untuk menonaktifkan driver signature di windows sobat. Jangan lupa lihat juga cara mengatasi redmi 4x bootloop dan juga cara flash oppo a83 yang telah kami sajikan di halaman lainnya.