Tuesday , February 7 2023
Bagaimana Cara Memasak Beras Merah Agar Tetap Pulen dan Bernutrisi

Bagaimana Cara Memasak Beras Merah agar Tetap Pulen dan Bernutrisi?

Dibanding nasi putih, nasi merah lebih sehat karena tinggi serat, mineral dan vitamin. Cara memasak beras merah ternyata juga sedikit berbeda.

Memasak nasi memang tampak mudah. Namun, jika takaran airnya salah nasi yang ditanak malah menjadi terlalu keras atau lunak.

Lantas, bagaimana cara memasak beras merah yang benar agar pulen dan tetap bernutrisi? Ikuti panduannya di sini!

Cara Memasak Beras Merah

Cara Memasak Beras Merah

Beras merah lebih rendah gula, sehingga cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Sayangnya, menanak beras merah tak semudah memasak nasi putih. Beras merah memiliki tekstur lebih keras dan rasanya juga cenderung hambar. Karena itu, Anda perlu tahu tips memasaknya agar nasi merah lebih pulen. Berikut tipsnya!

1. Jangan Terlalu Banyak Membilas Beras

Sebelum mulai memasak, langkah pertama yang harus dilakukan tentu membersihkan beras dengan air bersih.

Cara membersihkannya sama seperti jenis beras lainnya. Cukup bilas 2-3 kali saja agar kandungan nutrisi di dalam beras merah tidak ikut larut dengan air.

2. Perhatikan Takaran Airnya

Karena tekstur beras merah lebih keras ketimbang beras putih, memasaknya pun membutuhkan lebih banyak air. Cara memasak beras merah satu ini bertujuan tekstur nasinya lebih pulen dan tidak keras.

Takaran air yang digunakan adalah 3:1, artinya 3 gelar air untuk 1 gelas beras.

3. Beri Campuran Beras Putih

Ternyata, memasak beras merah juga membutuhkan beras putih lho. Hal ini bertujuan agar tekstur nasi merah yang dihasilkan tetap pulen. Anda bisa mencampurkan beras putih saat memasaknya, perbandingannya juga bisa disesuaikan dengan selera.

Penting dicatat, cara memasak beras merah satu ini opsional ya, jadi boleh Anda lewatkan jika tidak menginginkannya.

4. Rendam Dahulu Sebelum Dimasak

Agar nasi yang dihasilkan tidak keras dan pulen, sebelum memasak sebaiknya rendamlah beras lebih dahulu. Rendam sekitar 30 menit dengan air bersih. Dengan begitu, tekstur beras akan lebih lunak.

Tapi bagaimana kalau sudah dicampur dengan beras putih? Anda juga bisa merendam keduanya secara bersamaan kok.

5. Beri Sedikit Garam

Beras merah memiliki rasa yang lebih hambar dan tidak seenak nasi putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan dedak di dalamnya masih cukup banyak. Karena itulah, banyak orang lebih suka rasa nasi merah yang cenderung asin dan gurih.

Caranya yaitu dengan menambahkan sedikit garam saat merendam beras merah. Ingat! Jangan tambahkan terlalu banyak garam agar rasanya tidak keasinan. Oh ya, garam ini tidak akan mempengaruhi nutrisi di dalam beras merah secara keseluruhan.

6. Memasak Nasi Merah dengan Rice Cooker

Tahapan selanjutnya yaitu siapkan rice cooker untuk menanak beras. Setelah beras selesai direndam, langsung saja masak dengan rice cooker seperti pada umumnya.

Biasanya, beras merah akan matang sekitar 45 menit, memang sedikit lebih lama ketimbang beras putih yang biasanya hanya perlu waktu pematangan 30 menit.

Nah, setelah menyimak cara memasak beras merah di atas, sekarang Anda bisa langsung membelinya di Healthy Choice. Di sini tersedia beras merah organik asli Indonesia yang tidak melewati proses penggilingan sehingga butirannya masih utuh.

Selain itu, beras ini juga masih memiliki kulit ari yang tinggi kandungan nutrisi. Karena organik, selama proses penanaman hingga pengemasannnya, beras merah organik di Healthy Choice pun bebas dari paparan bahan kimia.

Sekarang sudah tahu kan cara memasak beras merah agar pulen? Langsung praktekkan yuk!