Monday , July 22 2024
Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 dan Vario 160, Mana Lebih Baik Dengan Menggunakan Teknologi eSP+

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 dan Vario 160, Mana Lebih Baik Dengan Menggunakan Teknologi eSP+

Inilah perbandingan konsumsi bahan bakar antara Honda Vario 150 dan Vario 160 serta performa mesin yang lebih unggul. Teknologi eSP+ membuat Vario 160 tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Honda Vario 160, yang resmi dirilis pada bulan Februari 2022, hadir sebagai penerus dari Honda Vario 150 yang telah dihentikan produksinya. Motor ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas lebih besar, yakni 160 cc (tepatnya 156,9 cc).

Dengan peningkatan kapasitas ini, banyak yang penasaran tentang dampaknya terhadap konsumsi bahan bakar serta performa mesin. Berikut adalah perbandingan konsumsi bahan bakar antara Honda Vario 150 dan Vario 160, serta performa kedua motor tersebut.

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar: Vario 150 vs Vario 160

Ketika membahas konsumsi bahan bakar, penting untuk memperhatikan bahwa gaya berkendara dan kondisi jalan dapat mempengaruhi hasilnya. Berdasarkan pengujian, Honda Vario 150 eSP terakhir yang dirilis pada tahun 2021 mencatat konsumsi bahan bakar sebesar 46,9 km/liter dengan metode ECE R40 Euro 3.

Sebagai perbandingan, Vario 160 eSP+ yang dirilis pada tahun 2023 menunjukkan angka konsumsi bahan bakar yang sama, yaitu 46,9 km/liter dengan metode WMTC Euro 3 (ISS ON). Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kapasitas mesin meningkat, konsumsi bahan bakar tetap efisien.

Baca Juga: Penyebab Motor Matic Digas Tidak Mau Jalan dan Solusinya

Konsumsi Bensin Sama, Performa Lebih Baik

Meski kedua model memiliki konsumsi bahan bakar yang sama, performa mesin Vario 160 jauh lebih unggul. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, Vario 160 mampu memberikan akselerasi yang lebih cepat dan performa yang lebih baik. Jika motor digunakan untuk perjalanan harian sejauh 10 km, kedua motor ini hanya memerlukan sekitar 1,5-2 liter bensin per minggu.

Performa yang lebih baik dari Vario 160 ini disebabkan oleh kapasitas mesinnya yang lebih besar, yaitu 156,9 cc dibandingkan dengan 149,3 cc pada Vario 150. Kapasitas mesin yang lebih besar ini memungkinkan Vario 160 untuk mencapai tujuan dengan lebih efisien dan lebih cepat.

Efisiensi Bahan Bakar dan Teknologi eSP+

Salah satu alasan mengapa Honda Vario 160 tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar meskipun kapasitas mesinnya lebih besar adalah teknologi eSP+ (enhanced Smart Power). Teknologi ini membuat mesin lebih responsif dan efisien dalam pembakaran bahan bakar, sehingga memberikan kontribusi terhadap efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Baca Juga:

Honda Vario 160 menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan performa mesin yang unggul namun tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dengan konsumsi bahan bakar yang sama dengan model sebelumnya namun performa yang lebih baik, Vario 160 menjadi pilihan menarik di segmen skutik kelas menengah.

Kehadiran Honda Vario 160, para penggemar skutik kini memiliki pilihan yang lebih variatif dalam hal performa mesin dan efisiensi bahan bakar. Diharapkan kehadiran motor ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan bagi para pengguna sehari-hari.