5 Cara Mengatasi Gusi Berdarah yang Bisa Anda Lakukan

Berbagai Cara Mengatasi Gusi Berdarah yang Bisa Anda Lakukan

Jika Anda mengalami pendarahan pada gusi yang tidak kunjung sembuh, maka Anda akan membutuhkan cara mengatasi gusi berdarah untuk menghentikannya. Pasalnya, jika diabaikan dalam jangkau waktu yang lama, maka gusi berdarah akan menjadi semakin parah dan bisa saja memicu berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Gusi berdarah itu sendiri merupakan gangguan kesehatan pada area mulut, tepatnya pada bagian gusi. Keadaan semacam ini dapat terjadi pada siapa saja, dan gusi berdarah umumnya merupakan gangguan kesehatan yang ringan.

Penyebab terjadinya gusi berdarah juga bermacam-macam, sebut saja akibat menyikat gigi atau flossing yang terlalu keras sehingga membuat iritasi pada gusi. Terlebih lagi jika gusi Anda sensisit, maka pendarahan pada gusi pun tidak terelakkan.

Namun penyebab paling umum yang menjadi pemicu terjadinya gusi berdarah adalah adanya karang gigi atau plak pada gigi yang bersangkutan. Akibatnya, banyak bakteri yang tumbuh subur di daerah garis gusi. Untuk itu menjaga keersihan mulut dan gigi secara baik dan benar dapat meminimaliisr risiko terjadinya pendarahan pada gusi Anda.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah gusi berdarah yang Anda alami.

1. Rajin Gosok Gigi dengan Benar

Pada banyak kasus, pendarahan pada gusi menjadi indikasi bahwa kebersihan mulit dan gigi yang sangat buruk. Munculnya plak dan karang gigi yang menumpuk pada garis gusi jika dibiarkan berlarut-larut akan dapat menyebabkan terjadinya gusi berdarah dan juga berbagai gangguan kesehatan mulut dan gigi lainnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, maka Anda disarankan untuk menyikat gigi secara rutin, minimal dua kali dalamsehari. Untk kebersihan mulut yang optimal, Anda juga disarankan untuk menggunakan benang sekali dalam sehari.

2. Berkumur dengan Hidrogen Peroksida

Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah gusi berdarah adalah dengan memanfaatkan hydrogen peroksida untuk berkumur. Hal ini bisa Anda lakukan karena berkumur dengan menggunakan hidrogen peroksida bisa membantu dalam menghilangkan plak. Sealin itu juga dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan gusi, sekaligus menghentikan jika terjadi pendarahan pada gusi.

Anda bisa berkumur dengan menggunakan hidrogen peroksida setelah menggosok gigi. Di samping bisa mencegah dan mengatasi gusi berdarah, hal ini juga memberi manfaat untuk mencegah sariawan dan mengurangi sakit tenggorokan, serta dapat juga untuk memutihkan gigi.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan secara umum, namun juga bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan pada gusi. Menurut sebuah studi, kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab terbesar terjadinya penyakit gusi yang luar biasa di kawasan Amerika Serikat. Hal ini disebabkan karena merokok turut mengganggu sistem imun tubuh, sehingga sistem tubuh akan kewalahan dalam memerangi bakteri penyebab karang gigi. Alhasil, gusi pun mengalami peradangan dan pendarahan.

4. Cukupi Asupan Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, dengan asupan vitamin C yang cukup, maka sistem imun tubuh akan menguat sehingga akan mampu memerangi infeksi yang menyerang tubuh, termasuk infeksi pada gusi.

Adapun sumber vitamin C dapat Anda peroleh dari berbagai buah dan sayuran serta suplemen vitamin. Selain menguatkan jaringan ikat, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan dan menjaga lapisan gusi. Untuk jumlah asupan vitamin C yang ideal adalah 65 – 90 mg per hari bagi orang dewasa.

5. Mengurangi Stres

Terjadinya stres dapat menjadi pemicu berbagai gangguan kesehatan pada manusia. Berdasarkan berbagai studi dan penelitian, stres dapat berakibat buruk kepada sistem imun tubuh. Hal ini juga akan berdampak pada menurunnya pertahanan tubuh dalam melawan infeksi yang terjadi di gusi. Akibatnya, gusi akan mengalami gangguan kesehatan dan bisa mengalami peradangan hingga peradangan.