Tuesday , February 7 2023
Langkah Menggunakan Body Lotion dan Manfaatnya

Cara Menggunakan Body Lotion Yang Tepat Serta Manfaatnya

Cara Menggunakan Body Lotion Yang Tepat Serta Manfaatnya. Manfaat body lotion ternyata tak hanya melembabkan kulit kering saja. Ada berbagai macam manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin menggunakan body lotion. Namun hal tersebut harus berdasarkan dengan cara menggunakan yang tepat serta jens hand body yang digunakan.

Bagi kaum hawa penggunaan body lotion memang sangat dibutuhkan, dalam sehari kita bisa menggunakan hand and body lotion beberapa kali. Terlebih bila musim kemarau dengan suhu udara yang naik. Memang penggunaan hand and body lotion dimusim kemarau sangat membantu menutrisi kulit dari luar. Body lotion mampu melembabkan kulit kering sehingga pada musim pancaroba anda akan terhindar dari kulit kering dan pecah-pecah

Kendati demikian, masih ada orang yang mengabaikan fungsi dari body lotion. Efeknya tentunya akan berimbas pada kulit. Penggunaan hand and body lotion dengan mengikuti langkah yang tepat akan meningkatkan manfaat yang ditawarkan pada lotion tersebut.

Kapan Menggunakan Body Lotion

Penggunaan body lotion secara rutin an waktu yang tepat mampu meningkatkan manfaatnya. Ada beberapa waktu yang tepat dalam pengaplikasian hand and body lotion diantaranya:

1. Setelah Mandi

Anda bisa mengaplikasikan body lotion setelah mandi hal tersebut dikarenakan kulit masih terasa lembab sedangkan fungsi body lotion yaitu mengunci kelembaban pada kulit

2. Sebelum Olah Raga atau Aktivitas di Luar Ruangan

Tujuan menggunakan body lotion disaat kita diluar ruangan karena bila diluar ruangan kulit lebih riskan terkena sengatan matahari secara langsung, tak hanya itu saja polusi dan angin juga mempengaruhi kesehatan kulit.

3. Sebelum Tidur Malam

Pada saat kita tidur kulit akan banyak kehilangan cairan dalam tubuhnya. Hal tersebut dapat memicu kelembaban kulit sewaktu bangun tidur, peggunaan body lotion sebelum tidur sangat direkomendasikan agar kulit tetap lembab.

Cara Menggunakan Body Lotion

Ada beberapa lotion dengan manfaat yang berbeda-beda serta kandungan yang berbeda pula. Jadi bagi anda yang ingin menggunakan body lotion sebaiknya sesuai dengan konsisi kulit serta kegunaannya. Berikut langkah yang tepat dalam pengaplikasian body lotion agar hasilnya lebih maksimal.

1. Oleskan Pada Waktu yang Disarankan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengoleskan body lotion setidaknya 5 menit setelah mandi, sebelum tidur di malam hari, dan sesaat sesudah mencuci tangan. Cara pakai body lotion secara berulang juga dapat memaksimalkan manfaat yang didapat.

2. Kocok Body Lotion Sebelum Digunakan

Kocok dan tuang body lotion secukupnya pada telapak tangan. Pastikan Anda perlu membaca aturan pakai yang terdapat di luar kemasan sebelum mengoleskannya pada kulit. Sebab, beberapa produk body lotion ada yang dianjurkan untuk mengocok wadahnya sebelum digunakan.

3. Tuang Hand and Body Lotion Secukupnya

Anda bisa menuangkan krim secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Oles dan Ratakan Pada Area Kulit Tubuh

Oles dan ratakan body lotion pada area kulit. Selanjutnya, cara menggunakan body lotion adalah mengoleskan dan meratakan krim pada area kulit tubuh yang dituju seraya memberikan pijatan lembut. Anda juga bisa menggunakan kedua tangan untuk memijat area kulit tertentu agar kandungannya bisa meresap ke dalam kulit.

Namun, sebaiknya hindari area kulit yang tidak disarankan untuk diolesi body lotion. Misalnya, pada wajah, area kulit yang terdapat luka terbuka, iritasi, atau lecet, dan area kulit yang baru dicukur rambutnya.

5. Pakai Hand and Body Lotion Secara Berulang

Cara menggunakan body lotion perlu dilakukan berulang sampai seluruh kulit terlapisi krim dengan sempurna.

Manfaat Body Lotion

Setelah mengetahui langkah-langkah dalam menggunakan hand body lotion, lantas apa saja sih manfaat yang didapat dengan rutin menggunakan hand body lotion. Berikut beberapa manfaat body lotion untuk tubuh kita. Simak Juga: Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Bahan Alami atau Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh.

1. Bebas Kusam

Body lotion dapat memberikan perlindungan bagi kulit kamu agar tidak kusam dan tetap cerah juga terawat.  Body lotion tubuh yang lembap dapat membantu mengangkat sel kulit mati lebih mudah daripada jika mencobanya tanpa body lotion.

Penumpukan residu, kotoran dan sel kulit mati tak akan baik bagi regenerasi kulit. Pemakaian body lotion dengan kandungan AHA, akan membantu proses regenerasi kulit yang terhambat menjadikan kulit bebas dari kusam.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Body lotion dapat memberikan kelembaban bagi kulit kamu dan tentunya ini akan menjaga kesehatan kulit. Kulit juga membutuhkan nutrisi dan perawatan, sama seperti tubuh kamu yang juga membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tinggal di daerah beriklim tropis membuat kulit membutuhkan kelembaban agar tidak kering dan menimbulkan penyakit.

Kulit yang mengalami kekeringan akan mudah terkena iritasi dan sehingga mengakibatkan kulit menjadi kemerahan. Mengaplikasikan body lotion setiap harinya, itu sama dengan memasok kadar air pada kulit. Kadar air ini kemudian dapat bekerja menjadikan kulit tetap lembab dan terjaga, sehingga dapat mencegah kulit terkena masalah kesehatan seperti kulit pecah- pecah dan gatal. Simak Juga: Cara Mengobati Amandel Pada Anak dan Dewasa Paling Ampuh

3. Mencegah Masalah Kulit

Tak hanya wajah yang kerap bermasalah dan harus mendapatkan perawatan. Kulit juga dapat menimbulkan masalah jika tidak dirawat dengan baik. Jerawat bisa juga muncul pada tubuh kamu jika kamu jarang memanjakan tubuh kamu.Terkadang perubahan hormon dan keadaan emosional dapat menyebabkan jerawat muncul di tempat- tempat yang tak seharusnya pada tubuh.

Beberapa pelembab memiliki kandungan spesifik yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Diantaranya asam salisilat (salicilyc acid) atau minyak yang melembutkan kutikula. Body lotion yang menyimpan ragam manfaat dapat membantu mencegah timbulnya jerawat pada tubuh kamu.

4. Melembutkan Kulit

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari rutinnya penggunaan body lotion adalah melembutkan. Setelah menggunakan body lotion, tentunya kamu akan merasakan kulit kamu lebih lembut dari sebelumnya. Body lotion ini dapat diaplikasikan ke kulit kamu sehabis mandi.

Walau kulit kamu cenderung berminyak, pasti ada bagian- bagian pada tubuh yang lebih kasar daripada kulit lainnya. Seperti di bagian lipatan seperti siku, lutut, dan tumit. Menggunakan body lotion setiap hari, akan membantu menjaga bagian lipatan pada tubuh selembut kulit lainnya. Nikmati sensasi relaksasi dari body lotion yang dioleskan ke kaki, tungkai, atau lengan.

Ada banyak jenis body lotion yang Anda butuhkan untuk melembapkan, jadi manfaatkan kekayaaaroma dan tekstur untuk menemukan yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan.

5. Mencerahkan

Selain melembutkan, body lotion dapat membuat kulit kamu menjadi lebih cerah terawat. Pigmentasi selalu jadi fokus utama wanita Asia yang mendambakan kulit cerah. Namun pengaruh buruk sinar matahari tentu tidak dapat dilawan. Gunakan body lotion yang mengandung vitamin B3 untuk memperlambat proses pigmentasi, sehingga kulit menjadi cerah.

Seiring bertambahnya usia wanita dan kulit mereka menjadi lebih kering, body lotion dapat menjadi bahan pokok yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan menarik. Kualitas pencerah kadang-kadang tertanam dalam lotion untuk muncul sebagai bintik-bintik kecil yang berkilau pada kulit saat diaplikasikan.

6. Mencegah Timbulnya Flek

Flek adalah salah satu tanda dari penuaan dini. Selalu terkena paparan sinar matahari ketika di luar rumah dapat membuat kulit menjadi lebih kusam sehingga mengakibatkan penuaan dini. Flek tak hanya di wajah, namun juga bisa muncul pada kulit tubuh kamu.

Agar kulit tubuh tetap prima, yang penting untuk dilakukan adalah eksfoliasi agar peremajaan kulit selalu terjadi dengan baik.  Kandungan AHA (Alpha Hidroxy Acid) pada body lotion membantu mengganti sel- sel kulit mati dengan yang baru, menjauhkan dari kemungkinan flek untuk muncul. Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sambiloto yang Bagus Bagi Kesehatan Tubuh.

7. Mencegah Dehidrasi

Sama seperti tubuh kamu yang selalu membutuhkan cairan, kulit juga membutuhkan cairan agar tetap lembab dan tidak dehidrasi. Menghabiskan aktivitas seharian dalam ruangan ber-AC membuat kulit beresiko kehilangan kelembapannya. Beberapa orang memiliki kulit sensitif. Terlepas dari jenis iklim tempat mereka tinggal, kulit mereka dapat menjadi kering dan mudah teriritasi, bahkan terkadang karena panas dalam ruangan.

Cara terbaik menggunakan body lotion adalah setelah mandi ketika pori- pori kulit dalam keadaan terbuka. Dengan begitu kadar air dari body lotion akan terkunci di dalam tubuh.

8. Mengencangkan Kulit

Body lotion dapat memberikan perlindungan dan membuat kulit kamu terlihat lebih indah karena terawat. Kurangnya produksi kolagen akibat kulit yang mengalami kekeringan dapat diatasi dengan rutin menggunakan body lotion. Rahasianya ada pada kandungan glycerin dan retinol yang dapat membuat kulit Anda kencang dan bebas kerut.

9. Meratakan Warna Kulit

Kulit yang sering terpapar sinar matahari, tentu warnanya akan berbeda dengan kulit yang selalu ditutupi oleh busana kamu. Hal tersebut kemudian membuat warna kulit kamu menjadi belang. Sebaiknya gunakan body lotion di seluruh tubuh agar warna kulit tetap merata. Pilih yang mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) untuk meminimalisir kulit belang.

10. Melindungi Kulit dari Sinar UVA dan UVB

Sinar UVA dan UVB akan kita rasakan begitu keluar rumah, dan sinar tersebut mempunyai pengaruh negatif terhadap kulit, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Agar kulit kamu terlindungi dari sinar UVA dan UVB, kamu bisa memakai body lotion untuk melindungi kulit kamu. Body Lotion yang mengandung SPF15 atau lebih akan menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari dan membantu menyelamatkan tubuh dari bahaya kanker kulit. Sesuaikan kadar SPF dengan jenis kegiatan yang Anda lakukan.

11. Membantu Agar Lebih Rileks

Jika sudah merasakan kulit lembab dan terawat tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Aroma yang harum tentunya membuat tubuh dapat memanjakan tubuh kamu. Rasa kelembutan lembut pada kulit yang berputar dengan gerakan pijatan yang mantap dapat menghilangkan stres, meredakan nyeri, dan meningkatkan endorfin untuk membuat Anda merasa hebat.

Langkah dalam penggunaan body lotion diatas bias anda lakukan setiap hari dan rasakan manfaatnya yang begitu banyak terhadap kulit anda. Gunakan body lotion sesuai dengan jenis kulit anda serta imbangi juga asupan dari dalam seperti konsumsi air putih yang seimbang serta konsumsi makanan yang bergizi agar tubuh dan kulit tetap sehat.