4 Manfaat Esence, Perawatan Kulit Wajah Yang Utama


Manfaat Esence Untuk Kulit Wajah Picture

Salah satu primadona yang menjadi trend perawatan kulit wajah ala korea yaitu esence. Ada banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunaan esence. Yang utama yaitu mampu memaksimalkan kinerja serum dan cream wajah. Sehingga wajah benar-benar dalam kondisi siap saat penggunaan serum dan cream.

Esence

Esence merupakan produk perawatan wajah yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi. Esence berbentuk cair dan ringan, bila dibandingkan dengan serum esence lebih cair sedangkan serum agak pekat. Kadang orang menganggap esence sama dengan serum, padahal manfaat yang didapat untuk kulit wajah sangat berbeda.

Esence berfungsi menyiapkan kulit wajah sebelum penggunaan serum. Sedangkan serum mampu meresap kedalam kulit. Jadi kedua produk perawatan kulit tersebut sangat berkaitan dan memiliki fungsi yang berbeda. Sebaiknya anda mengenalinya sedari awal agar proses perawatan kulit wajah anda bisa semaksimal mungkin.

Kandungan Esence

Bahan yang terkandung dalam esence sangat banyak, meskipun bentuknya cair. Namun bahan utama yang terkandung dalam esence yaitu air dengan berbagai kandungan lainnya diantaranya:

  • Gliserin
  • Hyaluronic acid
  • Vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A atau retinol
  • Mineral, termasuk zinc dan selenium
  • Ekstrak tumbuhan, misalnya teh hijau, buah-buahan, dan lidah buaya

Manfaat Esence

Disamping memaksimalkan penggunaan serum wajah, cream wajah, face oil, masker, pelembab, ternyata esence juga memiliki manfaat yang sangat bagi kulit wajah diantaranya:

1. Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Cuaca yang terlalu ekstrem, kebiasaan mandi yang terlalu lama, penuaan, atau sering terpapar polusi atau sinar matahari, bisa membuat produksi minyak alami kulit (sebum) berkurang. Hal tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, kamu bisa menambahkan essence pada rutinitas skin care-mu.

Bahan yang terkandung pada essence, misalnya hyaluronic acid dan zinc, dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering. Kandungan ini juga baik untuk memelihara kulit agar tetap sehat.

2. Menyeimbangan pH Kulit Wajah

Kulit wajah memiliki tingkat keasaman atau pH alami sekitar 4,7–5,5. Kadar pH yang tidak seimbang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi mudah rusak dan iritasi. Penyebab ketidakseimbangan pH bisa bermacam-macam, seperti penggunaan make up, sabun berbahan zat antibakteri, serta paparan sinar matahari berlebihan.

Untuk mencegah kerusakan kulit wajah dan menyeimbangkan pH-nya, cobalah rutin menggunakan essence. Essence biasanya memiliki pH yang menyerupai pH kulit normal, sehingga lebih aman dan bisa mengurangi risiko terjadinya iritasi di kulit wajah.

3. Melindungi Skin Barier dari Kerusakan

Skin barier merupakan lapisan kulit terluar yang berperan untuk melindungi kulit dari kerusakan, misalnya paparan polusi, zat kimia, atau kuman. Semakin tipis skin barrier, kulit wajah akan semakin rentan terkena masalah, misalnya kulit kering, jerawat, perubahan warna kulit, hingga iritasi.

Nah, untuk melindungi skin barrier dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat, kamu bisa menggunakan essence. Ini karena nutrisi yang terkandung pada essence baik untuk melindungi skin barrier.

4. Mencegah Penuaan Dini

Agar kulit wajah terlihat lebih muda, rutin menggunakan essence bisa menjadi salah satu caranya. Riset menunjukkan bahwa essence dapat mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit wajah, sehingga wajah bisa nampak lebih muda.

Perawatan kulit yang baik, termasuk dengan menggunakan essence, juga baik untuk mengatasi dan mencegah keriput di wajah.

Dalam penelitian lain disebutkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak tumbuhan, seperti essence, dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini serta melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV.

Baca Juga:

Sangat banyak manfaat esence yang dibutuhkan untuk kulit wajah. Untuk itu kenali produk perawatan kulit wajah anda untuk membedakan antara esence dan serum. Serta jangan tinggalkan esence dala perawatan wajah anda agar hasil yang anda dapatkan lebih maksimal. Karena keduanya hampir sama namun memiliki manfaat yang berbeda. Selalu rawat kulit wajah anda untuk mencegah berbagai permasalahan kulit sesegera mungkin.