8 Manfaat Toner Yang Sangat Penting Bagi Kulit Wajah


Manfaat Toner Untuk Kulit Wajah Yang Sehat Picture

Membersihkan wajah dengan sabun wajah saja ternyata belum tentu membersihkan pori-pori kulit dari kotoran dan keringat. Agar semua kotoran dan minyak yang melekat dikulit wajah sebaiknya anda menggunakan toner. Selama ini kita mengetahui fungsi toner yaitu mengangkat kotoran dan sisa sel kulit mati dari wajah. Toner yang biasa disebut juga water refiner, clarifier, astringent memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah.

Toner biasanya diaplikasikan pada kulit wajah dengan menggunakan kapas. Teksturnya yang lembut, ringan dan tidak iritatif sangat aman digunakan untuk membersihkan kulit wajah.Penggunaan toner ini kadang disalah artikan. Terkadang kita sudah menyabun wajah tanpa harus menggunakan toner.

Penggunaan Toner

Toner digunakan sebelum penggunaan esence. Jadi kulit wajah yang akan diaplikasi enense dalam keadaan bersih. Untuk itu penggunaan toner penting dalam perawatan kecantikan anda. Pada saat menggunakan toner hindari penggunaan pada area mata karena akan menyebabkan mata pedih. Anda juga harus memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Ada banyak variant toner, untuk kulit kering, kulit berjerwat dan kulit normal. Jadi kenali kondisi kulit wajah anda sebelum membeli toner agar hasil lebih maksimal.

Manfaat Toner

Manfaat lain dari penggunaan toner yang jarang diketahui antara lain:

1. Mengangkat Sisa Kotoran

Toner membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun.

2. Melembapkan Kulit

Untuk mengembalikan kelembapan kulit, oleskan toner secara merata setelah mencuci muka. Fungsi toner untuk melembapkan kulit bisa didapatkan dari toner yang mengandung asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid.

3. Mencegah Kulit Kering

Toner juga dapat mencegah hilangnya air dan kelembapan pada permukaan kulit. Fungsi toner yang satu ini penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit wajah, terutama kulit wajah yang kering.

4. Mengatasi Jerawat

Toner dapat mengatasi jerawat jika penggunaannya dibarengi dengan produk untuk mengatasi jerawat. Kondisi jerawat tergolong ringan dapat diredakan dengan pemakaian toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Toner dengan kandungan tersebut dapat membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat dan komedo.’

5. Menghilangkan Bekas Jerawat

Toner yang mengandung asam glikolat dapat memudarkan noda hitam ringan bekas jerawat. Namun untuk bekas jerawat yang berat atau bahkan berlubang, penggunaan produk perawatan kulit saja tidak cukup. Untuk memudarkan bekas jerawat yang tergolong berat, dibutuhkan penanganan khusus dari dokter kulit.

7. Menghilangkan Minyak di Kulit

Jenis toner yang tergolong astringent dapat mengurangi minyak atau sebum pada permukaan kulit wajah. Toner jenis ini juga dapat mengurangi kilap, sehingga membuat riasan wajah lebih awet.

8. Menyeimbangkan pH Kulit

Tingkat keasaman kulit (pH) dapat berubah akibat pengaruh produksi minyak, polusi, make up, atau produk kecantikan yang mengandung alkohol. Jenis toner tertentu dapat menyeimbangkan tingkat keasaman kulit di pH 5 – 5,5, sesuai pH alami kulit.

Baca Juga:

Meskipun ada banyak manfaat toner yang bisa anda dapatkan, namun penggunaannya harus dibarengi dengan produk perawatan wajah lainnya seperti esence, serum, tabir surya, maupun cream wajah. Selalu jaga kesehatan wajah anda dengan rutin melakukan perawatan secara alami atau dengan mengunjungi salon kecantikan.