Persiapan Bertarung Ujian IELTS

Ketahui Persiapan Bertarung Ujian IELTS

Ujian ielts sering kali menjadi momok tersendiri bagi mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sudah bisa dipastikan bahwa salah satu berkas yang harus dipenuhi adalah sertifikat tanda kemampuan bahasa inggris ini. Skor yang dipersyaratkan juga tentu memiliki standar yang lebih tinggi ketimbang skor minimal persyaratan belajar di dalam negeri.

Jurus Jitu Menaklukkan IELTS

Ujian IELTS

Ujian IELTS tentu perlu ditaklukkan dengan strategi khusus agar skor yang didapat tidak kurang dari skor yang sudah ditentukan. Sebelumnya, ketahuilah bahwa sebenarnya ada 2 jenis ujian IELTS, yaitu IELTS general dan IELTS academic test. General berarti mengikuti ujian IELTS yang bisa digunakan untuk keperluan yang lebih luas, seperti melamar suatu pekerjaan. Sedangkan IELTS academic test merupakan tes khusus yang digunakan untuk keperluan akademik, seperti melanjutkan pendidikan.

1. Fokus pada materi yang benar-benar dibutuhkan

Pelajarilah soal-soal IELTS dan pahami pola soalnya. Setelah kamu berhasil memetakan peta soalnya, kamu akan lebih mudah mengetahui materi apa yang benar-benar perlu kamu pelajari.

2. Asah kemampuan listening dengan sering-sering mendengarkan teks berbahasa inggris

Kamu bisa belajar listening dari berbagai media, baik musik, film, podcast, maupun percakapan bahasa inggris yang banyak tersedua di youtube.

3. Asah kemampuan writing dengan menulis beragam jenis teks

Berbeda dengan TOEFL yang hanya terdiri dari soal-soal listening dan reading, IELTS mengharuskan kamu memiliki skill writing ini. Untuk itu, pastikan kamu sudah siap untuk mempelajarinya. Akan menjadi lebih baik jika kamu bisa memprediksi jenis soal writing seperti apa yang akan muncul, sehingga dapat kamu persiapkan bayangan teksnya terlebih dahulu.

4. Asah kemampuan reading dan speaking

Kamu dapat melatih dua skill ini sekaligus loh, yaitu dengan cara membaca sebuah teks dengan suara lantang, sehingga selain membaca, kamu juga mempelajari kemampuan pronounciation yang kamu miliki.

5. Ikuti kursus

Kursus barangkali masih menjadi alternatif paling mudah untuk mempelajari skill baru yang belum dimilki. Termasuk kemampuan berbahasa inggris.

Ujian ielts dapat kamu persiapkan dengan mengikuti kursus di EF English Centers. Ada beberapa jenis paket yang bisa kamu pilih menyesuaikan budget yang kamu miliki. Teriring ucapan ‘selamat berjuang!’ sebagai kalimat penutup, semoga skor yang kamu cita-citakan dalam ujian IELTS dapat tercapai dengan baik.