Thursday , February 22 2024
Tips Memilih Suplemen Kesehatan untuk Mendapatkan Manfaat yang Optimal

Ketahui 7 Tips Memilih Suplemen Kesehatan untuk Mendapatkan Manfaat yang Optimal

Semenjak kemunculan pandemi beberapa tahun yang lalu, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi suplemen kesehatan. Jika pada awalnya orang hanya mengonsumsi suplemen saat sedang tidak fit, atau saat masa pancaroba. Saat ini banyak orang yang menjadikan suplemen sebagai kebutuhan.

Beragam Tips Memilih Suplemen Kesehatan

Beragam Tips Memilih Suplemen Kesehatan

Sebenarnya dalam mengonsumsi suplemen, Anda tidak dibolehkan asal minum saja. Namun banyak orang yang berfikir kelebihan suplemen bukanlah masalah besar, karena suplemen hanya berisi vitamin dan juga mineral. Padahal sebenarnya mengonsumsi suplemen secara berlebihan dan juga dapat menimbulkan masalah.

Berikut adalah tips memilih dan mengonsumsi suplemen agar Anda dapat benar-benar mendapatkan manfaatnya:

1. Mencari Tahu Kebutuhan Suplemen Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli dan mengonsumsi sembarang suplemen. Sebaiknya Anda mencari tahu jenis vitamin atau mineral apa yang Anda butuhkan.

Anda bisa mencari tahu kebutuhan vitamin harian Anda, karena orang yang berbeda usia, jenis kelamin dan kondisi juga membutuhkan jumlah vitamin dan mineral yang berbeda. Atau agar lebih meyakinkan Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui suplemen yag Anda butuhkan dan juga dosis tepatnya.

2. Perhatikan Komposisi Suplemen

Pastikan suplemen kesehatan Anda benar-benar aman, caranya dengan memeriksa komposisinya. Akan lebih baik jika suplemen terbuat dari bahan organik misalkan dari hewan dan tumbuhan. Dalam tabel komposisi juga perhatikan apakah terdapat kandugan alergen bagi Anda.

3. Bacalah Label Suplemen dengan Teliti

Selain tabel komposisi sebaiknya Anda juga embaca label dengan teliti, mulai dari dosis yang dianjurkan, efek samping, kontra indikasi dan juga tanggal kadaluarsa produk.

4. Pilih Suplemen yang Nyaman untuk Lambung

Tips yang keempat ini berhubungan dengan suplemen vitamin C, di mana banyak orang mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pada beberapa orang yang memiliki lambung sensitif, terkadang hal tersebut jstru menjadi masalah. Sebaiknya Anda memilih vitamin C non acidic agar lebih nyaman pada lambung yang sensitif.

5. Perhatikan Sifat Suplemen

Setiap suplemen memiliki sifat yang berbeda sesuai dengan kandungannya. Saat meminum suplemen Anda harus memperhatikan sifat tersebut agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Sebagai contoh saat meminum vitamin yang larut dalam lemak, sebaiknya dikonsumsi dengan makanan berlemak agar dapat diserap dengan maksimal.

Atau hindari minuman berkafein dan berkalsium tinggi saat Anda mengonsumsi suplemen zat besi agar tidak menghambat penyerapannya.

6. Perhatikan Efek Interaksi dari Suplemen

Ketika akan mengonsumsi suplemen, sebaiknya Anda memperhatikan efek interaksi suplemen tersebut terutama jika Anda mengonsumsinya bersama dengan obat-obatan tertentu atau bersama dengan suplemen yang lain.

Tidak hanya obat dan suplemen lain, beberapa suplemen juga memiliki efek interaksi jika dikonsumsi bersama dengan makanan atau minuman tertentu.

7. Memastikan Izin Jual Produk Suplemen

Pastika suplemen yang Anda konsumsi memiliki izin edar, izin jual dan juga sudah terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Beli Suplemen Kesehatan di SESA

Beli Suplemen Kesehatan di SESA

Ada banyak tempat untuk membeli dan mendapatkan suplemen keseatan. Namun untuk memudahkan Anda dalam membeli, Anda bisa mendapatkannya di sesa.id. Perlu diketahui, SESA adalah sebuah platform berbelanja online di mana Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan yang dapat menunjang pola hidup sehat Anda di sana.

Sesa menjual berbagai bahan makanan organik dan sehat seperti daging, ikan buah, sayuran. Tidak hanya itu SESA juga menyediakan camilan, perawatan kecantikan sampai dengan suplemen kesahatan.

Adapun suplemen kesehatan yang dijual di SESA, sudah lulus seleksi aman bagi kesehatan, dan sudah dipastikan berasal dari bahan organik non kimia dan pastinya non GMO.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai suplemen kesehatan yang ada di SESA, Anda bisa langsung menuju website sesa.id. Selain itu, SESA juga bisa diakses melalui aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store (untuk ponsel Android), dan di App Store (untuk ponsel iOS).

Referensi:

  • https://www.alodokter.com/agar-tidak-boros-mengonsumsi-suplemen-vitamin
  • https://health.kompas.com/read/2021/01/16/101000068/8-aturan-minum-suplemen-vitamin-dan-mineral-yang-perlu-diperhatikan