Saturday , May 25 2024
Tips dalam Modifikasi Motor yang Aman dari Razia

3 Tips dalam Modifikasi Motor yang Aman dari Razia

Bagi kamu yang baru saja terjun dalam dunia modifikasi motor, maka sudah pasti harus tahu tips supaya modifikasi tetap dalam keadaan aman dari razia. Kamu harus tahu bahwa ada banyak sekali kejadian dimana motor modifikasi kena tilang karena terlalu berlebihan atau tidak mengedepankan keselamatan. Maka daripada itu, kamu pun harus tahu apa saja tips modifikasi motor aman kena tilang atau razia.

Modifikasi motor memang tidak bisa tanpa ada pertimbangan baik dari keselamatan, kelayakan sampai peraturan yang berlaku. Maka daripada itu, kamu harus tahu 3 tips utama dalam modifikasi motor agar tetap aman dari tilang. Di bawah ini adalah tips yang dapat kamu ikuti dalam modifikasi motor aman:

1. Ketahui Aturan Modifikasi Body

Tips pertama agar modifikasi motor tidak kena tilang adalah dengan mengetahui aturan dalam modifikasi body. Pada dasarnya modifikasi body motor sama sekali tidak boleh dilakukan. Namun, ada aturan yang perlu diikuti agar modifikasi body motor tetap diizinkan.

Aturannya adalah dengan mengikuti uji kelayakan yang dilakukan di Departemen Perhubungan. Semua bagian dari body yang diganti pun nantinya akan diuji dan diberikan surat jika memang sudah lolos. Jika sudah lolos, maka kamu hanya perlu melakukan proses selanjutnya sampai surat kendaraan keluar.

2. Aturan Mengganti Warna

Tips kedua dalam memodifikasi motor adalah dengan memahami aturan dalam penggantian warnanya. Mengganti warna motor juga ada aturan yang harus kamu perhatikan. Caranya sendiri pun tidaklah sulit sebenarnya, selama kamu tahu aturannya maka sudah pasti mengganti warna motor bisa dilakukan.

Untuk caranya sendiri adalah dengan meminta surat keterangan dari bengkel yang kamu pilih untuk mengganti warna. Apabila sudah, surat ini nantinya akan kamu bawa ke Samsat dengan membawa beberapa kelengkapan surat lainnya. Nanti, kamu akan dikenai biaya untuk mengurusnya. Jika sudah semua, maka kamu cukup menunggu hingga STNK dan BPKB baru keluar.

3. Gunakan Aksesoris Standar dan Resmi

Tips selanjutnya yang perlu kamu perhatikan agar modifikasi motor tetap aman adalah dengan menggunakan aksesoris standar serta resmi. Kamu jangan sampai menggunakan aksesoris yang tidak sesuai, karena bisa jadi akan kena tilang. Salah satunya adalah knalpot racing yang kerap kena razia. Pastikan juga kamu membeli aksesoris yang resmi dan teruji.

Dengan tiga tips di atas, maka kamu bisa mendapatkan legalitas modifikasi motor yang resmi. Sehingga, saat kamu menggunakan motor yang dimodifikasi, maka sudah pasti tidak akan kena tilang. Apabila kamu ingin mengetahui lebih jauh akan dunia modifikasi, maka ada baiknya menjadi bagian dari Suryanation yang selalu memberikan informasi bermanfaat terkait dengan motor.