Cara Membuat Instalasi Biogas yang Sederhana dan Praktis

Cara Membuat Instalasi Biogas Skala Rumah Tangga

Cara Membuat Instalasi Biogas yang Sederhana dan Praktis. Sebenarnya dalam mengatasi krisis bahan baku gas sejak dulu manusia memakai Biogas. Conon biogas diproduksi masal di Negeri Tirai Bambu yang masif dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 80′-84′. Bagaimana cara membuat instalasi Biogas yang praktis dan sederhana dalam runag lingkup rumahan. Bagi anda yang penasaran dengan Biogas dapat langsung melihat dan menjadikan artikel ini referensi yang simpel untuk mempraktekkannya.

Pengertian biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik (wikipedia). Biogas dapat juga dimaknahi teknologi tepat guna yang mudah dan simpel pembuatannya.

Cara Membuat instalasi Biogas yang Mudah dan Simpel. Di Indonesia sendiri banyak yang menggunakan biogas ketika bahan bakar langka dan mahal. Padahal perlu anda ketahui bahwa cara membuat instalasi biogas skala rumah tangga itu sangat mudah , murah dan praktis. Maka harus ada perangkat yang harus disediakan dalam pembutannya yaitu bahan baku pembutan Biogas baik skala rumah tangga atau industri. Dalam hal ini konteknya adalah limbah rumahan dan limbah ternak yang begitu mengganggu aroma udara sekitarnya serta dampak limbah lainnya.

Bahan Baku Biogas

  • Kotoran Hewan/Ternak
  • Sampah Organik
  • Industri Limbah Tahu dan Tempe
  • Kotoran Manusia
  • Limbah Industri brem
  • Enceng Gondok

Kandungan Biogas

  • Metana (CH4) 55-75 %
  • Karbon dioksida (CO2) 25-45 %
  • Nitrogen (N2) 0-0.3 %
  • Hidrogen (H2) 1-5 %
  • Hidrogen sulfida (H2S) 0-3 %
  • Oksigen (O2) 0.1-0.5 %

Cara Membuat Instalasi Biogas Yang Praktis

Sangat mudah dan praktis untuk membuat instalasi biogas yang simpel. Seperti apa langkah yang dilakukan dalam membuat instalasi Biogas yang mudah skala rumah tangga.

Adapun konversi Biogas

  • Biogas 1,00 m3
  • Mintak Tanah 0,62 liter
  • LPG 0,46 kg
  • Solar 0,52 liter
  • Bensin 0,80 liter
  • Kayu Bakar 3,50 kg

Manfaat Buah Duet (Jamblang) yang Klasik untuk Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Biogas (skala rumahan)

  1. Siapkah sumber bahan baku Biogas dan lahannya yang dekat dengan limbah ternak atau limbah industri anda. (Pemilihan sumber bahan baku seperti diatas dapat anda lakukan dengan langsung dimasukkan kedalam digester alam bentuk cair sangat disarankan, misalnya perbandingan air dengan limbang 1:3, untuk limbah industri tahu sangat baik dengan langsung menyalurkannya dalam digester)
  2. Buatlah digester sebagai penampung limbah/bahan baku biogas dengan ditanam di tanah secara penuh atau sebagian. (Pembutan digester sangat beragam, untuk skala rumah tangga dapat anda buat dengan plastik, limbah karet, tong, tandon air, sedangkan untuk skala permanen langsung saja buat digester dengan beton, menurut praktisi Biogas asal Blitar Bapak Mukhlison mengatakan bahwa digester akan menghasilkan biogas dengan ukuran minimal 1,00 m3 sama dengan 0,46 LPG)
  3. Lubangi digester dengan instalasi seperti peralon/selang menuju kompor. (untuk instalasi sesuai dengan kebutuhan anda)
  4. Buatlah klep pengaman
  5. Buatlah penampung biogas
  6. Tunggu kurang lebih tiga minggu dan coba Biogas anda
  7. Coba biogas yang anda buat dengan api atau dengan kompor yang ada pemantik apinya

Ada banyak cara untuk membuat instalasi Biogas dengan skala rumahan. Banyak yang mencoba dan memberikan data terkait dengan biogas skala rumahan itu dapat langsung dipakai minimal satu minggu dengan bahan baku kotoran sapi. Bahkan untuk skala limbah industri tahu pernah terjadi di desa Kedung Prahu, Ngawi, Jatim dibuat oleh anak-anak KKN UM yaitu ada tiga industri tahu beroprasi dipagi hari dan limbahnya langsung masuk ke digester permanent dengan beton siangnya langsung nyala. Menurut teknisi Biogas (Fb Roni Biogas) waktu itu sangat terkagum dan mungkin sebuah terobosan baru.

Simak Juga:

Maka dari apa yang kami tulis seperti diatas sangat simpel kan skala rumahan yang ternyata dapat dijadikan biogas dengan syarat limbah baru kotoran ternak maupun limbah industri dengan skala besar. Jangan lupa dalam instalasi biogas harus kedap udara dan ada pantangannya misalnya, polutan, deterjen, oli, bensin dan bahan kimia lainnya yang dapat merusak Biogas itu sendiri dan dalam instalasi biogas tersebut bahan baku yang keluar akan dapat anda maksimalkan menjadi pupuk organik. Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan apa itu yang namanya biogas dengan banyak cara dan referensinya, apa yang kami hadirkan tersebut diatas bersumber dari satu praktisi biogas skal rumahan.