9 Manfaat Okra Merah Yang Mengejutkan


9 Manfaat Okra Merah Yang Mengejutkan

9 Manfaat Okra Merah Yang Mengejutkan. Tanaman yang satu ini memang lumayan banyak disukai dan ternyata sangat kaya akan protein yang diyakini bisa memberikan banyak manfaat. Perludiketahui bahwa, tanaman okra juga memiliki beragam vitamin dan mineral yang dapat membuat anda suka juga kepingin untuk mengonsumsinya. Okra atau sering disebut juga jari wanita ataupun barnia merupakan  salah satu jenis tanaman berbunga abadi yang termasuk tanaman genus hibicus dari keluarga Malvaceae (kapas-kapasan).

Bendi atau okra (Abelmoschus esculentus Moench, bahasa Inggris: lady’s fingers, okra, atau gumbo) adalah sejenis tumbuhan berbunga dalam suku Malvaceae yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia kini. Dulunya tumbuhan ini termasuk dalam genus Hibiscus, tetapi kini diubah menjadi termasuk genus Abelmoschus. Ia banyak ditemui di kawasan tropis. Pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai manfaat kacang pistacio untuk kesehatan jantung serta manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

Ukurannya sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Jika dipotong akan terlihat biji-biji kecil dikelilingnya. Jika dimasak akan keluar lendir dari dalamnya. Rasanya renyah dengan tektur mirip terung. Sayuran ini bisa diolah menjadi kari, balado, campuran salad atau hidangan tumis.

Kandungan Nutrisi Pada Okra

Padahal di balik kekurangan tersebut, okra mengandung potensi yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena okra mengandung berbagai macam mineral, seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Juga mengandung berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C,  hingga vitamin K.

Okra adalah salah satu sayuran yang banyak digunakan di negara-negara beriklim tropis. Cara pengolahannya adalah dengan dicincang, atau diiris, kemudian di rebus atau digoreng dengan minyak panas. Hal ini dilakukan untuk melembutkan tekstur mucilaginous okra. Dapat juga dikombinasikan dengan sayuran lain, nasi, atau daging agar menjadi lebih nikmat ketika disantap.

Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan

Meskipun okra masing asing ditelinga, namun kita tidak bisa memungkiri tentang khasiat okra yang begitu fantastis. Tak hanya enak dibuat sayur saja anda bisa mengkonsumsi okra untuk mendapatkan khasiatnya. Cara untuk membuat sayur dari okra juga sangat mudah.

Baca Juga : 7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

1. Mencegah gangguan fungsi ginjal

Cara mengambil manfaat okra untuk kesehatan adalah dengan mengonsumsi okra dengan teratur. Cara ini terbukti dapat mencegah gangguan fungsi ginjal. Hal tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal. Dalam jurnal tersebut ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak okra secara rutin memiliki gejala gangguan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak memakan okra.

2. Mencegah anemia

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi okra. Kebiasaan ini akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

Baca Juga:

3. Menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat okra lainnya juga bisa diperoleh ibu hamil ataupun ibu menyusui. Kandungan folat pada okra mampu membantu perkembangan janin dalam rahim dan menurunkan resiko cacat ketika lahir. Mengonsumsi okra saat hamil bisa jadi salah satu alternative untuk memenuhi asupan folat harian dimana dalam 100 gram okra terkandung sekitar 60 mcg folat dengan rekomendasi 400 mcg folat per harinya.

4. Bersifat anti kanker

Okra adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Sifat sehatnya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas serta mencegah mutasi sel kanker.

5. Melindungi hati dan jantung

Okra juga dikenal memiliki efek hepatoprotektif atau mampu melindungi organ hati dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas. Senyawa antioksidan dan serat yang terkandung pada okra mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati dan mengeluarkannya sehingga hati dapat berfungsi dengan lebih baik dan terhindar dari masalah. Oleh sebab itu manfaat okra untuk kesehatan adalah melindungi hati dan jantung.

6. Mengurangi asma

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah memabntu mengurangi asma. Hal ini karena okra mengandung sejumlah vitamin C dan zat antioksidan. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

7. Menguatkan tulang

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menguatkan tulang. Hal ini karena okra tinggi folat yang diketahui bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Sayuran yang kaya Vitamin K seperti Okra juga mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kandungan vitamin K pada okra dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik. Dengan kata lain, mereka yanga mengkonsumsi sayuran hijau seperti okra memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Osteoporosis dan patah tulang.

8. Menurunkan kolesterol

Selain bermanfaat untuk penderita diabetes, manfaat okra untuk kesehatan yang lain juga bisa dirasakan untuk mereka yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi. Serat larut yang ada dalam okra dapat membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembulu darah dan menyebabkan tingginya resiko struk serta penyakit jantung. Menurut Harvard Health Publications, serat dapat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga lemak tersebut ikut dicerna bersama dengan makanan lainnya. Dengan rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh, pembuluh darah bisa mengalirkan darah dengan baik dan resiko terkena struk dan penyakit jantung bisa dihindarkan.

9. Mencegah penyakit pada sistem pencernaan

Okra merupakan bahan makanan yang baik untuk diet karena kaya akan serat alami sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat larut dari okra terbilang serupa dengan serat yang terdapat pada sereal. Manfaat okra untuk kesehatan juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Lendir okra dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit. Kandungan serat dan lendir di dalamnya merupakan obat pencahar alami yang bisa meningkatkan pergerakan usus. BAB pun lancar dan risiko kanker usus besar akan turun.

Baca Juga : 

Sedangkan untuk di Pulau Karibia, okra dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sup, ataupun diolah bersama-sama dengan ikan. Dapat digunakan juga sebagai bahan pembuat acar, ataupun bisa juga diawetkan seperti sayuran lainnya. Dimana daun okra juga dapat dimasak atau dikonsumsi mentah seperti salad dll. Bahkan, di Mesir okra diolah bersama dengan daging dompa ataupun sapi untuk menjadi makanan yang familiar.