Saturday , May 18 2024
Jadi Pengusaha Sambil Kuliah di Ma’soem University, Menciptakan Pebisnis Muda yang Tangguh

Jadi Pengusaha Sambil Kuliah di Ma’soem University, Menciptakan Pebisnis Muda yang Tangguh

Kuliah sambil bekerja atau jadi pengusaha sambil kuliah, merupakan salah satu cara yang kreatif untuk menjalani perkuliahan, sekaligus menyiapkan diri untuk menjadi calon pengusaha yang sukses di dunia nyata. Hal itu bisa Anda lakukan ketika memutuskan untuk kuliah di Ma’soem University, salah satu universitas swasta di Bandung yang terbaik saat ini.

Ma’soem University

Ma’soem University

Universitas Ma’soem atau yang akrab dikenal sebagai “Ma’soem University” atau M.U., muncul sebagai entitas pendidikan yang mewakili komitmen Yayasan Al Ma’soem Bandung.

Awalnya dikenal sebagai AMIK Al Ma’soem, kampus ini berfungsi sebagai latar belakang bagi para alumninya untuk terjun dan mengembangkan sejumlah perusahaan yang menjadi bagian dari Ma’soem Group.

Perjalanan panjang universitas ini telah mengukuhkan posisinya di benak masyarakat. Awalnya, para lulusan ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Ma’soem Group.

Namun, daya tariknya meluas sehingga para alumni tidak hanya meraih peluang di perusahaan induknya, tetapi juga di perusahaan-perusahaan regional dan nasional lainnya. Lokasinya yang strategis di Bandung Timur, berbatasan langsung dengan kawasan pendidikan Jatinangor, menjadikan Ma’soem University tidak hanya pilihan utama di Jawa Barat, tetapi juga bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Keunggulan lokasinya semakin terlihat dengan jarak yang hanya sekitar 4 menit dari gerbang tol Cileunyi, dan sekitar 35 menit dari Nagreg, serta berada dekat dengan perbatasan kota di Priangan Timur.

Terletak dalam kawasan industri, seperti PT Kahatex, salah satu pabrik terbesar di Indonesia, membuatnya menjadi destinasi favorit bagi mahasiswa yang mengambil kelas sore atau sebagai karyawan.

1. Fakultas dan Program Studi yang Menginspirasi

Ma’soem University tidak hanya menjadi pilihan karena lokasinya yang strategis, tetapi juga karena ragam fakultas dan program studi yang variatif. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menawarkan program studi Perbankan Syariah (S1) dan manajemen bisnis syariah (S1), sementara Fakultas Komputer menyajikan Sistem Informasi (S1), Komputerisasi Akuntasi (D3), dan Digital Bisnis (S1).

Sedangkan Fakultas Pertanian membanggakan program studi Agribisnis (S1) dan Teknologi Pangan (S1), sementara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menawarkan Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Bimbingan dan Konseling (S1). Kemudian, Fakultas Teknik turut serta dengan program studi Teknik Industri (S1) dan Informatika (S1).

2. Fasilitas Memadai untuk Perkuliahan yang Lebih Baik

Tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas, Ma’soem University juga peduli terhadap kenyamanan dan kebutuhan para mahasiswanya. Dengan fasilitas asrama putri berkapasitas 168 orang, dan asrama putra berkapasitas 48 orang, universitas ini memastikan bahwa lingkungan tempat tinggal mahasiswa dekat dengan kampus, memberikan kemudahan bagi para mahasiswa untuk menjalani perjalanan pendidikannya.

Ma’soem University tidak hanya sekadar lembaga pendidikan tinggi, universitas swasta di Kota Kembang ini juga merupakan lembaga yang melibatkan mahasiswa dalam perjalanan panjang menuju keunggulan.

Dengan kombinasi lokasi strategis, program studi yang beragam, dan fasilitas yang memadai, Ma’soem University terbukti menjadi pilihan favorit bagi mahasiswa yang menginginkan pendidikan berkualitas, sekaligus memiliki langkah awal menuju karir yang sukses.

Jadi Pengusaha Sambil Kuliah: Membangun Jiwa Wirausaha di Ma’soem University

Jadi Pengusaha Sambil Kuliah Membangun Jiwa Wirausaha di Ma’soem University

Situasi pengangguran yang melanda bangsa ini, terutama di kalangan lulusan perguruan tinggi, telah menjadi perhatian serius bagi Ma’soem University. Kampus swasta di Bandung ini dengan bijak menyadari bahwa krisis ini bukan hanya masalah pendidikan, tetapi juga ketidakmampuan menyediakan lapangan pekerjaan yang memadai di Indonesia.

Dengan pandangan yang mendalam terhadap permasalahan ini, Ma’soem University dengan gigih menjalankan program-program terintegrasi yang bertujuan mencetak generasi muda Indonesia menjadi pengusaha-pengusaha handal.

Salah satu keunggulan Ma’soem University terletak pada dukungan yang diberikan kepada mahasiswanya untuk membangun bisnis mereka sendiri selama menjalani studi. Sejumlah program bantuan dirancang dengan cermat untuk membimbing mahasiswa mengawali usaha mereka selama masa perkuliahan di Ma’soem University.

Tidak hanya itu saja, mahasiswa juga mendapatkan bantuan dalam pengembangan strategi pemasaran dan komunikasi, khususnya melalui pemanfaatan platform digital dan media sosial.

Program-program ini mencakup berbagai aspek, seperti bantuan usaha pemula, pemberian domain dan hosting untuk bisnis online, akses gratis menjadi Online Retailer, dan partisipasi dalam jaringan “Business to Business” melalui Ma’soem Virtual Indeks.

Selain itu, para mahasiswa di Ma’soem University tidak hanya belajar dari buku teks dan kuliah rutin. Mereka mendapatkan keuntungan berharga dari bimbingan mentor-mentor yang ahli di bidangnya.

Para pengusaha sukses dari berbagai sektor bergabung sebagai pengajar, memberikan wawasan praktis yang tak ternilai. Bahkan, sebagian besar staf dan dosen di PT. Ma’soem Group, yang mayoritas merupakan pengusaha sukses, berperan sebagai pembimbing mahasiswa selama masa perkuliahan.

Di Ma’soem University, beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bisnis dan penunjang bisnis menjadi daya tarik yang jarang ditemui di kampus lain. Mulai dari UKM Wirausaha, UKM Kuliner Mahasiswa, UKM Internet Marketing, hingga UKM Bisnis Online dan Event Organizer, mahasiswa memiliki pilihan yang luas untuk mengembangkan minat dan bakat bisnis mereka.

Lebih dari itu, para mahasiswa juga mendapati keistimewaan mendapatkan pendidikan langsung dari dosen-dosen yang tidak hanya berkualifikasi akademis, tetapi juga merupakan praktisi bisnis yang sukses dan mengenyam banyak pengalaman bisnis di dunia nyata. Mereka bukan hanya pengajar, tetapi juga pengusaha, pemilik bisnis, trainer, konsultan, motivator, dan penulis.

Oleh karena itu, ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa bukanlah hanya teori, melainkan pengalaman praktis yang diperoleh langsung dari para ahlinya. Melalui pendekatan inovatif ini, Ma’soem University membimbing mahasiswanya untuk menjadi pemimpin bisnis masa depan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga terampil secara praktis dalam menghadapi tantangan dunia bisnis yang dinamis dan terus berubah.