6 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) Untuk Kecantikan


Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) Untuk Kecantikan

6 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) Untuk Kecantikan.  Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah
  • pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
  • penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa, atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra), minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan). Dari segi ekonomi, minyak kelapa murni mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibanding minyak kelapa kopra, sehingga studi pembuatan VCO perlu dikembangkan.

Baca Juga : 7 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO) Untuk Kecantikan

Berikut beberapa manfaat virgin coconut oil yang bisa anda dapatkan dengan rutin menggunakannya:

1. Sebagai Pelembap Wajah

VCO dapat melembapkan kulit, termasuk kulit wajah, oleh karena itu, VCO mampu digunakan sebagai pengganti pelembap wajah yang biasa dipakai yaitu caranya, tuang sedikit saja VCO di telapak tangan, lalu panaskan dengan cara mengusap kedua telapak tangan, tepuk-tepuk ke wajah, VCO dapat  melembapkan wajah tanpa membuatnya tampak berminyak berlebihan yang mengkilap.

2. Untuk Make Up Remover

yang sering memakai make up, tentunya perlu pembersih make up khusus yang dapat menghapus seluruh make up agar tidak menimbulkan jerawat, VCO juga dapat anda manfaatkan sebagai pembersih make up, yaitu dengan cara, tuang VCO agak banyak di telapak tangan, lalu pijat ke wajah dengan gerakan memutar, hal ini akan membuat make up luntur, pijat selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air, make up waterproof pun dapat luntur oleh VCO.

3. Sebagai Conditioner Rambut

bila rambut anda kasar atau kering, anda bisa mencoba memakai VCO sebagai conditioner rambut,  VCO sudah terkenal dengan kemampuannya dapat menghaluskan bahkan menghilangkan ketombe pada rambut,  tidak jauh berbeda dengan saudarany yaitu santan, yang juga sangat baik untuk rambut, maka dari itu apabila Ingin memperoleh rambut yang halus, oleskan secara merata pada kulit kepala setengah jam sebelum keramas, bila dipakai secara rutin, rambut anda akan halus, kerontokan berkurang dan bahkan ketombe hilang dengan baik.

4. Untuk Lips Balm

selain dapat melembapkan wajah, VCO juga baik untuk melembapkan bibir yang pecah-pecah, jika kamu tidak ingin memakai lip balm di pasaran yang mengandung bahan kimia, maka bahan alami VCO adalah alternatif yang tepat untuk hal itu, sebelum tidur oleskan VCO ke bibir, maka esok paginya bibir anda akan bebas dari kulit mati dan lebih lembut lagi.

5. Untuk Obat Jerawat

masalah jerawat merupakan hal yang sering dialami oleh setiap orang, terutama pada remaja. Jerawat bisa disebabkan karena adanya kuman dan bakteri pada kulit. Pada VCO mengandung zat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Dengan melakukan perawatan menggunakan minyak VCO, maka akan membantu menghilangkan jerawat di wajah sekaligus mencegah timbulnya jerawat batu. VCO dapat menjadi obat jerawat tanpa menutup pori-pori yang umumnya dikhawatirkan banyak orang. Hal ini karena VCO lebih ringan dan mudah meresap sehingga tidak akan menyumbat pori. Pakailah saat malam sebelum tidur dengan cara mengoleskan sedikit demi sedikit VCO ke jerawat.

6. Sebagai Body Lotion

selain untuk wajah VCO juga bagus untuk melembapkan kulit tubuh, tentunya VCO dapat  jadi pengganti body lotion anda, usapkan secara merata pada tubuh anda di malam hari sebelum tidur, VCO memiliki kemampuan meresap yang baik sehingga tidak akan terasa lengket saat tidur dan paginya, anda akan merasa kulit lebih lembap dan lembut, dimana VCO aman dipakai pagi hari karena tidak bersifat tanning seperti Olive Oil, akan tetapi bagi yang tidak terbiasa mungkin akan terasa lengket, gerah dan tidak nyaman, oleh karena itu baiknya dipakai di malam hari dengan teratur.

Baca Juga : Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Maka dari itu, agar manfaat atau hasil dari penggunaan VCO ini bisa didapat dengan cepat dan maksimal. Dapat dilakukan dengan cara dipakai langsung pada kulit wajah atau rambut, anda bisa coba juga dibarengi dengan mengkonsumsi VCO dengan cara diminum juga. Maka dari itu, gunakan sebanyak satu sendok makan VCO untuk diminum setiap harinya. Meminum VCO selain bisa melancarkan pencernaan juga dapat merawat kecantikan kulit dari dalam.

Untuk memulai memang membutuhkan ilmu yang dapat memberikan rasa percaya diri dan awal mulai yang baik. Apalagi ini berkenaan dengan kecantikan pada diri kita yang memang dapat menjadikan kita menjadi lebih percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Simak Juga : Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan.