Wednesday , November 30 2022
Pengertian Social Media Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Pengertian Social Media Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Social media marketing atau sering disingkat SMM merupakan salah satu jenis strategi pemasaran atau marketing strategy dengan menggunakan platform media sosial sebagai bentuk pemasarannya. Strategi marketing yang satu ini memang sangat popuer di era digital seperti sekarang ini.

Maka tidak perlu heran, jika dewasa ini hampir semua lini bisnis menggunakan Social Media Marketing. Salah satu alaan terbesarnya adalah efeisiensinya yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional lainnya.

Social Media Marketing sudah terbukti mampu mendorong perusahaan untuk meningkatkan brand awareness dengan lebih mudah. Selain itu juga engagement hingga optimisasi penjualan secara online di zaman yang sudah semakin canggih ini. Lantas, apakah Social Media Marketing itu?

Apa itu Social Media Marketing?

Sederhananya, Social Media Marketing adalah proses marketing atau pemasaran untuk sebuah website, produk, atau pun jasa (layanan), menggunakan kanal media sosial.

Anda tentunya sudah mengenal berbagai jenis platform media sosial yang bisa digunakan sebagai sarana marketing ini. Sebut saja Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, LinkedIn, Tiktok, hingga YouTube. Semua platform media sosial tersebut bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk Social Media Marketing.

Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis

Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari Social Media Marketing untuk kepentingan bisnis yang Anda geluti. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat dari Social Media Marketing yang pertama adalah mampu meningkatkan brand awareness atai kesadaran merek. Di mana brand awareness ini sendiri merupakan kondisi yang mana konsumen dapat langsung mengenali dan mengingat brand sebuah perusahaan, hanya dengan melihat gambar, logo, warna, ataupun contoh produk saja.

Adapun brand awareness ini dapat terjadi ketika konten penjualan atau pemasaran diunggah di media sosial secara berulang dan terus menerus. Inilah yang disebut dengan contoh dari dampak Social Media Marketing.

2. Untuk Meningkatkan User Engagement

Melalui Social Media Marketing, Anda dapat brand awareness kepada calon konsumen, sehingga produk atau jasa yang Anda jual akan lebih mudah dikenali oleh calon pelanggan. Pada akhirnya, hal semacam itu akan meningkatkan ketertarikan calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang Anda jual.

Sebab, dengan mengunggah produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui media sosial, hal itu akan dapat menjalin komunikasi dan meningkatkan interaksi dengan para calon pelanggan Anda.

3. Pemetaan Target Pasar Lebih Jelas & Terarah

Dengan memanfaatkan sosial media sebagai bagian dari strategi marketing, hal itu akan membuat target pasar Anda lebih jelas dan terarah. Pasalnya, hanya orang-orang yang tertarik dengan unggahan Anda saja yang akan setia mengikuti perkembangan akun Anda.

Sehingga para follower Anda pun merupakan calon konsumen atau bahkan para pelanggan yang setia dengan produk atau jasa yang Anda jual.

4. Menghemat Biaya Pemasaran

Pemasaran melalui Social Media Marketing merupakan langkah yang tepat karena dapat menghemat biaya pemasaran untuk bisnis Anda. Sebab, akun media sosial itu sendiri dapat dibuat secara gratis.

Anda tinggal merawatnya dengan baik, dengan cara menggunggah konten, foto atau video yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Adapun pengeluaran modal atau biaya biasanya hanya dibutuhkan jika Anda memutuskan untuk menggukan iklan ataupun membeli tool guna mendukung pengelolaan akun media sosial tersebut.

5. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Manfaat yang selanjutnya dari Social Media Marketing adalah guna menjangkau pasar yang lebih luas. Saat ini semuanya serba online. Hampir semua orang memiliki ponsel dan akun media sosial yang dapat diakses melalui ponsel tersebut.

Artinya, media sosial dapat Anda manfaatkan untuk mengenal bisnis, produk atau jasa Anda ke pasar yang lebih luas. Sehingga Anda pun akan berpotensi mendapatan konsumen atau pelanggan baru untuk bisnis Anda tersebut.

Raja Komen Social Media Marketing

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari Social Media Marketing. Hanya saja, dalam praktiknya tidak semudah dengan teorinya. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam hal Social Media Marketing, maka Anda bisa menggunakan jasa dari rajakomen.com.

Adapun RajaKomen.com ini akan membantu Anda dalam menaikkan Engagament Rate untuk akun media sosial Anda, baik itu Instagram, YouTube, Google Bisnisku (Google My Business), hingga Aplikasi Android di Play Store.