Wednesday , November 30 2022
Cara Sukses Bisnis Cilok

5 Tips Sukses Bisnis CILOK dan Cara Membuatnya Bagi Pemula

5 Tips Sukses Bisnis CILOK dan Cara Membuatnya Bagi Pemula. Seperti apa bisnis cilok yang saat ini menjamur mulai dari kalangan bawah sampai atas suka akan makanan/camilan yang satu ini. Kiat sukses bisnis cilok banyak yang bertanya dan mencarinya untuk hanya sekedar sebagai referensi atau hanya untuk mencobanya. Cara bikin cilok bagi pemula kali ini akan menjadi sebuah tambahan informasi update untuk anda semuanya yang selalu nongkrong dilaman ini. Maka, simaklah dengan santai dan tentunya update info lainnya dikategori yang anda cari dengan mudahnya.

Tentang Cilok

Cilok adalah sebuah makanan khas Sunda yang berbentuk mirip bakso yang terbuat dari tepung tapioka dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang dan sambal. Bentuknya bulat-bulat dan kadang diisi dengan isian seperti daging atau potongan telur di dalamnya. Kata cilok adalah lakuran dari kata dalam bahasa sunda, yaitu aci yang memiliki arti tapioka dan dicolok. yang memiliki makna lidi yang menusuk aci tersebut. Penamaan ini merupakan tradisi penamaan dalam bahasa sunda yang bertujuan untuk memudahkan penyebutan dan memberikan informasi terkait bahan dan teknik memakan makanan tersebut (wikipedia).

Bahkan dewasa ini banyak variasi cilok yang bermacam-macam dan menambah citarasa kuliner khas Indonesia yang menjanjikan. Bisnis cilok merupakan salah satu camilan yang saat ini ada dimana-mana. Seperti tempat kerumunan; Sekolah, Pertokoan, Perkantoran, Pasar, Perumahan, dan masih banyak tempat yang semua pihak menerimanya. Maka dalam kesempatan kali ini akan kami berikan tips sukses  bisnis cilok yang kami rangkum dari berbagai sumber untuk dapat anda jadikan sebuah rujukan yang pas dan mantap.

Klasifikasi Cilok

  • Nama lain: Aci dicolok
  • Sajian: Makanan ringan
  • Tempat asal: Indonesia
  • Daerah: Jawa Barat, Banten, Jakarta
  • Suhu penyajian: Panas
  • Bahan utama: Tepung tapioka dengan tambahan sambal kacang, sambal, atau kuah
  • Variasi: cilok kuah, cilor, cimol, bacil (bakso cilok), cilok bakar (cikar), cilok bojot

Tips Sukses Bikin Cilok dan Cara Membuatnya

Dalam kesempatan kali ini, akan kami berikan kiat sukses bisnis cilok serta cara membuatnya yang kami sajikan secara khusus untuk anda pecinta ManfaatCaranya.Com dimanapun berada.

BACA JUGA:

Trik Sukses Bisnis Cilok

  1. Pertama, jadikan bisnis cilok sebagai peluang usaha yang anda gandrungi dengan yakin dan jangan lupa pilih bahan baku terbaik untuk menjadikan cilok punya rasa dan tekstur yang unik dari cilok lainnya.
  2. Kedua, giat untuk pemasaran yang salah satunya saat ini dengan sosial media yang begitu mudah dengan jangkuan yang luar biasa, serta pilihlah resep yang terbaik untuk menjadikan cilok anda dikangeni pembeli dengan repeat ordernya atau sering beli bahkan mampu mereferensikan kepada orang lain.
  3. Ketiga, bagi pemula langkah ketiga adalah tetap sabar dalam berusaha dan memaksimalkan modal yang ada meskipun minim.
  4. Keempat, riset kecil-kecilan bisnis cilok anda mulai dari rasa, macam varian, tempat jualan, dan persaingan sesama pebisnis cilok yang tentunya adalah masalah berat disaat anda mulai berkembang.
  5. Kelima, terus mencari hal yang baru untuk menjadikan bisnis cilok anda menarik, seperti bentuk, ukuran cilok harus terus sesuai dengan jaman, pemasaran yang menarik dengan model diskon dan menarik pelanggan baru, bahkan yang mendasar disaat berinovasi adalah menjaga cirikhas mutu resep dan rasa yang menarik tadi.

Cara Bikin Cilok

Bahan-baku :

  • Tepung terigu 75 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica ½ sendok teh
  • Bawang putih 2 siung haluskan
  • Tepung sagu 350 gram
  • Penyedap rasa sesuai selera
  • Air hangat secukupnya

Cara buatnya :

  • Campurkan semua bahan-bahan pembuatan cilok
  • Masukkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan cilok dapat dibentuk dengan mudahnya
  • Lalu siapkan panci isi dengan air sampai agak penuh dan didihkan, bentuklah adonan, masukan bulatan cilok ke dalam air yang sudah mendidih
  • Lihat cilok sampai terlihat mengapung maka bisa diangkat lalu ditiriskan karena sudah matang

Dunia cilok memang sangat banyak penggemarnya, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukainya. Camilan yang simpel serta mampu memberikan kenyang disaat sedang hangout, atau sibuk. Untuk variasi bumbu bisa anda improve sendiri, seperti bumbu kacang, saos pedas, dan lain sebagainya. Terima kasih telah mengunjungi laman ini dengan tema tips sukses bisnis cilok bago pemula semoga apa yang kami paparkan kepada anda dimanapun berada dapat memahami dan sukses selalu. BACA JUGA: “Cara Mengobati Sakit Pinggang Alami Tanpa Efek Samping”.