Saturday , June 15 2024
Tingkatkan Efektivitas Kampus dan Sekolah dengan Dedicated Internet

Tingkatkan Efektivitas Kampus dan Sekolah dengan Dedicated Internet

Hadirnya dedicated internet telah memberikan banyak perubahan pada sektor pendidikan, tidak hanya dalam proses belajar mengajar tetapi juga dalam proses administrasi, pengelolaan gedung, manajemen sekolah dan lainnya. Perubahan tersebut dilakukan tidak hanya mengikuti arus perkembangan teknologi tetapi juga untuk peningkatan efektivitas dunia pendidikan. Salah satu contoh penggunaan dedicated internet pada sekolah adalah administrasi digital. Administrasi digital adalah konsep digitalisasi semua data utama sekolah baik itu data siswa, data guru, penjadwalan kelas, pembayaran, tugas, laporan akademik, laporan kinerja guru, nilai raport dan lainnya.

Beberapa manfaat administrasi digital adalah :

 1. Meningkatkan Produktivitas

Dedicated internet dapat mempercepat proses administrasi seperti pendataan, pembuatan laporan, pengelolaan jadwal dan lainnya sehingga tidak menghambat kegiatan lainnya.

2. Data Lebih Akurat dan Terpercaya

Data yang disusun dengan menggunakan teknologi dapat lebih akurat karena terhindar dari human error. Selain itu proses pengecekannya juga lebih terpercaya.

3. Mengurangi Penggunaan Kertas

Penumpukan kertas administrasi terkadang dapat membuat kebingungan karena data yang lama sulit untuk dicari. Kertas yang sudah tidak dipakai pun lama kelamaan akan terus menumpuk dan mempersempit ruangan. Administrasi digital dapat mengurangi penggunaan kertas serta biaya pengadaan kertas.

4. Meningkatkan Keamanan Data

Data pada administrasi digital pada umumnya akan disimpan pada cloud sehingga data dapat dicari dengan mudah serta tidak rentan terhadap kerusakan data berbeda dengan penggunaan kertas yang lama kelamaan akan menguning atau tulisannya akan memudar seiring dengan berjalannya waktu.

5. Keterbukaan Informasi

Dedicated Internet pada administrasi digital, dengan akses internet yang stabil  dapat mempermudah stakeholder untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat dari mana saja dan kapan saja sehingga antar stakeholder dapat saling terbuka.

Manfaat-manfaat dari administrasi digital tersebut tidak dapat terlepas dari adanya akses internet stabil. Jaringan internet pada administrasi digital merupakan hal penting yang harus selalu diperhatikan bagi pengelola pendidikan. Maka dari itu, sektor pendidikan seperti kampus atau sekolah tidak boleh salah memilih layanan akses internet yang akan digunakan.

Salah satu rekomendasi layanan akses internet yang stabil dan aman di Indonesia adalah layanan ASTINet dari Telkom Indonesia. Layanan ASTINet ini memiliki jaminan rasio bandwidth 1:1 selama 24 jam dalam sehari sehingga tidak akan menghambat kegiatan administrasi digital yang sedang dilakukan. Selain itu, ASTINet telkom juga dapat melakukan sinkronisasi dengan sistem cloud yang dapat memudahkan pengelola kampus atau sekolah untuk menggabungkan pengumpulan dan pengunduhan data.