8 Cara Alami Mengobati Nyeri Sendi


8 Cara Alami Mengobati Nyeri Sendi

8 Cara Alami Mengobati Nyeri Sendi. Nyeri sendi banyak dikeluhkan bagi mereka yang memiliki rutinitas berat. Selain itu orang yang memiliki berat badan lebih/ obesitas, usia lanjut, melakukan gerakan yang berulang pada persendian, kurang melakukan aktifitas fisik yang sering mengalami keluhan nyeri sendi. Banyak factor yang mempengaruhi persendian terasa nyeri. Pola makan dan pola hidup yang baik bisa membuat nyeri sendi menjadi lebih baik. Namun ada beberaoa tips yang bisa anda gunakan untuk meringankan nyeri sendi.

Umumnya dokter mengobati radang sendi dengan obat anti-inflamasi dan obat penghilang rasa sakit. Namun, beberapa obat tersebut menyebabkan efek samping karena obat-obatan mengandung bahan kimia. untuk itu diperlukan pendekatan alami untuk menghilangkan rasa sakit dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bebas efek samping.

Beberapa faktor yang memicu terjadinya nyeri pada persendian diantaranya:

Cedera

Cedera adalah salah satu penyebab nyeri sendi yang cukup sering. Saat cedera, sendi akan mengalami peradangan, bahkan kerusakan. Tak hanya sendi, otot dan ligamen di sekitar sendi pun turut terlibat. Namun, apabila cedera sifatnya ringan dan ditangani dengan tepat, nyeri sendi akan cepat mereda dan fungsi sendi pun kembali normal.

Lupus

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan nyeri sendi. Salah satunya adalah systemic lupus erythematosus atau lupus. Penyakit ini dapat menyerang sendi, kulit, pembuluh darah, dan organ tubuh lainnya.

Infeksi Virus

Penyakit akibat infeksi virus juga erat hubungannya dengan keluhan nyeri sendi. Beberapa yang mungkin familier adalah demam berdarah dengue, chikungunya, atau rubela. Pada kasus-kasus tersebut, nyeri sendi bisa terjadi tiba-tiba dan menyerang seluruh sendi di tubuh. Rasanya mirip dengan pegal-pegal.

Cara Alami Mengobati Nyeri Sendi

Cara alami untuk meringankan nyeri sendi yang akan kami sampaikan di sini ditujukan bagi mereka yang terkena radang sendi ringan atau gejala sakit yang ringan, untuk penyakit sendi yang parah sebaiknya konsultasikan dengan dokter, karena pada kasus seperti ini biasanya cara alami digunakan sebagai pelengkap atau penunjang agar pasien tidak selalu tergantung dengan obat yang mempunyai efek jangka panjang terhadap tubuh.

Menerapkan Terapi Dingin dan Hangat

Perawatan sederhana dengan memanfaatkan suhu panas dan dingin dapat membantu mengatasi kekakuan dan nyeri sendi. Terapi panas untuk mengatasi kaku sendi, sedangkan terapi dingin untuk meringankan rasa nyeri. Terapi hangat bisa dilakukan dengan cara mengompress sendi dengan kain yang dibasahi dengan air hangat, atau dengan cara berendam mandi air hangat. Begitu pula sebaliknya, terapi dingin bisa dilakukan dengan kompres dingin pada sendi yang sakit, namun tidak dengan mandi air dingin.

Menurunkan Berat Badan Berat badan atau diet

memiliki dampak yang besar terhadap beban yang dipikul oleh sendi sehingga apabila seseorang memiliki masalah berupa radang atau nyeri sendi maka tentu ini akan memperparah penyakit. Berat badan yang berlebih akan menjadi beban berat bagi sendi lutut, pinggul, dan kaki. Oleh sebab itu turunkanlah berat badan sampai mencapai berat badan ideal, dengan dibarengi dengan olahraga rutin.

Rajin Olah Raga

Ada lebih banyak manfaat berolahraga dari sekedar menurunkan berat badan. Gerakan teratur membantu mempertahankan fleksibilitas dalam sendi untuk mengatasi kaku sendi. Namun harus berhati-hati, olahraga yang menahan beban badan seperti berjalan dan berlari justru dapat merusak sendi. Sebaliknya, cobalah melakukan olahraga low impact seperti aerobik, bersepeda atau berenang untuk melenturkan sendi tanpa menambah beban lebih lanjut.

Coba Akupunktur

Akupunktur merupakan pengobatan Cina kuno yang dilakukan dengan memasukkan jarum kecil ke titik-titik tertentu pada tubuh. Diperkirakan bahwa akupunktur memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit arthritis. Jika Anda ingin mencoba metode pengobatan ini, pastikan untuk menemukan seorang ahli akupunktur yang berpengalaman dengan referensi yang baik.

Meditasi Meditasi dan teknik relaksasi

mungkin dapat membantu mengurangi rasa sakit pada radang sendi dengan cara mengurangi stres. Menurut National Institutes of Health (NIH), penelitian telah menemukan bahwa praktek meditasi bagi beberapa orang bisa bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi. Para peneliti juga menemukan bahwa orang-orang dengan depresi dan arthritis bisa lebih baik dengan meditasi.

Pemijatan

Memijat ringan sendi rematik dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan, dan meningkatkan jangkauan gerak. Berkonsultasilah dengan ahli terapi fisik untuk belajar memijat diri sendiri, atau membuat janji dengan terapis pijat secara teratur. Ingat! hanya gunakan jasa terapis pijat yang berpengalaman dalam menangani arthritis.

Konsumsi Kunyit

Kunyit, bumbu kuning yang umum dalam masakan India, termasuk Indonesia ini mengandung bahan kimia yang disebut curcumin yang mungkin dapat mengurangi rasa sakit radang sendi karena zat ini memiliki sifat anti-inflamasi. NIH melaporkan bahwa kunyit yang diberikan kepada tikus di laboratorium berkhasiat mengurangi peradangan pada sendi. Penelitian pada manusia masih sangat langka, tetapi tidak ada salahnya untuk menambah bumbu lezat ini pada makan yang hendak dikonsumsi.

Konsumsi Asam Lemak yang Tepat

Setiap orang membutuhkan asam lemak omega-3 melalui makanan untuk kesehatan yang optimal. Namun, ternyata asam lemak ini juga dapat membantu meringankan radang sendi. suplemen minyak ikan, yang tinggi omega-3, dapat membantu mengurangi kekakuan sendi dan nyeri sendi. Asam lemak lain yang dapat membantu adalah asam gamma-linolenat, atau GLA. Anda dapat membeli minyak biji-bijian sebagai suplemen yang mengandung beberapa asam lemak tersebut. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Demikian ilasan mengenai penyakit nyeri sendi jangan konsumsi sembarangan obat untuk meredakan nyeri sendi, hal tersebut akan berdampak pada tubuh anda jika nyeri sendi sudah parah sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Semoga ulasan diatas bermanfaat, salam sehat.