Tuesday , May 21 2024
Tips Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

6 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih. Bagi ibu rumah tangga mempunyai dapur yang rapi dan bersih adalah dambaan yang wajib di wujudkan. Mempunyai dapur mempunyai peralatan lengkap, rapi dan bersih akan membuat kegiatan memasak lebih bersemangat.

Dapur menjadi ruangan yang seringkali menjadi pusat aktivitas di rumah. Selain digunakan untuk memasak, dapur juga digunakan sebagai tempat menyimpan makanan, peralatan masak dan alat makan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dan kerapihan dapur sangatlah penting.

Tips Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

Nah, berikut ini, tim ManfaatCaranya.com akan memberikan beberapa cara menata dapur yang tepat agar terlihat rapi dan bersih.

1. Menjaga Kebersihan Setiap Hari

Cara pertama untuk menata dapur agar terlihat rapi dan bersih adalah dengan menjaga kebersihan setiap hari. Setelah memasak, pastikan untuk membersihkan peralatan masak dan alat makan serta membersihkan permukaan dapur. Jangan biarkan noda dan kotoran menumpuk karena hal ini akan mempersulit dalam membersihkannya.

Baca Juga: 

Ada baiknya, setiap keluarga memahami aturan tidak tertulis dengan menaruh piring maupun gelas setelah digunakan di tempat cucian supaya meja makan terlihat bersih dan rapi.

2. Memilah Barang dan Peralatan Masak

Cara kedua adalah dengan memilah barang dan peralatan masak. Pisahkan peralatan masak seperti panci, wajan, sendok dan garpu sesuai dengan fungsinya. Jangan menumpuk peralatan masak yang sama karena hal ini akan membuat dapur terlihat berantakan dan sulit mencari peralatan masak yang dibutuhkan.

Peralatan memasak kini mudah dibeli dan didapatkan. Anda bisa beli secara online dengan membandingkan berbagai produk, merk dan harga sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan Rak dan Wadah Penyimpanan

Tips selanjutnya adalah menggunakan rak dan wadah penyimpanan. Rak dan wadah penyimpanan akan mempermudah saat mencari peralatan masak dan alat makan. Selain itu, rak dan wadah penyimpanan juga akan membuat dapur terlihat lebih rapi dan bersih.

Meletakkan rak dan wadah penyimpanan di dapur membuat tampilan dapur terlihat rapi. Peralatan dapur yang mungkin terdapat beberapa macam koleksi bisa diambil di rak dengan mudah.

Baca Juga:  Inspirasi Desain Ruang Makan Estetik dan Romantis

4. Menggunakan Tempat Sampah

Meletakkan tempat sampah di dapur sangatlah penting. Buang sampah dapur ke tempat sampah yang telah disediakan dan jangan biarkan sampah menumpuk di dalam dapur. Pastikan juga untuk memilah sampah organik dan anorganik untuk memudahkan dalam pengolahannya.

Keberadaan tempat sampah di dapur bisa membantu kesehatan keluarga. Perlu di ingat, sampah wajib dibuang setiap harinya supaya tidak menumpuk dan menimbulkan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

5. Menata Alat Makan dengan Rapi

Pisahkan sendok, garpu dan pisau dalam wadah yang berbeda dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Hindari menumpuk alat makan dalam satu wadah karena hal ini akan membuat dapur terlihat berantakan. Jika, peralatan makan berserakan akan membuat tampilan di dapur tidak nyaman.

6. Membersihkan Dapur Secara Berkala

Kegiatan membersihkan dapur secara berkala bisa digalakkan secaraterjadwan. Selain membersihkan dapur setiap hari, pastikan untuk membersihkan dapur secara menyeluruh setiap minggu atau dua minggu sekali. Hal ini akan membantu membuat dapur terlihat selalu bersih dan rapi.

Baca Juga: Tips Memilih Cat Interior untuk Rumah yang Lebih Indah dan Nyaman

Dapur yang rapi dan bersih akan membuat aktivitas memasak dan makan menjadi lebih nyaman. Semoga tips menata dapur di atas diharapkan menjadi inspirasi yang kemudian dapur di rumah Anda akan selalu terlihat rapi dan bersih. Dapatkan informasi menarik lainnya di laman ManfaatCaranya.com.