Cara Mengobati Ayam Ngorok dan Pilek


Cara Mengobati Ayam Ngorok

Cara Mengobati Ayam Ngorok dan Pilek. Bagaimana cara mengatasi ayam kampung, bangkok yang bersuara ngorok maupun terkena pilik berhari-hari. Apa penyebab ayam mengeluarkan suara ngorok? apakah terkena penyakita atau hanya kebiasaan saja. Bagi para peternak ayam tentu sudah tidak asing jika hewan ternak ayamnya mengeluarkan suara seperti ngorok tersebut. Biasanya ayam yang terkena snot (pilek) tersebut sebaiknya di sendirikan dari yang lainya takutnya bisa menularkan penyakit.

Jika Anda masih pemula dalam hal ternak ayam perlu mengetahui berbagai macam penyakit ayam dan obatnya. Bisa juga obat ayam paling ampuh yang terkena sakit tersebut menggunakan herbal. Ngorok pada ayam aduan jenis apapun itu lebih dominan untuk menyerang ayam yang telah dewasa dan jenis penyakit ngorok inilah yang paling sering menyerang ayam bangkok dewasa.

Banyak ciri serta gejala yang bisa kita kenali jika ayam bangkok mengalami penyakit ngorok ini, selain itu pentingnya juragan dalam mendeteksi dan cara melakukan pengobatan pada ayam bangkok yang terjangkiti ngorok. Terkadang bagi anda yang masih awam sering merasa cemas ketika ayamnya sakit lalu obat flu untuk ayam yang ngorok tersebut. Sebelumnya kami juga telah membuat postingan seputar cara mengobati asam urat alami dan tips mengatasi asam lambung akut dan pengalamanya.

PENYEBAB AYAM NGOROK

Kenali dulu penyebab dan gejala kenapa ayam bisa ngorok dan tidak sembuh-sembuh. Ciri ciri serangan penyakit ayam ngorok diantaranya adalah:

  • Dari hidung keluar leleran eksudat yang awalnya jernih dan encer lambat laut berubah menjadi kuning kental dan bernanah dengan bau yang khas.
  • Sekitar lubang hidung terdapat kerak eksudat berwarna kuning.
  • Sinus membengkak sangat besar, akibatnya lipatan sekitar mata membengkak dan mata menjadi tertutup.
  • Suara ngorok pada saat hewan kesulitan bernafas, diare dan pertumbuhan lambat dan kerdil.

Cara Mengobati Ayam Ngorok

Nah, selanjutnya ikuti tipsnya berikut ini bagaimana cara mudah mengobati ayam ngorok dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik tylosin atau preparat sulfonamide pada air minum. Kemudian bisa melakukan pencegahan yang tepat supaya ayam yang terkena penyakit ngorok tidak menyerang yang lainya. Berikut ini langkah-langkah untuk mencegah penyakit ngorok pada ayam.

1. Memberikan Vaksin Pada Ayam
2. Sanitasi Kandang Ayam
3. Manajemen Pemeliharaan
4. Konstruksi kandang ayam harus baik
5. Kepadatan ayam di dalam kandang yang sesuai.6. Jangan mencampur ayam dengan umur yang berbeda dalam satu kandang.
7. Manajemen pemeliharaan ayam

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diingkan seperti diatas perlu juga peternak perlu menambah pengetahuan dengan bergabung dengan group ternak di facebook, banyak membaca buku ternak ayam, cara membesarkan ayam dan mengatasi masalahnya.

Baca juga:

Cara mengobati ayam ngorok diatas kami kutip dari berbagai sumber di internet yang sering di praktekan. Semoga bisa menginspirasi dan di share kepada teman peternak lainya.


antibiotik tylosin untuk ayam, antibiotik tylosin atau preparat sulfonamide, antibiotik tylosin atau preparat sulfonamide pada air minum, obat ayam bangkok pilek, obat ayam ngorok pilek, obat ayam pilek ngorok, obat flu ayam ngorok