Thursday , December 8 2022
Cara Merawat Knitwear Wanita Agar Tidak Mudah Melar

Cara Merawat Knitwear Wanita agar Tidak Mudah Melar

Baju berbahan rajut atau knitwear tentunya sangat pas saat dipakai di musim hujan atau ketika kamu berada di tempat yang dingin. Tak hanya dapat menghangatkan tubuh saja, kamu juga dapat terlihat semakin stylish ketika menggunakan baju rajut. Akan tetapi, cara merawatnya perlu dilakukan dengan hari-hari karena jenis pakaian ini rentan rusak.

Meskipun dibuat khusus untuk menghangatkan tubuh saat digunakan, baju rajut tentunya sering kali digunakan masyarakat Indonesia untuk berbagai kegiatan kasual atau jalan-jalan ke mal. Bahan rajut umumnya dibuat dari bahan wol atau katun. Ada juga yang berasal dari benang polyester, nilon, rayon, kasmir, dan campuran. Salah satu masalah knitwear adalah bentuknya yang mudah berubah karena sangat lentur.

Untuk itu, simak cara merawat knitwear agar tidak mudah melar di bawah ini!

Perhatikan Label Pakaian

Meskipun terlihat sepele, tapi masih banyak orang yang mengabaikan tulisan yang terdapat di label baju. Perawatan pakaian rajut tentunya tergantung dari bahan, model, hingga materi dasar yang digunakan. Produsen baju knitwear telah melakukan beberapa tes langkah perawatan untuk baju tersebut. Instruksinya biasanya ada di label pakaian, jadi pastikan kamu perhatikan dengan baik.

Balik Pakaian Sebelum Dicuci

Balik pakaian rajut, bagian dalam di luar dan begitupun sebaliknya sebelum kamu mencucinya. Dengan cara ini, diharapkan bisa melindungi bagian luar baju dari berbagai gesekan dan risiko sobek karena terkena bahan lain. Selain dapat melindungi warnanya agar tak mudah luntur dan kusam, baju knitwear pun akan tampak seperti baru dalam jangka waktu lama.

Tak Usah Menggunakan Pelembut Pakaian

Apabila kamu tetap ingin menggunakan pelembut pakaian pada bilasan terakhir, gunakanlah sedikit saja. Karena pelembut pakaian akan menyebabkan serat-serat rajut menggumpal dan membuat kondisinya berkurang. Mengapa demikian? Pelembut pakaian dapat membuat sela-sela serat menjadi licin dan membuat serat mudah bergerak.

Satu bahan lagi yang perlu dihindari saat mencuci knitwear wanita adalah pemutih. Sebab pemutih akan merusak pakaian rajut yang kamu miliki.

Tidak Selalu Harus Disetrika

Umumnya, pakaian berbahan rajut tidak harus disetrika sebelum digunakan. Kamu tidak perlu menyetrikanya bila perlu sebelum digunakan. Begitu dipakai, tidak akan terlihat apakah baju rajut tersebut sudah disetrika atau belum.

Untuk memastikan boleh atau tidak baju rajut disetrika adalah membaca petunjuk pada label bajunya. Jika masih ingin disetrika, pastikan menggunakan pengaturan panas yang sedang atau menggunakan setrika uap. Cara lain menghilangkan kerutan pada baju rajut adalah dilakukan saat baru dicuci dan menjemurnya di tempat yang datar.

Jangan Digantung

Pakaian rajut tergolong ringan dan tipis sehingga masih bisa dilipat tanpa harus menggantungnya. Namun, pastikan kamu menghindari gantungan yang menggunakan penjepit karena dapat meninggalkan bekas pada pakaian tersebut.

Sedangkan knitwear yang lebih berat, sebaiknya jangan digantung karena dapat membuat serat-seratnya memanjang atau melar serta bisa mengubah bentuk pakaian. Dan pastikan pakaian rajut kamu sudah kering sepenuhnya dan tak ada bagian yang lembap saat dimasukkan ke dalam lemari.

Nah, itulah informasi singkat tentang bagaimana caranya merawat knitwear wanita agar tak mudah melar saat digunakan. Jika kamu ingin mendapatkan koleksi knitwear terbaik mulai dari sweater atau cardigan rajut dengan kualitas premium, Benang Jarum dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat. Sebab di sini ada banyak koleksi knitwear dan fashion item lainnya yang dapat menunjang gaya harianmu.

Tampil fashionable setiap hari kini bisa dilakukan selama ada Benang Jarum!