Saturday , May 25 2024
Harga MPPT Solar Charge Controller Terbaru

Harga MPPT Solar Charge Controller Terbaru Juni 2024 untuk Listrik Tenaga Surya

Harga MPPT Solar Charge Controller. Perkembangan teknologi energi terbarukan semakin pesat di Indonesia. Salah satu teknologi yang sedang naik daun adalah pengendali solar charge, khususnya yang terbaru dan terbaik, yaitu Maximum Power Point Tracking (MPPT). MPPT memiliki kemampuan untuk mengubah tegangan berlebih menjadi arus listrik, memberikan keunggulan yang signifikan dalam beberapa bidang.

Sebagian besar sistem tenaga surya saat ini menggunakan baterai 12 volt, mirip dengan yang digunakan dalam mobil. Namun, beberapa sistem juga menggunakan voltase yang berbeda. Panel surya memiliki kemampuan untuk menghasilkan voltase yang jauh lebih tinggi daripada yang dibutuhkan untuk mengisi baterai.

Inilah yang membuat MPPT begitu penting. Dengan mengubah tegangan berlebih menjadi arus listrik, voltase muatan dapat dijaga pada tingkat optimal, sementara waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh baterai menjadi lebih singkat. Hal ini akan menjadi alternatif sistem tenaga surya dengan pengoperasian yang baik.

Selain itu, pengontrol MPPT juga membantu mengurangi kehilangan daya. Tegangan yang lebih rendah pada kabel yang menghubungkan panel surya dengan pengontrol muatan menyebabkan hilangnya energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tegangan yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan pengontrol MPPT, voltase yang lebih tinggi dapat dijalankan melalui kabel dari panel surya ke pengontrol muatan. Pengontrol MPPT kemudian mengubah tegangan berlebih tersebut menjadi tambahan arus listrik. Dengan mengurangi kehilangan daya pada kabel, sistem tenaga surya dapat bekerja dengan lebih efisien.

Dalam beberapa tahun terakhir, harga MPPT Solar Charge Controller juga semakin terjangkau. Hal ini membuat teknologi ini semakin diminati oleh masyarakat, terutama para pengguna sistem tenaga surya. Dengan harga yang lebih terjangkau dan performa yang unggul, MPPT Solar Charge Controller menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja sistem tenaga surya.

Baca Juga:

Apa Itu MPPT Solar Charge Controller?

MPPT Solar Charge Controller adalah komponen penting dalam sistem pembangkit listrik tenaga surya yang berdiri sendiri atau non-grid. MPPT adalah singkatan dari Maximum Power Point Tracking.
MPPT Solar Charge Controller menggabungkan:

  • Teknologi komunikasi nirkabel
  • Fungsi pengisian baterai lithium
  • Pengaturan arus konstan boost

MPPT Solar Charge Controller memungkinkan panel surya beroperasi pada titik daya maksimumnya. MPPT Solar Charge Controller juga:

  • Mengatur arus untuk pengisian ke baterai
  • Menghindari overcharging
  • Menghindari overvoltage
  • Mengatur arus yang dibebaskan/ diambil dari baterai
  • Menghindari baterai ‘full discharge’
  • Menghindari overloading

MPPT Solar Charge Controller juga dilengkapi socket RJ45 untuk remote meter yang memungkinkan Anda memantau proses pengisian daya baterai.

Keuntungan Menggunakan MPPT Solar Charge Controller

Solar Charge Controller (SCC) MPPT (Maximum Power Point Tracking) memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Efisiensi yang lebih tinggi: MPPT dapat meningkatkan efisiensi pengisian daya hingga 30% dibandingkan dengan PWM.
  2. Waktu pengisian daya yang lebih cepat: MPPT dapat mengurangi kompleksitas sistem.
  3. Peningkatan perolehan energi: MPPT dapat digunakan dengan lebih banyak sumber energi.
  4. Hemat uang: MPPT dapat membantu mengembalikan investasi awal Anda pada sistem tenaga surya dengan lebih cepat.

Namun, MPPT lebih mahal daripada PWM. MPPT juga lebih efisien dalam kondisi tertentu.

Baca Juga:

Daftar Harga MPPT Solar Charge Controller Tata Surya

MPPT Solar Charge Controller menggabungkan teknologi komunikasi nirkabel, fungsi pengisian baterai lithium, dan pengaturan arus konstan boost. Berikut ini adalah daftar harga MPPT Solar Charge Controller:

  • Tokopedia: Harga SCC MPPT 100A 100 A Solar Charge Controller 12V/24V/36V/48V SY48100A Rp369.000
  • Bukalapak: Solar Charge Controller 12V 24V PWM MPPT Pengisi Daya Surya Panel Rp194.100
  • Panelsuryajakarta.com: Solar Charge Controller 40A MPPT 12V 24V 48V Auto Work Rp 3.088.000

Saat memilih MPPT Solar Charge Controller, Anda dapat mempertimbangkan tiga hal berikut:

  • Tegangan bank baterai
  • Tegangan input panel surya
  • Arus output

Anda dapat membeli MPPT Solar Charge Controller di: Tokopedia, Bukalapak, Panelsuryajakarta.com, Lazada, Blibli.com.

Dengan adanya perkembangan teknologi ini, diharapkan penggunaan energi surya di Indonesia dapat semakin meluas dan memberikan kontribusi positif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Selain itu, penggunaan MPPT Solar Charge Controller juga dapat membantu menghemat biaya energi dan meningkatkan efisiensi penggunaan listrik secara keseluruhan.

Demikianlah informasi mengenai harga MPPT Solar Charge Controller untuk Listrik Tenaga Surya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik dengan teknologi energi terbarukan.