Ketahui 9 Kelebihan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Hunian Keluarga Anda

Kelebihan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Hunian Keluarga Anda

Ketika hendak membeli ataupun membangun rumah hunian, ada beberapa harus Anda pertimbangkan. Yang paling utama adalah bahwa Anda perlu memastikan apakah rumah tersebut nantinya mampu memberikan kenyamanan bagi Anda dan seluruh penghuni di dalamnya.

Di saat membangun atau membeli rumah, Anda juga harus memperhitungkan bujet yang Anda miliki dengan baik. Jangan sampai hanya karena tergiur untuk memiliki rumah mewah, Anda melupakan kebutuhan penting lainnya sehingga banyak hal yang keteteran dan terlewatkan.

Sebagai solusinya, Anda bisa membeli ataupun membangun rumah minimalis. Adapun rumah minimalis itu sendiri memiliki beragam tipe, mulai dari tipe 21, 32, 45, atau lainnya. Dan tidak salahnya jika Anda memutuskan untuk memiliki rumah minimalis 2 lantai. Sebab, rumah minimalis jenis ini memiliki beragam kelebihan dan keunggulan tersendiri.

Kelebihan Rumah Minimalis 2 Lantai

Berikut ini berbagai kelebihan yang menjadi alasan bagi sebagian keluarga lebih memilih desain rumah minimalis 2 lantai.

1. Solusi Lahan Sempit & Terbatas

Kelebihan rumah minimalis 2 lantai yang pertama adalah lebih hemat lahan. Dewasa ini, harga tanah semakin tinggi akibat makin terbatasnya lahan. Membuat atau membeli rumah 2 lantai menjadi solusi untuk memiliki hunian di lahan yang sempit dan terbatas.

Anda tetap bisa memiliki rumah yang luas, namun penggunaan lahannya lebih efisien. Yang Anda butuhkan hanyalah pondasi rumah yang lebih kuat, serta bahan material yang lebih banyak untuk membangun rumah minimalis 2 lantai.

2. Rumah Terasa Lebih Luas & Sejuk

Kelebihan selanjutnya, rumah tingkat dua lantai umumnya memiliki desain langit-langit yang lebih tinggi. Hal ini akan menjadikan suasana di dalam rumah akan nampak lebih lega dan luas.

Selain itu, langit-langit yang tinggi akan membuat ruangan di rumah Anda terasa lebih sejuk dan tidak ungkep.

Hanya saja, ketika Anda memiliki rumah minimalis 2 lantai, sebaiknya Anda tidak memiliki jumlah perabotan yang terlalu banyak. Selain itu, Anda harus menata perabotan tersebut sedemikian rupa sehingga kesan rumah yang luas tetap Anda miliki.

3. Fungsi Ruangan Menjadi Lebih Optimal

Dengan memiliki rumah tingkat dua lantai, maka Anda akan mempunyai ruangan yang lebih luas. Sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam membuat desain rumah minimalis 2 lantai. Pasalnya, setiap ruangan yang ada akan memiliki ukuran cukup luas.

Adapun rumah dengan ruangan yang cukup luas ini akan membuat fungsinya lebih optimal. Anda dan keluarga dapat beraktivitas ataupun istirahat dengan nyaman di kamar yang luas.

Selain itu, penghuni rumah juga dapat menonton tv serta bermain bersama dengan leluasa di ruang keluarga yang lega dan luas. Sehingga beragam aktivitas dapat dilakukan di ruangan tersebut, karena memiliki ukuran yang luas.

4. Rumah Tampak Lebih Megah

Kelebihan yang keempat dari rumah 2 lantai umumnya akan tampak lebih megah. Apalagi jika rumah Anda dipandang dari luar, maka rumah tersebut meskpun minimalis akan terkesan mewah dan megah.

Secara tidak langsung, hal itu akan membuat Anda merasa puas dan bangga menempati tumah tersebut.

5. Mudah Dibersihkan

Konsep rumah minimalis pada umumnya adalah keserhanaan dan hanya menggunakan perabotan yang dirasa penting. Sehingga rumah Anda tidak akan dipenuhi dengan banyak perabotan.

Hal tersebut akan membuat rumah anda lebih mudah dibersihkan karena sedikitnya perabotan.

6. Memiliki Banyak Opsi Desain Interior & Eksterior

Selain itu, Anda juga dapat merancang desain luar dan interior dalam rumah sesuai keinginan. Pasalnya, rumah minimalis 2 lantai akan memberikan Anda beragam pilihan desain.

Terlebih lagi rumah tingkat dua lantai akan memiliki banyak ruangan luas, sehingga pilihan untuk desain interior juga akan sangat bervariatif.

7. Bisa Membuat Balkon Rumah

Membangun rumah minimalis 2 lantai akan memberikan Anda kesempatan dalam membuat balkon rumah. Banyak orang yang menganggap balkon hanyalah sebagai variasi atau pajangan saja.

Sejatinya, balkon pada rumah tingkat dua lantai memiliki beragam manfaat. Misalnya saja akan membuat jarak pandang penghuni rumah menjadi lebih luas.

Selain itu juga akan menjadikan ruangan terkesan lebih luas. Bahkan bagi Anda yang menyukai eksperimen mengenai desain ekterior bisa memanfaatkan balkon untuk memperindah rumah Anda.

Bagi sebagian orang, balkon rumah juga dapat digunakan sebagai taman kecil hingga tempat berjemur yang nyaman.

8. Mengurangi Stress

Desain rumah minimalis 2 lantai juga dapat mengurangi stress. Munkin tidka banyak yang menyadari kelebihan rumah tingkat yang satu ini. Sebab, dengan adanya lantai dua, Anda akan dapat menikmati pemandangan yang indah dengan jelas.

Terlebih lagi jika view balkon rumah Anda langsung menghadap ke pemandangan alam yang luas dan indah semacam pegunungan, danau, ataupun laut.

9. Bekal Masa Depan

Keuntungan terakhir jika Anda memiliki rumah minimalis 2 lantai adalah terkait dengan bekal masa depan. Maksud dari bekal masa depan di sini adalah jika suatu saat Anda dan pasangan berencana memiliki beberapa anak, maka Anda sudah mengantisipiasinya dengan memiliki rumah yang banyak ruangannya.

Pasalnya, meskipun dibangun di lahan yang sempit, rumah tingkat dua lantai akan memberikan kesempatan bagi Anda dalam membuat banyak kamar atau ruangan sesuai dengan apa yang Anda rencanakan demi kebutuhan masa depan keluarga Anda.

Memiliki rumah minimalis 2 lantai memang membawa banyak keuntungan. Selain dapat menghemat lahan dan menjadi solusi membuat rumah di lahan yang sempit, rumah minimalis 2 lantai juga mempunyai beragam kelebihan yang tidak bisa didapatkan pada jenis rumah 1 lantai.

Setelah Anda mengetahui beragam kelebihan dan keuntungan di atas, maka Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin membangun sebuah rumah hunian, namun Anda hanya memiliki lahan yang sempit dan terbatas.