Tuesday , May 28 2024
Manfaat Kacang Almond Untuk Ibu Hamil

12 Manfaat Almond Untuk Ibu Hamil, No 10 Sangat Dibutuhkan Janin

12 Manfaat Almond Untuk Ibu Hamil, No 10 Sangat Dibutuhkan Janin. Tak hanya rasanya saja yang enak, manfaat kacang almond ternyata sangat banyak. Manfaat kacang almond untuk kesehatan, manfaat almond untuk kecantika dan manfaat almond untuk ibu hamil. Almond yang termasuk camilan sehat memiliki nilai plus untuk kesehatan.

Kacang Almond

Kacang almond merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Kacang almond yang memiliki bentuk lebih besar dari kacang tanah ini ternyata tidak termasuk kedalam kacang- yang kacangan. Almond merupakan biji yang berasal dari subkeluarga prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan yang menghasilkan biji almondini masuk kedalam klasifikasi yang sama dengan persik yaiyu dihasilkan oleh pohon Prunus dulcis dengan nama Amygdalus communis.

Kandungan Nutrisi Almond

Meskipun bukan berasal dari kacang-kacangan nyatanya almond di Indonesia dikenal dengan sebutan kacang almond. Kehadirannya sering digunakan sebagai toping aneka kue atau susu. Rasa almond yang begitu enak ternyata juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat banyak diantaranya:

  • Kalori
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat gula
  • Protein

Karena kacang almon mengandung kalori yang sangat tinggi, maka untuk konsumsi almond sebaiknya dibatasi dan dalam jumlah yang wajar. Meskipun begitu, khasiat kacang almond yang melimpah khususnya untuk ibu hamil membuat makanan ini bisa digunakan sebagai camilan sehat.

Manfaat Kacang Almond Untuk Ibu Hamil

Manfaat almond untuk ibu hamil memang tak bisa diremehkan. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam almond sangat dibutuhkan janin dalam kendungan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. Berikut manfaat almond untuk ibu hamil yang tidak bisa diremehkan.

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Kandungan nutrisi yang ada pada almond sangat dibutuhkan janin untuk proses perkembangan dan pertumbuhan.

2. Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

Asam folat yang ada dalam kacang almond sangat dibutuhkan janin untuk perkembangan saraf dan otaknya. Asam folat juga memberikan manfaat sebagai pencegah spina bifida atau cacat tabung saraf pada janin.

3. Mencegah Gangguan Metabolisme Pada Janin

Lemak sehat dan karbohidrat yang terkandung dalam kacang almond mampu mencegah gangguan metabolisme pada tubuh janin. Tak hanya itu manfaat kacang almond untu ibu hamil juga mencegah naiknya gula darah, munculnya stress oksidatif serta peradangan.

4. Menjaga Kestabilan Berat Badan Ibu Hamil

Manfaat kacang almond selanjutnya yaitu mampu meningkatkankadar hormon leptin yang mampu mencegah naiknya nafsu makan. Tak hanya itu saja almond ternyaja juga menurunkan hormone ghrelin yaitu hormone yang mengatur rasa lapar.

5. Mengandung Zat Besi

Zat besi sangat dibutuhkan ibu hamil untuk proses produksi sel darah merah. Dikarenakan pasokan darah meningkat saat hamil maka konsumsi makanan yang tinggi zat besi sangat disarankan. Karena ibu hamil sangat rentan terhadap anemia. Anemia tersebut akhirnya dapat menimbulkan komplikasi saat kehamila yang akan membahayakan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

6. Mencegah Anak dari Alergi

Konsumsi kacang-kacangan selama masa kehamilan mampu menurunkan resiko alergi apad anak ketika sudah dilahirkan.

7. Mencegah Asma

Kandungan vitamin E dan Zinc yang terdapat pada kacang almond mampu mencegah bayi dari penyakit asma ketika dilahirkan ke dunia.

8. Meningkatkan Stamina Ibu Hamil

Protein yang tinggi pada kacang almond mampu meningkatkan energy dan stamina pada ibu hamil. Jadi almond dikategorikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

9. Mengatasi Sembelit

Sembelit pada ibu hamil memang sring terjadi. Dengan mengkonsumsi almond anda bisa menurunkan resiko sembelit ketikahamil.

10. Memperkuat Tulang Janin

Kandungan Kalsium pada almond mampu meningkatkan kepadatan tulang janin. Bila dirasa konsumsi makanan yang mengandung kalsium masih kurang anda bisa menambah konsumsi kalsium di trimester satu dan trimester dua. Terpenuhinya kebutuhan kalsium pada ibu hamil di trimester pertama mencegah janin lahir cacat.

11. Mengontrol Tekanan Darah

Hipertensi saat kehamilan memang sering terjadi. Peribahan hormone ketika hamil mampu meningkatkan tekanan darah anda. Namun hal tersebut bisa dicegah dengan mengkonsumsi almond atau kacang-kacangan.

12. Kaya Antioksidan

Kandungan vitamin E yang tinggi pada almond tak hanya mampu merawat kesehatan kulit pada ibu hamil tetapi juga janin dalam kandungan. Sehingga resiko strechmark saat hamil bisa diminimalisir.

Baca Juga:

Ternyata banyak sekali manfaat konsumsi almond untuk ibu hamil. Selain baik untuk ibu juga sangat dibutuhkan janin dalam kandungan. Jadi bagi anda yang sedang hamil konsumsilah makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian anda dan janin anda. Semoga kehamilan anda sehat dan buah hati anda lahir dengan selamat tan kurang suatu apapun.