12 Sayuran Kaya Protein, Nomor 6 Mudah Ditemukan dan Murah


12 Sayuran Kaya Protein, Nomor 6 Mudah Ditemukan dan Murah

12 Sayuran Kaya Protein, Nomor 6 Mudah Ditemukan dan Murah. Nutrisi tubuh yang sangat penting bagi tubuh adalah jenis serat. Serat inilah yang sering dijumpai pada sayuran yang kita makan. Mulai dari yang kaya karbohidrat, protein, lemak, dan mineral vitamin semua ada dalam sayuran. Selain aman dan mudah dijumpai tentu harganya sangat terjangkau. Makro nutrisi yang kaya akan protein juga terdapat pada sayuran yang kita makan.

Nutrisi protein yang baik dalam sayuran bisa Anda lihat di sini sehingga bisa memilah dan memilih saat mau memasaknya. Bagi Anda yang memang suka sayuran tentu tidak menjadi masalah bila akan memasaka aneka makanan dari bahan sayuran. Sayuran yang kaya protein juga termasuk jenis kacang-kacangan yang masuk menu dalam masakan kita.

Sayuran dan Protein

Sayuran adalah nama bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan sayuran memang beraneka jenis. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sedangkan yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, digoreng, disangrai, atau dimakan mentah-mentah. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan. Sayur mayur adalah makanan yang sehat untuk makan.

Protein merupakan kelompok biomolekul berukuran besar yang terbentuk dari satu rantai panjang asam amino atau lebih. Protein memiliki banyak fungsi dalam makhluk hidup, di antaranya mempercepat reaksi-reaksi metabolisme, mereplikasi DNA, menanggapi rangsangan, memberi bentuk sel dan tubuh, dan memindahkan molekul dari satu lokasi ke lokasi lain.

Perbedaan utama antara satu protein dan protein lainnya adalah urutan asam amino-asam aminonya, yang ditentukan oleh urutan nukleotida dari gen-gennya, dan biasanya menyebabkan lipatan protein menjadi struktur tiga dimensi khusus yang sesuai dengan fungsinya.

12 Sayuran Kaya Protein

Setelah mengetahui definisi protein di atas silakan scroll beberapa contoh sayuran yang kaya protein berikut ini. Yang nomor enam mudah dan murah ditemui.

Untuk yang awal kita akan memberi contoh mulai dari sayuran berjenis kacang-kacangan.

1. Kacang hijau

Kacang hijau disebut sebagai kacang seribu butir. Saking kecilnya kacang hijau sering dipakai dalam masakan sayuran. Contoh masakan yang sering dijumpai adalah bubur kacang hijau. Masakan ini biasanya disajikan dengan santan itu. Kacang hijau banyak protein yang sangat tinggi. Takarannya tiap cangkir kacang hijau memiliki 14,18 gram protein.

2. Kacang kapri

Kacang kapri tak asing dijumpai dalam masakan sayur sop. Kacang ini juga mengandung protein tinggi. Tidak hanya bentuknya saja yang mirip dengan kacang edamame, tapi kandungan proteinnya juga menyerupai yang ditawarkan masakan tersebut. Setiap satu cangkir kacang kapri, ada 8,58 gram protein.

3. Quinoa

Biji Quinoa adalah bahan makanan yang kini mudah ditemukan di supermarket atau pasar. Silakan mencoba sayur ini yang kaya protein tinggi ini. Takaran tiap secangkir quinoa, terdapat 8,14 gram protein di dalamnya. Sayuran  ini mudah dimasak dan kaya akan nutrisi lainnya.

4. Kacang pistachio

Kacang pistachio adalah bahan masakan yang sangat cocok dijadikan camilan sambil nonton televisi ini ternyata masuk dalam daftar sayuran yang mengandung protein. Ia memiliki 5,97 gram protein di dalam satu cangkirnya.Setelah mengetahui berbagai sayuran dan kacang-kacangan yang mengandung protein di atas, jangan lupa untuk “mencantumkan” mereka di dalam menu makan sehari-hari, ya.

5. Kacang Edamame

Sering masuk dalam sebutan sayuran kacang. Edamame adalah sayuran yang mengandung protein. Sayuran yang mengandung protein ini seringkali terlihat di restoran sushi. Rasanya yang lezat dan cocok dijadikan camilan sehat, menjadikan edamame sebagai sayuran yang mengandung protein favorit banyak orang.Bahkan, satu cangkir berisikan edamame penuh, mengandung 18,46 gram protein. Tidak heran kalau edamame dianggap sebagai salah satu sayuran yang mengandung protein paling tinggi.

Untuk nomor 6-12 dari bahasan 12 sayuran kaya protein silakan dilanjutkan di bawah ini.

6. Bayam

Bayam termasuk dalam sayuran yang wajib dalam menu masakan harian. Rasanya yang lezat, membuatnya menjadi salah satu sayuran paling digemari di dunia. Bayam ternyata menjadi salah satu sayuran yang mengandung protein. Per cangkirnya (30 gram), terdapat 1 gram protein dan juga 181% RAH vitamin K4.

7. Pak coy

Pak coy atau sawi sendok mengandung vitamin dan mineral. Ia juga menjadi sayuran yang mengandung protein tinggi. Satu cangkir (70 gram) pak coy, mengandung 1 gram protein. Pak coy juga menjadi sumber folat, kalsium, kalium, mangan, dan zat besi yang tinggi.

8. Asparagus

Walau belum familiar di meja dapur setiap rumah. Sayuran asparagus seringkali diolah menjadi sup maupun pendamping ketika menyantap steik. Namun belum banyak yang tahu kalau sayur asparagus yang sangat menyehatkan itu, masuk ke dalam daftar makanan yang mengandung protein paling tinggi. Takaran satu cangkir asparagus (134 gram) mengandung 2,9 gram protein. Selain itu, ada juga vitamin B, folat, tembaga, fosfor, hingga magnesium di dalamnya.

9. Brokoli

Sayuran ini sering disebut sebagai sayuran super. Selain mengandung protein yang tinggi, brokoli juga dilengkapi berbagai nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, seperti kalium, fosfor, vitamin C, vitamin K, hingga mangan.Lebih dari itu, brokoli mengandung glukosinolat, yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Setiap satu cangkir brokoli, terdapat 2,6 gram protein di dalamnya.

10. Kacang chickpea

Mirip bayam, sayuran chgickpea juga mengandung protein yang tinggi. Walau belum dikenal luas di masayarakat Indonesia, kandungan protein kacang chickpea tidak boleh dipandang sebelah mata. Setiap cangkirnya mengandung kadar protein yang tak boleh diremehkan, yakni sebanyak 14,53 gram.

11. Selada air

Sayuran ini mengandung protein yang dalam satu cangkirnya (34 gram), terdapat 0,8 gram protein dan 100% rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin K. Ditambah lagi selada air mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin B, kalsium, mangan, kalium, vitamin A, dan vitamin C.2.

12. Kecambah

Sayuran yang mengandung protein ini sangat rendah kalori. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kecambah alfalfa sangat cocok untuk dimasukkan dalam menu harian! Satu cangkir kecambah alfalfa memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yakni 1,3 gram protein. Selain itu, ada banyak nutrisi penting lainnya, mulai dari folat, vitamin B, hingga zat besi.3.

Sebenarnya ada sayuran lain selain artikel 12 sayuran kaya protein di atas yaitu kembang kol. Kembang kol merupakan sayuran tinggi protein yang hampir setiap hari ada di meja makan kita.

Baca Juga:

Sayuran ini teksturnya sangat lezat walau dimasak dengan berbagai cara ini. Kembang kol mengandung 2 gram protein dalam satu (100 gram) cangkirnya. Sama seperti brokoli, kembang kol juga memiliki glukosinolat dimana zat ini dianggap ampuh mencegah penyakit kanker. Selain sayuran, kacang-kacangan ini juga mengandung protein