Monday , February 6 2023
Manfaat Balance Bike Untuk Perkembangan Anak

Manfaat Balance Bike Untuk Perkembangan Anak, Lihat No 3 Hasilnya Mencengangkan

Manfaat Balance Bike Untuk Perkembangan Anak, Lihat No 3 Hasilnya Mencengangkan. Pernahkah ayah bunda melihat anak-anak yang sedang bermain sepeda tanpa menggunakan pedal/ kayuhan. Ya balance bike atau push bike, jenis sepeda yang satu ini cukup populer dikalangan balita. Lantas apa saja sih kelebihan balance bike untuk anak balita?. Daripada penasaran mari kita simak penjelasannya.

Balance Bike

Balance bike merupakan sepeda dengan ukuran kecil tanpa menggunakan pedal dan rantai. Balance bike sangat digandrungi para orang tua untuk melatih keseimbangan anak. Ada banyak sekali kelebihan balance bike yang didapatkan.

Secara fisik balance bike memang berbeda dengan sepeda pada umunya, balance bike tidak memiliki alat kayuh dan juga tidak memiliki rantai. Stang yang digunakan pada balance bike umumnya hanya berbentuk lurus. Posisi sadel atau tempat duduk cenderung lebih rendah tujuannya supata kaki bisa menapak pada tanah. Secara umum balance bike bisa digunakan untuk anak berusia 18 bulan. Karena pada usia tersebut anak sudah bisa berdiri dengan sempurna.

Manfaat Balance Bike

Kelebihan push bike yang didapatkan bagi anak balita diantaranya

1. Lebih Aman

Balance bike cenderung lebih aman bila dibandingkan dengan sepeda roda 3. Penggunaan sepeda roda 3 cenderung tidak melatih keseimbangan anak karena fokus anak akan tertuju pada pedal. Sedangkan untuk push bike fokus anak pada keseimbangan jadi untuk tingkat terjatuhnya lebih minim.

2. Melatih Otot Anak

Balanve bike mampu memperkuat otot kaki anak. Otot pada kaki akan bekerja dengan maksimal karena pijakan pada tanah yang dilakukan. Berbeda dengan sepeda roda 3 otot kaki anak akan bertumpu pada pedal hal tersebut akan menyebabkan kaki lebih cepat pegal.

3. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Untuk sepeda roda 3 kosentrasi anak cenderung tertuju pada pedal, sedangkan untuk balance bike kosentrasi dengan keseimbangan serta jalan yang ada didepannya.

4. Latihan Menuju Sepeda Roda 2

Penggunaan balance bike akan lebih mudah melatih keseimbangan anak hal tersebut sangat berguna bagi anak untuk belajar sepeda roda dua dengan pedal. Tingkat konsentrasi anak yang sudah terlatih akan lebih mempermudah anak mengayuh sepeda roda dua.

5. Meningkatkan Perkembangan Emosi Anak

Awal bermain balance bike biasanya orang tua akan mendampingi anak hingga keseimbangan anak sempurna. Hal tersebut akan menambah kedekatan antara anak dan orang tua. Kedekatan dengan orang tua ini akan menjadi bekal hingga beranjak dewasa. Rasa nyaman dan terlindungi mampu mengontrol emosi anak untuk tidak mudah marah-marah.

Simak Juga:

Jadi jika anda ingin membelikan balance bike untuk buah hati anda tak ada salahnya. Manfaat yang didapatkan sangat banyak bagi perkembangan anak. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.