Manfaat dan Khasiat Pupuk Organik Cair (POC) yang Ramah Lingkungan


Manfaat Pupuk Organik Cair POC

Manfaat dan Khasiat Pupuk Organik Cair (POC) yang Ramah Lingkungan. Dunia pertanian riskan dengan yang namanya pupuk baik kimia maupun organik. Apa saja manfaat pupuk organik cair yang dapat menyuburkan lahan pertanian?. Banyak petani yang beralih ke POC dengan dalih mahalnya pupuk kimia dengan hasil yang semakin berkurang dari biasanya. Pupuk organik cair yang seperti apa untuk kesuburan tanah pertanian saat ini. Ulasan sedikit dibawah ini dapat anda jadikan sebuah masukan dan inspirasi yang tepat untuk pupuk pertanian yang diharapkan menjadikan lahan pertanian subur dalam jangka panjang.

Pupuk Organik Cair (POC)

Dalam penjelasan Wikipedia disebutkan bahwa pupuk organik cair adalah pupuk yang tersedia dalam bentuk cair, POC dapat diartikan sebagai pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia. Bagi sebagian orang pupuk organik cair lebih baik untuk digunakan karena terhindar dari bahan-bahan kimia/sintetis serta dampak yang baik bagi kesehatan. Pupuk organik cair terdiri dari mikroorganisme yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan tanaman.

MANFAAT PUPUK ORGANIK CAIR BAGI PERTANIAN. Banyak petani mengeluhkan harga pupuk saat ini baik yang subsidi maupun non mahal dalam setiap garapan. Pupuk organic cair dengan banyak khasiatnya dapat dijadikan rujukan untuk kebutuhan pertanian. Salah satu dari beberapa keuntungan menggunakan POC dunia pertanian khususnya dalam hal sayuran yaitu hasilnya subur, fres, dan dapat bertahan lebih lama saat disimpan. Bahkan untuk jenis pertanian  buah – buahan akan lebih manis saat dikonsumsi. POC menjadikan tanah lebih subur dan tidak mudah padat. Penggunaan POC ditekankan pada daun tanaman anda agar lebih efektif dan efisien.

Manfaat Dan Khasiat Pupuk Organik Cair

Lalu apa saja manfaat secara umum POC yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk keberlangsungan pertanian yang lebih baik untuk lahan, yang ditanam, dan menghasilkan yang maksimal. Maka pilihlah atau buat sendiri pupuk organik cair yang tepat untuk pertanian anda.

Harga Lensa Kamera Canon EF-S18-200mm f/3.5-5.6 IS Baru Bekas 

Khasiat Pupuk Organik Cair (POC):

  • Dapat menyehatkan lingkungan
  • Dapat memperbaiki struktur tanah
  • Dapat menekan biaya produksi
  • Dapat meningkatkan kualitas produk tanaman
  • Dapat menyimpan kandungan air yang tinggi

Dari manfaat tersebut diatas bahwa POC memiliki makna yang lebih dari pupuk kimia yang hanya dapat menjadikan lahan pertanian subur secara sesaat dan cenderung instan. Karena secara umum tanaman hanya mampu menyerap unsur hara 2 % setiap harinya. Makanya akan lebih efektif menggukan pupuk organic cair dalam setiap pemupukan. Banyak sumber yang memberikan saran dalam penggunaan POC yaitu 1:100 yaitu 1 liter POC dengan 100 liter air.

BACA JUGA:

Demikian ulasan secara umum tentang khasiat pupuk organik cair atau dikenal dengan POC yang ternyata memiliki manfaat yang luarbiasa bagi keberlangsungan pertanian anda. Maka, jangan salah pilih untuk pertanian anda dengan menggunakan pupuk organic cair atau dapat anda buat sendiri dengan banyak referensi yang tepat untuk membuat tanaman khususnya dunia pertanian subur, fres, dan hasilnya melimpah.