Manfaat Ikan Bandeng Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol


Khasiat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Bandeng Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol. Apa saja manfaat ikan bandeng yang disebut juga (Chanos chanos) ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan yang dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish). Dalam kesempatan kali ini akan kami ulas tentang khasiat ikan bandeng untuk tubuh yang dapat anda jadikan referensi.

Ikan Bandeng

Mereka hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan cenderung berkawanan di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut selama 2–3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadang kala danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.

Ikan muda disebut nener (IPA : nənər ) dikumpulkan orang dari sungai-sungai dan dibesarkan di tambak-tambak. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan cepat. Setelah cukup besar (biasanya sekitar 25–30 cm) bandeng dijual dalam keadaan segar atau sudah dibekukan. Bandeng diolah dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, dipindang, atau diasap.

Bandeng disukai sebagai makanan karena rasanya gurih, rasa daging netral (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur jika dimasak. Dari sisi harga, bandeng termasuk ikan kelas menengah ke atas. Dalam perayaan Tahun Baru Imlek, hidangan bandeng menjadi bagian tradisi wajib bagi warga Tionghoa asli Jakarta dan sekitarnya. Ada dua hal yang kurang disukai orang dari ikan bandeng yaitu: dagingnya ‘berduri’ dan kadang-kadang berbau ‘lumpur’/’tanah’.

Duri Bandeng

Duri bandeng sebenarnya adalah tulang. Duri ini mengganggu kenikmatan dalam memakan dagingnya. Gangguan ini dapat diatasi dengan penggunaan panci bertekanan tinggi (presto atau autoklaf) dalam waktu tertentu, sehingga duri ini menjadi lunak dan dapat dihancurkan jika dikunyah.

Bau Lumpur

Bau lumpur pada bandeng banyak dijumpai pada bandeng yang diambil dari tambak. Bandeng yang dipelihara di karamba jarang yang berbau lumpur. Penyebab bau lumpur pada bandeng adalah bakteri Cyanobacteria, terutama dari genus Oscillatoria, Symloca, dan Lyngbia, yang menghasilkan geosmin. Apabila ikan tinggal di tempat yang kaya geosmin atau memakan plankton ini, dagingnya akan memiliki cita rasa tanah.

Bau lumpur dapat diatasi paling tidak dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan memelihara ikan selama 7—14 hari dalam air mengalir bebas biosmin sebelum dijual. Cara kedua adalah dengan perlakuan pemberian asam tertentu.

Manfaat Ikan Bandeng

Apa saja khasiat ikan bandeng untuk kesehatan tubuh yang patut anda ketahui, diantaranya sebagai berikut ini.

20 Buah-buahan Paling Baik Untuk Ibu Hamil Tua dan Muda

1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Bandeng diduga mencegah terjadinya penyakit jantung koroner di tubuh. Ikan bandeng kaya akan omega 3. Oleh karena itu, disarankan bagi mereka yang ingin menghindari dan mencegah penyakit jantung koroner untuk mengonsumsi bandeng secara teratur. Selain itu, disarankan untuk mengkonsumsi bandeng yang direbus dan tidak digoreng supaya tidak menambahkan kolesterol jahat dari minyak goreng.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Di dalam ikan bandeng, terkandung jenis asam esensial yang dibutuhkan tubuh seperti Omega-3, DHA, dan EPA. Satu ekor ikan bandeng berukuran sedang, setidaknya sekitar 20,3 gram asam lemak yang dapat memenuhi asupan lemak harian.

3. Mengurangi Risiko Hipertensi

Bandeng dipercaya mengurangi risiko tubuh mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seperti yang sudah disebutkan, untuk mengurangi risiko hipertensi, disarankan untuk mengolah ikan dengan cara direbus, dan tidak digoreng.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan vitamin B12 di dalam bandeng juga dapat membantu proses ekskresi atau pembuangan limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi bandeng secara teratur, vitamin B12 akan meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah penumpukan limbah yang dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.

5. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Tulang

Meski ikan bandeng memiliki banyaknya duri halus, namun kandungan kalsium pada ikan ini juga terbilang tinggi. Di dalam satu ekor ikan bandeng, terdapat sekitar 1400 mg kalsium dan fosfor yang efektif meningkatkan kesehatan tulang dan gigi secara keseluruhan.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Selain Omega-3, bandeng mengandung asam folat yang meningkatkan perkembangan otak dan saraf bayi saat masih di dalam kandungan. Kandungan vitamin A, C, dan betakaroten di dalamnya juga membantu meningkatkan kekebalan dan fungsi penglihatan pada bayi.

Simak Juga:

Selamat mencoba dan menikmati ikan bandeng dengan cara memasak sesuai selera anda. Pastikan tubuh anda sehat setelah mengkonsumsi ikan bandeng dengan baik dan tidak berlebihan.