Manfaat Es Lidah Buaya, Minuman Segar Banyak Khasiat


Manfaat Es Lidah Buaya

Manfaat Es Lidah Buaya, Minuman Segar Banyak Khasiat. Es lidah buaya merupakan salah satu minuman kesehatan yang memiiki banyak manfaat. Es lidah buaya sekarang banyak ditemukan dijajanan sehat. Pentingnya menjaga kesehatan tubuh membuat orang-orang lebih senang mengkonsumsi minuman yang satu ini. Minuman es lidah buaya mampu meningkatkan fungsi liver yang baik bagi tubuh.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang juga dikenal dengan nama aloe vera. Tanaman ini sudah dikenal ribuan tahun lamanya dan digunakan sebagai bahan untuk penyubur rambut, perawatan kulit dan juga sebagai penyembuh luka yang baik. Berdasarkan penelitian, lidah buaya ini memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Kandungan yang terdapat pada tanaman lidah buaya yaitu mineral, asam amino, enzim, vitamin dan polisakarida. Pada perkembangannya tanaman ini kemudian diolah menjadi bahan kosmetik dan juga bahan obat yang memiliki khasiat yang luar biasa. Khasiat yang bisa diambil dari lidah buaya antara lain bisa menurunkan kada gula darah, merangsang kekebalan tubuh , anti bakteri, anti jamur dan banyak lagi khasiat lainnya.

Tidak hanya itu saja tanaman lidah buaya banyak dicari untuk dikonsumsi sifatnya yang mampu meredam panas dalam digunakan untuk membuat makanan dan minuman yang menyehathan. Banyak sekali makanan maupun minuman yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Salah satu minuman yang menggunakan lidah buaya yaitu es lidah buaya.

Manfaat Es Lidah Buaya

Berikut manfaat lidah buaya untuk mendukung kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Baca Juga:

1. Tinggi Zat Antioksidan

Gel dalam lidah buaya tinggi akan zat antioksidan yang disebut dengan polifenol. Polifenol bersamaan dengan senyawa lainnya di dalam lidah buaya memberi manfaat lidah buaya untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang bisa menyebabkan infeksi.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat lidah buaya lain adalah seringnya tanaman ini digunakan sebagai obat topikal alias lebih sering digosokkan di kulit daripada dimakan. Khasiatnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka, terutama luka bakar.

3. Mengurangi Plak Gigi

Kerusakan gigi yang disebabkan karena penumpukan plak adalah hal yang paling sering terjadi. Dan salah satu cara terbaik untuk menguranginya adalah dengan membilas mulut menggunakan 100% jus lidah buaya murni. Ya, manfaat lidah buaya lain adalah untuk mengurangi plak gigi serta membunuh bakteri yang bisa memproduksi plak seperti Streptococcus mutans serta ragi Candida albicans.

4. Mengobati Kanker Tenggorokan

Sariawan yang berlangsung secara terus-menerus bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya sel kanker tenggorokan. Dan manfaat lidah buaya lain adalah mampu menyembuhkan sariawan tersebut dengan cara mengoleskan getah lidah buaya di area yang terkena sariawan secara terus-menerus.

5. Mengurangi Konstipasi

Gel lidah buaya mengandung senyawa alami yang disebut dengan aloin atau barbaloin. Zat ini memiliki sifat pencahar sehingga manfaat lidah buaya berikutnya adalah untuk mengurangi konstipasi.

6. Menurunkan Gula Darah

Manfaat lidah buaya yang lain adalah untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi lidah buaya memiliki gula darah yang rendah sebab senyawa alami dalam lidah buaya akan meningkatkan sensitivitas insulin.

7. Menghidrasi Tubuh

Lidah buaya merupakan tanaman yang tinggi akan kandungan air di dalamnya. Sehingga manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat racun akan keluar dengan lancar sehingga organ tubuh bisa berfungsi dengan maksimal. Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga memungkinkan untuk terjadinya proses pemulihan yang cepat setelah kamu berolahraga.

8. Meningkatkan Fungsi Lever

Untuk mendukung kesehatan lever, maka detoksifikasi adalah kuncinya. Dan manfaat lidah buaya berikutnya adalah mendukung proses tersebut. Konsumsi lidah buaya juga memberikan suntikan nutrisi untuk lever karena tingginya kandungan fitonutrien di dalamnya.

9. Menutrisi Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan, lidah buaya dipenuhi dengan beragam nutrisi alami. Mengonsumsinya membuat manfaat lidah buaya akan memasuki tubuh dengan cara menutrisi dan meningkatkan imunitas.

10. Mengatasi Naiknya Asam Lambung

Minum lidah buaya akan membantumu untuk mengatasinya naiknya asam lambung. Sebabnya lidah buaya tinggi akan kandungan nutrisi alami yang bisa menurunkan asam lambung.

Cara Membuat Es Lidah Buaya

Berikut cara membuat es lidah buaya yang enak, segar dan menyehatkan tubuh

Baca:

Bahan-bahan

  • 600 gram lidah buaya (pilih yang tebal)
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • 300 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • Air bersih secukupnya (untuk merebus lidah buaya)
  • 800 ml air
  • 400 gram guula pasir
  • 2 lembar daun pandan (dipotong-potong)
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1 sendok makan biji selasih kering (rendam hingga mengembang)
  • Es batu secukupnya saja

Cara Membuatnya

  1. Kupas batang lidah buaya, potong-potong bentuk kotak, lalu dicuci hingga bersih. Campurkan potongan lidah buaya dengan kapur sirih yang sidah dilarutkan dengan 300 ml air dan garam, lalu aduk-aduk. Diamkan campuran tersebut hingga sekitar 60 menit. Kemudian cuci lagi hingga tidak berlendir dan tiriskan.
  2. Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan potongan lidah buaya, rebus dalam waktu kurang lebih 10 menit, lalu angkat dan tiriskan, lalu sisihkan dahulu.
  3. Masaklah 800 ml air dicampur dengan gula pasir dan daun pandan, lakukan hingga gula larut bersama air. Masukkan vanili, kemudian masukkan juga lidah buaya yang telah direbus sebelumnya, aduk-aduk sebentar, lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya tambahkan selasih dan aduk. Sajikan lidah buaya dengan dicampur es batu agar lebih menyegarkan.

Demikian manfaat dan cara membuat es lidah buaya kaya manfaat yang sangat cocok bila disajikan bersamaan dengan cimol. Semoga resep diatas bermanfaat, selamat mencoba dan sehat selalu bagi anda dimanapun berada.