Manfaat Bandrek Susu Spesial Minuman Pemulih Stamina


Manfaat Bandrek Susu Dan Cara Membuatnya

Manfaat Bandrek Susu Spesial Minuman Pemulih Stamina. Di saat cuaca dingin memang cocok mencoba resep bandrek susu untuk menghangatkan suasana. Bandrek sendiri merupakan salah satu minuman dengan ciri khasnya, yakni disajikan di saat malam hari untuk keperluan menghangatkan badan. Dengan bahan-bahan pembuatnya yang berasal dari rempah-rempah alami serta menyehatkan, tidak heran jika di restoran juga dapat dijumpai minuman bandrek.

Bandrek Susu

Kombinasi antara kelezatan racikan khas rempah khas Indonesia dengan susu murni yang menyehatkan, tentu minuman ini sangat patut untuk dikonsumsi. Karena sering disajikan dalam cuaca yang dingin, tidak heran jika minuman bandrek dengan susu ini sering kita jumpai di kawasan-kawasan dengan nuansa yang dingin, seperti pegunungan.

Tetapi pada saat musim pancaroba dengan cuaca yang tidak menentu sangat direkomendasikan untuk sedia bahan membuat bandrek. Sehingga sewaktu-waktu udara dingin atau dalam bahasa jawanya bediding datang kita tinggal membuatnya.

Manfaat Bandrek Susu

Jadi selaian bisa menghangatkan tubuh Anda, banyak khasiat lain yang terkandung pada minuman bandrek susu khas Sunda ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Melawan Penyakit Kanker

Banyak yang psimis jika kandungan cengkeh pada bandrek tidak mampu melawan penyakit kanker. Padahal berdasarkan penelitian lebih lanjut menunjukkan jika cengkeh pada bandrek ini memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, terutama pada saluran pencernaan, kulit, dan paru-paru.

2. Obat Sakit Gigi

Lagi-lagi, kandungan minyak cengkeh yang ada pada banderik ternyata juga memiliki manfaat untuk obat sakit gigi. Bahkan kandungan minyak cengkeh ini juga bermanfaat sebagai analgastik atau yang dikenal juga dengan obat penahan rasa sakit.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Alasannya adalah di dalam bandrek ini juga terdapat kandungan jahe. Kandungan jahe ini bisa bekerja sebagai pelebur pembuluh darah serta perangsang pelepasan hormon adrenalin.

Dengan demikian, darah yang ada di dalam tubuh Anda bisa mengalir dengan lebih baik lagi dan juga dapat meringankan tugas dari jantung pada saat memompa darah.

4. Mencegah Radang (Inflamasi)

Ternyata kandungan Flavanoid yang terdapat pada cengkeh, bermanfaat sebagai pencegah inflamasi. Maka dari itu bandrek ini sangat baik dikonsumsi bagi para penderita rematik. Dan cengkeh ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ekspektoran guna mengatasi berbagai permasalahan pada saluran pernapasan.

5. Mengatasi Masuk Angin

Sebenarnya masuk angin ini bukan salah satu nama dari penyakit. Masuk angin ini terjadi manakala kondisi tubuh sedang merasakan kelelahan yang berlebih. Maka dari itu, dengan sifat kehangatan yang bisa diberikan oleh bandrek ini, tentunya bisa dengan mudah mengobati masuk angin ini.

6. Mencegah Perut Kembung

Perut kembung ini merupakan kondisi dimana perut tidak bisa mengeluarkan gas beracun dari belakang. Dan ternyata bandrek ini merupakan obat alami untuk mengatasi perut kembung.

7. Mematikan Patogen Asing

Di dalam bandrek ini juga terkandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membuat tubuh terlindungi dari beberapa serangan penyakit. Pada saat sistem imun yang ada di dalam tubuh Anda melemah, maka secara otomatis tubuh akan ikut melemah juga.

Cara Membuat Bandrek Susu

Berikut cara membuat bandrek susu untuk menghangatkan badan di tengah cuaca dingin.

Bahan-bahan Bandrek Susu Spesial

  • Air mineral sebanyak 1 liter
  • Gula merah sebanyak 350 gram yang disisir halus
  • Batang serai sebanyak 3 batang kemudian digeprek
  • Jahe bakar sebanyak 80 gram kemudian digeprek
  • Garam sebanyak ½ sdm
  • Daun pandan sebanyak 1 lembar (Sebelum digunakan, dibersihkan terlebih dahulu)
  • Susu kental manis vanila (Secukupnya, disesuaikan dengan jumlah bahan lainnya agar pas)

Cara Memasak Resep Bandrek Susu

  1. Dalam memasak resep bandrek susu, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merebus dalam panci, gula bersama air hingga menididih.
  2. Setelah air mendidih, tambahkan daun pandan yang dapat anda buat menyerupai pita, jahe bakar yang telah dimemarkan beserta batang serai. Kemudian aduk larutan air gula merah tersebut beberapa kali saja.
  3. Kemudian, masukkan garam sesuai dengan selera anda dan aduk kembali minuman bandrek dalam panci.
  4. Jika rasa yang dihasilkan sudah pas dan bahan beserta bumbu telah teraduk rata, maka matikan api dan angkat bakal minuman bandrek ini.
  5. Anda bisa meletakkannya di teko atau tempat lainnya. Penyajiannya, bisa anda lakukan diatas gelas bersih.
  6. Untuk tahapan terakhir, anda bisa menambahkan susu kental manis pada bandrek yang telah siap anda minum. Dengan begitu, minuman ini siap untuk anda minum di tengah cuaca dingin bersama keluarga.

Baca Juga:

Demikian tadi manfaat dan cara membuat bandrek susu special yang bisa disajikan sebagai minuman berbuka puasa apabila cuaca sedang dingin. Minuman ini mampu mengembalikan energy yang hilang selama seharian karena kandungan rempah-rempah dan susu. Semoga cara membuat bandrek diatas bermanfaat, selamat mencoba.