Wednesday , November 30 2022
Manfaat Penggunaan Set Top Box Untuk TV Digital

Manfaat Penggunaan Set Top Box Untuk Televisi Analog

Manfaat Penggunaan Set Top Box Untuk Televisi Analog. Pastinya belakangan kita sering mendengar nama set top box. Program siaran televisi digital ini memang digadang-gadang oleh pemerintah. Banyak keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan program televisi digital ini. Tak hanya itu, televisi digital juga menampilkan saluran yang beragam. Lantas apa saja sih manfaat dari set top box?.

Set Top Box

STB atau biasa dikenal dengan nama Set Top Box ternyata memiliki nama lain yaitu decoder, receiver dan beberapa orang menyebutnya converter. Fungsi penggunaan STB analaog yaitu sebagai alat untuk mengkorversi sinyal digital menjadi gambar dan suara kemudian ditampilkan pada layar TV analog.

Meskipun sudah menggunakan set top box, tv analog juga masih menggunakan antena UHF untuk bisa menikmati siaran televisi digital. Soalnya penggunaan set top box hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara.

Sementara sinyal digital dapat ditangkap dengan menggunakan antenna UHF. Disitulah antenna UHF diperlukan tujuannya sebagai alat untuk menangkap sinyal digital yang kemudian diubah menjadi suara dan gambar yang kemudian diampilkan ke TV analog.

Ada banyak sekali merk set top box yang sudah dijual dipasaran, namun untuk lebih amannya dalam mengubah siaran digital yang ditangkap lebih baik membeli set top box yang sudah berlisensi kominfo agar semua fitur siaran dapat berfungsi dengan optimal.

Manfaat penggunaan Set Top Box

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan dengan menggunakan set Top Box, Perpindahan dari TV analog ke program TV digital  memang disambut hangat oleh masyarakat. Pasalnya banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh televisi digital diantaranya

  • Set Top Box mampu menampilkan gambar yang jauh lebih jelas dan tidak terkendala oleh cuaca
  • Dengan beralih ke televissi digital suara yang dihasilkan lebih jernih dan tidak putus0putus
  • Program televisi yang disajikan jauh lebih banyak
  • Tidak dipungut biaya seperti TV berlangganan
  • Mampu disambungkan pada program Youtube
  • Tidak memerlukan antenna parabola cukup menggunakan antenna UHF saja

Baca Juga:

Cara Menyambungkan Set Top Box Pada TV

Cara Menyambungkan set top box ke tv analog sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tertera pada dusbook set top box atau bisa juga ikuti langkah-langkah sebagai berikut

  1. Sebelum memulai sebaiknya perhatikan panel dan port bagian belakang STB. Beralih ke TV, disarankan juga selalu memperhatikan pada bagian belakang TV.
  2. Pasang kabel penghubung antenna dari perangkat tv digital ke perangkat tv yang sama-sama berada dibelakang perangkat.
  3. Hubungkan STB anda ke televisi dengan menggunakan kabel AV (Audio Visual) maupun menggunakan kabel HDMI.
  4. Setelah semuanya terhubung, tekan tombol on STB serta TV. Tedapat remote yang terhubung pada STB. Anda dapat mengaturnya lewat remote tersebut.
  5. Pilihlah menu cari sauran otomatis (program), tunggu beberapa menit sampai pencarian saluran TV dan radio digital selesai.
  6. Anda bisa menikmati saluran TV digital pada layar tv analog anda.

Banyak sekali manfaat penggunaan set top box yang bisa anda dapatkan dengan bermigrasi ke saluran televisi digital. Tak hanya itu cara pemasangan set top box yang sangat mudah serta harga yang ekonomis dengan berbagai fitur yang didapatkan. Ayo beralih kesaluran televisi digital untuk Indonesia yang lebih baik.