Wednesday , June 12 2024
Tips Investasi Emas Berjangka di Shopee dan Caranya

Tips Investasi Emas Berjangka di Shopee dan Caranya

MBagaimana cara investasi emas berjangka di Shopee? Simak tips dan caranya di artikel ini agar investasi Anda aman dan menguntungkan.

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling diminati oleh banyak orang. Emas memiliki nilai yang stabil, tahan inflasi, dan mudah dicairkan. Namun, membeli emas fisik juga memiliki beberapa kendala, seperti biaya penyimpanan, risiko kehilangan, dan keterbatasan jumlah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba investasi emas berjangka di Shopee. Emas berjangka adalah kontrak jual beli emas yang akan dilaksanakan pada waktu dan harga yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan investasi emas berjangka, Anda tidak perlu menyimpan emas fisik, tetapi hanya membayar selisih harga antara saat pembelian dan penjualan.

Lalu, bagaimana cara investasi emas berjangka di Shopee? Berikut adalah tips dan langkah-langkahnya yang perlu Anda ketahui.

Tips Investasi Emas Berjangka di Shopee

Sebelum Anda mulai investasi emas berjangka di Shopee, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar investasi Anda berjalan lancar dan menguntungkan, yaitu:

1. Pilih produk emas berjangka yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan

Shopee menawarkan beberapa produk emas berjangka, seperti Shopee Emas, Shopee Emas Mini, dan Shopee Emas Mikro. Setiap produk memiliki spesifikasi yang berbeda, seperti jumlah minimum pembelian, harga per gram, dan biaya administrasi. Anda bisa membandingkan produk-produk tersebut dan memilih yang paling cocok untuk Anda.

2. Perhatikan fluktuasi harga emas berjangka di Shopee

Harga emas berjangka di Shopee mengikuti harga emas dunia yang berubah setiap saat. Anda bisa memantau harga emas berjangka di Shopee melalui aplikasi atau situs web Shopee. Anda juga bisa mengatur notifikasi harga agar Anda mendapatkan informasi saat harga emas berjangka naik atau turun.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak yang Tepat dan Terpercaya

3. Tentukan strategi jual beli emas berjangka yang tepat

Anda bisa memilih untuk jual beli emas berjangka secara jangka pendek atau jangka panjang, tergantung pada tujuan dan preferensi Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari selisih harga emas berjangka, Anda bisa melakukan jual beli secara jangka pendek, yaitu membeli saat harga rendah dan menjual saat harga tinggi. Namun, Anda harus siap menghadapi risiko kerugian jika harga emas berjangka turun.

Jika Anda ingin menabung atau mengamankan nilai aset Anda, Anda bisa melakukan jual beli secara jangka panjang, yaitu membeli emas berjangka secara berkala dan menjualnya saat Anda membutuhkan uang.

4. Manfaatkan fitur dan fasilitas yang disediakan oleh Shopee

Shopee menyediakan beberapa fitur dan fasilitas yang bisa membantu Anda dalam investasi emas berjangka, seperti fitur pembelian otomatis, fitur pengiriman emas fisik, fitur pinjaman emas, dan fitur transfer emas. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca Juga:

Cara Investasi Emas Berjangka di Shopee

Setelah Anda mengetahui tips investasi emas berjangka di Shopee, berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai investasi emas berjangka di Shopee, yaitu:

1. Daftar dan verifikasi akun Shopee

Anda bisa mendaftar akun Shopee melalui aplikasi atau situs web Shopee dengan menggunakan nomor telepon, email, atau akun media sosial Anda. Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi akun dengan mengisi data diri dan mengunggah foto KTP Anda. Verifikasi akun diperlukan agar Anda bisa melakukan transaksi emas berjangka di Shopee.

2. Top up saldo ShopeePay

ShopeePay adalah dompet digital yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran di Shopee, termasuk pembelian emas berjangka. Anda bisa menambah saldo ShopeePay Anda melalui berbagai metode, seperti transfer bank, kartu kredit, atau minimarket. Pastikan saldo ShopeePay Anda cukup untuk membeli emas berjangka sesuai dengan produk yang Anda pilih.

3. Pilih produk emas berjangka

Anda bisa mengakses halaman emas berjangka di Shopee melalui menu Shopee Emas di aplikasi atau situs web Shopee. Di sana, Anda bisa melihat daftar produk emas berjangka yang tersedia, beserta harga, jumlah minimum pembelian, dan biaya administrasi. Anda bisa memilih produk emas berjangka yang Anda inginkan dengan menekan tombol Beli Sekarang.

4. Masukkan jumlah emas berjangka yang ingin di beli

Setelah Anda memilih produk emas berjangka, Anda akan diarahkan ke halaman pembelian. Di sana, Anda bisa memasukkan jumlah emas berjangka yang Anda ingin beli, dalam satuan gram. Anda juga bisa melihat total harga yang harus Anda bayar, termasuk biaya administrasi. Jika Anda setuju, Anda bisa menekan tombol Lanjutkan.

5. Bayar emas berjangka yang di beli

Setelah Anda menekan tombol Lanjutkan, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Di sana, Anda bisa memilih metode pembayaran yang Anda inginkan, yaitu menggunakan saldo ShopeePay atau menggunakan metode pembayaran lain yang tersedia.

Jika Anda menggunakan saldo ShopeePay, Anda hanya perlu menekan tombol Konfirmasi dan memasukkan PIN ShopeePay Anda. Jika Anda menggunakan metode pembayaran lain, Anda harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran tersebut.

6. Lihat riwayat transaksi emas berjangka

Setelah Anda berhasil membayar emas berjangka yang Anda beli, Anda bisa melihat riwayat transaksi emas berjangka Anda di halaman Shopee Emas. Di sana, Anda bisa melihat jumlah emas berjangka yang Anda miliki, harga rata-rata pembelian, nilai saat ini, dan keuntungan atau kerugian yang Anda dapatkan.

Anda juga bisa melakukan penjualan, pengiriman, pinjaman, atau transfer emas berjangka Anda di halaman tersebut.

Demikianlah tips dan cara investasi emas berjangka di Shopee yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam berinvestasi emas berjangka di Shopee. Selamat mencoba!