Cara Membuat Kerupuk Kulit Pisang yang Gurih dan Nikmat


Cara Bikin Kerupuk Dari Kulit Pisang

Cara Membuat Kerupuk Kulit Pisang yang Gurih dan Nikmat. Dewasa ini mungkin sudah sangat familiar tentang apa itu kerupuk kulit pisang yang gurih dan sedap. Awalnya mungkin tidak percaya yaitu dapat dikatakan sebagai limbah buah pisang karena kulitnya menyimpan kandungan nutrisi dan dapat dimanfaatkan dengan menjadikannya kerupuk. Bahkan kota Lumajang menjadi sebuah sentra yang khas akan kota pisang dan membuat kerupuk kulit pisang. Seperti apa cara membuat kerupuk kulit pisang? yang dapat anda lakukan dirumah dengan mudah.

Kerupuk Kulit Pisang

Kulit pisang adalah kulit buah dari buah pisang. Sebagai salah satu buah yang populer di dunia dengan konsumsi mencapai 145 juta ton per tahun (2011), pisang menghasilkan sejumlah besar limbah khususnya kulit pisang tersebut. Sebuah terobosan yang unik dan menarik menjadi solusi yaitu membuat kerupuk dari kulit pisang yang rasanya gurih. Maka dari itu, berdasarkan hasil penelitian, ternyata kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat.

Cara Bikin Kerupuk Kulit Pisang Yang Gurih. Menurut penelitian tim dari Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi (karena kandungan serotonin yang cukup tinggi) dan menjaga kesehatan retina mata. Selain itu, kulit pisang juga merupakan anti oksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit katarak, meredakan nyeri / gatal pada kulit serta dapat mengobati kutil pada kulit.

Cara Membuat Kerupuk Kulit Pisang

Maka dari itu dapat anda lihat dibawah ini cara bikin kerupuk kulit pisang yang ternyata kaya akan manfaat. Simak dibawah ini dan silahkan praktekkan dirumah dengan baik dan benar.

Simak Juga:

Bahan-bahan

  • Kulit pisang
  • Garam
  • Gula
  • Tepung
  • Air kapur sirih

Cara Buat Kerupuk Kulit Pisang

  1. Cuci bersih kulit pisang, lalu rendam ke dalam larutan air kapur sirih kurang lebih 20 menit guna menghilangkan noda hitam dan getahnya.
  2. Buat larutan air garam dengan melarutkan satu sendok teh garam pada 1 liter air.
  3. Rendam kulit pisang ke dalam larutan air garam kurang lebih 20 menit.
  4. Buatlah larutan air gula dengan melarutkan 3 sendok makan gula pada 1 liter air.
  5. Rendam kulit pisang ke dalam larutan air gula tersebut kurang lebih 20 menit.
  6. Angkat dan tiriskan, kemudian jemur kulit pisang tersebut dibawah sinar matahari sampai kering.
  7. Goreng kulit pisang tersebut hingga matang atau berwarna kuning kecoklatan.
  8. Jika ingin goreng dengan adonan tepung sebagai lapisan penggaringnya, anda bisa melakukan kembali langkah seperti diatas, lalu masukkan kulit pisang kedalam adonan tepung.
  9. lalau goreng kulit pisang sampai matang, jika sudah matang angkat dan tiriskan minyaknya.

Manfaat Buah Pir Dikonsumsi Setiap Hari

Bagaimana sangat simpel dan mudah untuk dipraktekkan?. Jangan menunggu kapan punya waktu luang dalam membuat kerupuk kulit pisang. Prektekan dengan teman, keluarga dirumah dan cicipi kerupuk kulit pisang tersebut selagi hangat. Selamat mencoba dan jadikan harimu penuh dengan eksperimen yang bermanfaat.