Cara Memilih Motor Bekas Tips Mendapatkan Seken yang Layak Dibeli


Cara Memilih Motor Bekas Tips Mendapatkan Seken yang Layak Dibeli

Cara Memilih Motor Bekas Tips Mendapatkan Seken yang Layak Dibeli. Bagi Anda yang sedang mencari motor bekas atau seken perlu beberapa hal yang harus diperhatikan. Intinya menemukan keingingan pembeli yaitu Anda dengan penjual. Cara memilih motor bekas juga tidak asal karena bisa jadi kalau salah maka dikhawatirkan tidak mendapatkan motor yang ingin dicari. Tips ini singkat dan jelas sehingga langsung bisa di praktekkan.

Ada sepeda motor ternama keluaran Honda, Yamaha, Suzuki, BMW, Bajaj, Kawasaki, TVS dan lain-lain. Pembeli adalah raja artinya untuk kewenangan lebih mereka yang punya uang harus mengendalikan barang yang akan dibelinya. Istilah lain membeli dengan sesuai apa yang diinginkan adalah hal yang sewajarnya. Bila barangnya tidak diminati maka tidak usah memberlinya.

Cara Memilih Motor Bekas. Sepeda motor sudah menjadi barang pokok setiap orang dewasa dalam melakukan aktivitasnya. Ini memang menjadi suatu kebutuhan. Ketika ada keinginan membeli sepeda motor seken yang masih layak untuk dipakai diperlukan ilmu atau informasi update terbaru. ManfaatCaranya.com akan berbagi trik dalam memilih motor bekas di pasaran.

Cara Memilih Motor Bekas Tips Mendapatkan Seken yang Layak Dibeli

Setidaknya kita pernah mendengar penjual motor bekas yaitu dealer motor bekas atau pemiliknya langsung. Ini menjadi catatan biasanya bila motorkas seudah ada di dealer atau toko motor bekas akan dipajang dengan sudah di perbaiki. Misalnya cat, ban, kondisi mesin, hingga ke surat-surat.

Sedangkan untuk langsung pemilik motor maka kondisi seperti apa adanya. Misalkan bannya masih biasa, pajak juga, kondisi cat, kilometer, dan lainnya. Dengan mengetahui sumber penjual yang akan kita beli setidaknya bisa melakukan nego lebih detail.

Berikut cara memilih motor bekas atau tips singkat mendapatkan motor seken yang layak dipakai.

Pertama, mencari tahu cara memilih motor bekas/seken yang baik.

Ini seperti halnya tulisan ini bahwa Anda diedukasi sejenak dalam rangka mencari motor bekas alias seken di sini. Beruntung sekali Anda membaca tulisan ini karena sangat berguna untuk tahap selanjutnya yaitu nomor kedua.

Kedua, menentukan seri motor yang akan dibeli.

Ini misalnya motor “lanang” atau kopling, vespa, matic, sport atau bebek. Ini semua terserah Anda yang akan mencarinya. Pastikan perkiraan anggaran sesuai dengan yang akan dicari nantinya.

Ketiga, Cek Harga Pasaran

Caranya dengan online yaitu Anda tinggal melakukan browsing ketik keyword “harga motor hari ini”, “motor murah”, harga sepeda motor bekas, dan lainnya. Intinya ada kata “harga” dan “bekas/seken”. Ketika mengetahui hasil googling maka buka semua web yang ada di halaman pertama biasanya ada 10 rekomendasi.

Bila belum puas silakan tanya ke teman, dealer terdekat, hingga japri WA/SMS/chat seseorang yang bergerak di sektor ini. Ini namanya metode offline.

Keempat, ketahui track record penjual

Mengetahui sepak terjang, pengalaman dari beberapa informasi, dan mencoba berkomunikasi dengan penjual langsung akan memberikan penilaian kepada Anda sejauh mana penjual bisa dipercaya memberikan informasi yang benar soal motor seken yang ia akan jual. Awalnya mungkin cuma tanya-tanya dan lainnya maka dengan ini Anda bisa menilainya.

Untuk penjual motor online memang butuh kopdar atau mengunjungi stand mereka jika dirasa terjangkau. Bila agak jauh kami sarankan mencari penjual yang dekat karena akan mempermudah komunikasi usai jual beli misalnya surat dan lainnya.

Kelima, cek Surat-surat Kendaraan

Saat dialog dengan penjual tanyakan konsisi surat-surat penting kendaraan seperti STNK dan BPKB. Ini harus ada karena tanda legalitas motor. Bila BPKB masih di pegadaian, dibawa orang, atau belum di tempat maka pastikan BPKB ada dahulu baru melakukan transaksi bila dirasa cocok dengan motornya. Ini juga berlalu dengan STNK.

Bila kendaraan motor mati pajak maka Anda juga bisa nego dengan mengurangi harga banderolnya senilai harga telatpajaknya. Ini dengan catatan Anda harus melakukan pajak motor sendiri setelah pembelian tentu dengan KTP atau surat asli pemilik motor aslinya. Ini gunanya mengapa lebih baik mencari motor yang dekat rumah alias terjangkau jarak crossceknya.

Keenam, melakukan pengecekan kondisi motor

Pastikan mesin motor dalam kondisi baik. Bila Anda tidak ahli menilai suatu motor dalam kondisi baik bisa mengajak teman, kakak, keluarga atau tetangga untuk survei sehingga tidak salah pilihan. Mesin motor ini bisa dicek olinya, suaranya, sejarah pemakaiannya.

Sejarah motor juga perlu di cek misalnya motor bekas balap, motor pribadi, motor lama gak menyala atau seperti lainnya. Bila sudah yakin bagus maka bisa dlanjutkan ke tahap selanjutnya.

Ketujuh, lakukan pengecekan speedometer

Standar pemakaian motor memang berbeda-beda bila melihat jarak tempuhnya. Secara aman maka pakai standar 10.000 km per tahun. Misalnya motor baru dipakai 2 tahun maka kurang lebihnya spedometer akan terpampang +- 20.000 km. Ini bisa dikatakan motor yang Anda minati tidak terlalu over pemakaiannya.

Kedelapan, cek kelistrikan, lampu, dan aki.

Ini seperti menyalakan lampu sign kanan kiri, depan panjang pendek, lampu belakang, lampu pengereman, hingga kabel-kabel dalam seperti koneksi aki dan lainnya. Caranya mudah yaitu dengan menggerakkan tombol dan membuka penutup aki sebentar. Bila memang sudah ahli maka tidak harus membuka aki misalnya hanya dengan memencet tombol starter otomatis maka kondisi aki sudah ketahuan. Apalagi dicoba sebentar semisal test drive.

Khusus aki biasanya akan mengalamai pergantian otomastis per 2 tahun baik aki basah atau kering. Anda bisa berhitung juga bila memang akan membelinya.

Kedelapan, lakukan test drive secukupnya

Test drive ini adalah tips atau cara memilih motor bekas yang wajin dilakukan. Tes pakai ini berguna untuk:

  • Mengetahui kondisi real mesin motor.
  • Mengetahui kondisi oli bocor atau aman.
  • Mengatahui kondisi kelistrikan.
  • Mengetahui kondisi pengereman.
  • Mengetahui kondisi kasar atau halusnya mesin.
  • Mengetahui kondisi roda dan ban.
  • Mengetahui kondisi bodi pernah jatuh atau tidak.
  • Mengetahui kondisi tarikan mesin yang standar.
  • Dan lainnya.

Cara Memilih Motor Bekas. Demikian sajian cara memilih motor bekas yang aman untuk dipakai. Pastikan sekali lagi budget Anda setara dengan apa yang Anda inginkan. Tunda beberapa waktu bila Anda menginginkan barang yang lebih baik.

Baca Juga:

Diskusi dengan orang yang ahli motor akan menambah kemantapan hati Anda dalam memilih motor seken yang diidamkan. Semoga bisa membantu.