8 Manfaat Garam Untuk Kecantikan, Lihat No 5 Hasilnya Sangat Memuaskan


Manfaat Garam Untuk Kecantikan

Garam, yang setiap hari kita jumpai didapur ternyata memiliki banyak khasiat. Tak hanya digunakan dalam dunia kuliner untuk memberikan rasa asin saja, ternyata garam juga digunakan didunia kecantikan. Salah satu manfaat garam yaitu mampu mencegah jerawat dan membuat kulit lebih halus.

Sekilas Tentang Garam

Garam dapur adalah sejenis mineral yang dapat membuat rasa asin. Biasanya garam dapur yang tersedia secara umum adalah Natrium klorida (NaCl) yang dihasilkan oleh air laut. Garam dalam bentuk alaminya adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.

Garam sangat diperlukan tubuh, tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu garam juga digunakan untuk mengawetkan makanan dan sebagai bumbu. Untuk mencegah penyakit gondok, garam dapur juga sering ditambahi yodium.

Meskipun dibutuhkan tubuh ternyata konsumsi garam secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Gunakan garam secukupnya saja. Untuk Kecantikan anda bisa menggunakan larutan garam atau garam yang sudah dilarutkan dalam air untuk dibubuhkan kewajah anda. Cara yang sangat mudah dan gampang untuk dilakukan setiap saat.

Manfaat Garam Untuk Kecantikan

Manfaat yang bisa anda dapatkan bila secara rutin menggunakan garam untuk meningkatkan kecantikan anda diantaranya,

Baca Juga:

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat pertama garam untuk kecantikan yaitu mampu mengatasi jerawat yang muncul di wajah Anda. Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Garam juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih yang menyebabkan tumbuhnya jerawat pada kulit wajah Anda.

2. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari garam yaitu scrub atau masker wajah alami. Garam mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Rutin menggunakan scrub garam diyakini kulit wajah Anda akan tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat.

3. Sebagai Toner Wajah

Sebagai bahan alami, garam bisa digunakan sebagai toner wajah. Menggunakan garam sebagai toner diyakini dapat membantu membersihkan sisa-sisa debu, kotoran, atau make up yang menempel di wajah. Manfaat ini didukung karena garam mampu menyeimbangkan produksi minyak di wajah.

4. Mengurangi Peradangan

Selain digunakan sebagai masker, toner, atau scrub, mandi dengan campuran garam dianggap dapat mengurangi kulit kering dan kulit yang meradang.

Menurut National Eczema Foundation, mandi dengan larutan garam dapat membantu meredakan iritasi dari eksim. Eksim adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kulit memerah dan gatal.

5. Meremajakan Kulit

Manfaat selanjutnya dari garam untuk kecantikan adalah bisa meremajakan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mencampurkan garam dengan lidah buaya.

Lalu usapkan ke seluruh tubuh Anda dan diamkan hingga kering untuk mendapatkan hasil maksimal. Garam dan lidah buaya adalah campuran terbaik untuk Anda yang menginginkan kulit kencang yang cerah.

6. Perawatan Antiketombe

Selain berguna sebagai perawatan kulit wajah, manfaat garam lain mampu menghilangkan ketombe di kulit kepala. Manfaat ini mungkin jarang orang ketahui.

Untuk mendapatkan khasiatnya, caranya dengan menaburkan garam di kulit kepala, lalu pijat secara lembut dan berikan tekanan pada bagian yang gatal dengan jari-jari yang sudah dibasahi sebelumnya.

Lakukan selama 10-12 menit dan diamkan supaya khasiat garam dapat menyerap sempurna. Cuci rambut dan kulit kepala hingga bersih.

7. Mengatasi Bibir Kering

Mungkin masalah ini kerap melanda orang yang setiap hari menggunakan lipstik. Untuk mengatasi masalah bibir kering cukup mudah.

Anda dapat menggunakan bahan alami seperti garam sebagai solusinya. Caranya dengan mencampurkan tiga sendok garam dengan satu sendok pelembap bibir, kemudian gosok pada bibir yang kering. Setelah itu, bersihkan kulit dengan lap basah.

8. Membersihkan Pori-Pori

Garam sebagai toner dapat berfungsi membantu membersihkan pori-pori secara mendalam untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menghalau bakteri pemicu jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu mencampurkan garam sebanyak satu sendok makan dengan empat ons air hangat ke dalam botol semprot. Setelah itu gunakan campuran ini untuk mengatasi kulit kering dan membersihkan wajah sekaligus penyegar.

Simak Juga:

Meskipun jarang dijumpai dan sangat murah, perawatan dengan menggunakan garam masih awam dikalangan wanita Indonesia. Anda bisa membuat sendiri larutan garam untuk melakukan perawatan dirumah. Semoga artikel khasiat garam untuk kecantikan diatas menambah informasi anda, selamat mencoba.