Sunday , June 16 2024
Cara Screenshot di Laptop Semua Merek dan Versi Windows

4 Cara Screenshot di Laptop Semua Merek dan Versi Windows

Berbagai Cara Screenshot Laptop Windows 10, Windows 11, Windows 8, Windows 7 dengan Mudah dan Cepat. Apakah Anda pernah membutuhkan tangkapan layar (screenshot) dari laptop Anda? Mungkin untuk menunjukkan pesan kesalahan pada dukungan teknis, membagikan gambar layar dengan teman atau hanya untuk menangkap momen penting dalam game.

Apapun alasannya, bagi sebagian orang screenshot sangat penting dalam pekerjaan atau bisnisnya. Sebanarnya, semua merek laptop memiliki beberapa metode yang mirip untuk mengambil tangkapan layar. Misalkan, cara screenshot laptop asus dan cara screenshot laptop acer bisa saja ada kesamaan. Sebelumnya kami hadirkan cara bypass frp hp samsung.

Pasalnya, cara SS di laptop bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya menggunakan tombol pada keyboard laptop. Maka, Anda tidak perlu heran jika menemukan cara screenshot laptop lenovo yang sama dengan cara screenshot laptop hp.

Cara Screenshot di Laptop

Lantas bagaimana cara screenshot di laptop windows 10 dan versi windows lainnya? Tidak perlu khawatir, pasalnya hari ini MANFAATCARANYA bagikan akan membahas cara-cara mudah dan praktis untuk mengambil screenshot di laptop Anda.

Beberapa metode ini bisa Anda coba untuk berbagai merk laptop dan versi windows. Jadi, bagi yang mencari cara screenshot laptop dell, cara screenshot laptop Toshiba, dan merek laptop lainnya bisa menggunakan cara ini. Langsung saja, berikut ini adalah empat cara SS di laptop yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan Tombol PrintScreen

Mungkin masih ada sebagian orang yang bertanya-tanya SS laptop mencet apa? Sebelum kita mulai, mari cari tahu di mana tombol screenshot berada di laptop Anda. Biasanya, tombol ini ditemukan di atas keyboard dengan label “Print Screen”, “PrtScn” atau Prt Sc. Beberapa laptop juga memiliki tombol khusus untuk mengambil screenshot.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol “Ctrl + Print Screen secara bersamaan. Tangkapan layar akan disimpan ke clipboard. Untuk menyimpan gambar sebagai file, buka program pengolah gambar seperti Paint atau Photoshop, lalu klik “Paste” atau tekan tombol “Ctrl+V” pada keyboard Anda.

Anda akan melihat tangkapan layar yang Anda ambil sebelumnya di area kerja. Sekarang Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar. Tinggal pilih mau disimpan dalam format PNG, JPEG, GIF atau yang lainnya.

2. Pencet Tombol Windows + Prt Sc

Selain dengan menggunakan tombol Ctrl + Prt Sc, Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol logo Windows + Print Screen (Prt Sc) secara bersamaan. Setelah Anda menakan kedua tombol tersebut, nanti layar laptop atau komputer Anda akan berkedip sebentar.

Jika sudah berkedip, maka proses screenshot di laptop Anda sudah selesai. Untuk melihat hasil screenshotnya, Anda bisa membuka folder picture laptop. Lebih tepatnya adalah drive C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.

3. Cara Screenshot Bagian Tertentu

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari sebagian layar, caranya cukup mudah. Tekan tombol “Windows+Shift+S” pada keyboard Anda, dan kotak pilihan layar akan muncul. Anda dapat memilih area yang ingin diambil dengan menyeret mouse.

Setelah selesai, tangkapan layar akan disimpan ke clipboard dan siap untuk disimpan sebagai file. Jika belum tersimpan secara otomatis, maka Anda perlu menggunakan Paint atau Photoshop seperti cara yang pertama tadi.

Namun jika laptop Anda telah terinstall aplikasi Snipping Tool, biasanya akan tersimpan secara otomatis di folder picture laptop Anda. Untul lebih jelasnya, Anda bisa cek disk C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.

4. Mengambil Screenshot dengan Software Pihak Ketiga

Jika Anda ingin fitur lebih banyak atau kontrol yang lebih baik, maka Anda dapat menggunakan software atau aplikasi pihak ketiga seperti, Lightshot, Snagit, dan Greenshot. Beberapa software tersebut merupakan pilihan bagus dengan fitur-fitur yang berguna seperti penyuntingan gambar sederhana, anotasi, dan pembagian langsung ke situs sosial media.