11 Fakta Mengejutkan Rumput Teki Yang Jarang Diketahui


Fakta Mengejutkan Suket Teki Yang Jarang Diketahui

Jangan pandang sebelah mata rumput teki. Rumput yang mengganggu keindahan halaman, serta taman ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Rumput teki juga dijadikan sebagai judul lagu yang memiliki makna kurang mengenakan. Tumbuhan liar ini banyak tumbuh dihalaman maupun ditaman, namun tak jarang kita akan membuang gulma yang satu ini. Karena kehadirannya sulit dikendalikan dan akan dengan ceat meluas.

Suket Teki

Teki ladang atau Cyperus rotundus adalah gulma pertanian yang biasa dijumpai di lahan terbuka. Apabila orang menyebut “teki”, biasanya yang dimaksud adalah jenis ini, walaupun ada banyak jenis Cyperus lainnya yang berpenampilan mirip.

Teki sangat adaptif dan karena itu menjadi gulma yang sangat sulit dikendalikan. Ia membentuk umbi (sebenarnya adalah tuber, modifikasi dari batang) dan geragih (stolon) yang mampu mencapai kedalaman satu meter, sehingga mampu menghindar dari kedalaman olah tanah (30 cm). Teki menyebar di seluruh penjuru dunia, tumbuh baik bila tersedia air cukup, toleran terhadap genangan, mampu bertahan pada kondisi kekeringan.

Manfaat Suket Teki

Meskipun termasuk gulma yang sangat meresahkan ternyata rumput teki memiliki manfaat yang mampu menyembuhkan berbagai keluhan tubuh. Apabila ingin digunakan sebagai jamu pastikan rumput yang anda ambil jauh dari berbagai macam kotoran. Hal tersebut untuk meminimalisir berbagai bakteri yang terdapat disekitar rumput tersebut. Khasiat rumput teki yang bisa anda dapatkan antara lain

Baca Juga:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Karena sifatnya yang dapat mempercepat proses pembekuan darah maka rumput teki bisa digunakan untuk mengompres luka. Caranya pun mudah, tumbuk kasar batang dan daun rumput teki, lalu kompreskan pada bagian luka hingga rumput teki terasa mengering. Setelah itu, bilas dengan air mengalir hingga bersih. Lakukan beberapa kali hingga luka sembuh.

2. Menghaluskan Kulit

Manfaat satu ini sangat disukai kaum hawa. Ekstrak rumput teki yang sudah diolah menjadi minyak bisa berguna untuk mencerahkan kulit. Lebih dari itu, akar rumput teki memiliki sifat anti penuaan untuk kulit dan mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Sebelum tidur, oleskan minyak rumput teki pada kulit tangan, kaki dan bagian yang menghitam seperti Anda sedang menggunakan lotion. Biarkan khasiatnya bekerja optimal semalaman selagi Anda tidur.

3. Meredakan Sakit Menstruasi

Siklus bulanan pada wanita seringkali dirasa tak mudah, apalagi bila Anda selalu merasakan nyeri. Namun, jangan kuatir. Resep alami dari umbi rumput teki berkhasiat meredakan sakit menstruasi. Caranya, cuci bersih umbi rumput teki, haluskan dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusan dan minum airnya secara teratur. Bahkan, bila tamu bulanan datang tidak teratur, resep ini juga bisa membuat haid menjadi lebih teratur.

4. Menghilangkan Sakit Gigi

Aww, sakit gigi memang bisa sangat menganggu. Berita baiknya, ramuan rumput teki ini mampu meredakan sakit gigi Anda. Caranya, haluskan umbi rumput teki lalu seduh dengan 200ml air panas. Setelah hangat, tambahkan sedikit madu dan minum airnya. Bye bye sakit gigi!

5. Mengobati Gangguan Pencernaan

Bila Anda memiliki masalah pencernaan seperti diare, nyeri lambung, dan lainnya, rumput teki bisa jadi solusi masalah Anda. Umbi rumput teki mengandung senyawa aktif dan enzim yang mampu merangsang reaksi biokimia yang berguna untuk sistem pencernaan. Cara mengolahnya sama dengan poin di atas, cukup direbus, dan konsumsi air rebusannya. Dengan mengonsumsi umbi rumput teki ini, gangguan pencernaan bisa diatasi dengan baik.

6. Memperlancar Saluran Urin

Tak hanya itu, air rebusan umbi rumput teki, juga bisa mengobati kencing batu. Saluran urin yang terhambat karena penggumpalan garam ini bisa lancar kembali karena air rebusan umbi rumput teki yang bersifat diuretik atau membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh.

7. Meredakan Demam

Umbi rumput teki memang menyimpan banyak manfaat, salah satunya meredakan demam. Hal ini karena umbi rumput teki mampu merangsang keluarnya keringat dalam tubuh sehingga membantu menormalkan kembali suhu tubuh saat demam. Tak perlu repot, haluskan umbi rumput teki dan campurkan dengan sedikit air. Bungkus dengan kain tipis dan kompreskan pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

8. Melancarkan Buang Air Besar

Susah BAB? Jangan kuatir, Anda bisa mengonsumsi umbi rumput teki yang sudah diolah menjadi bubuk. Ambil satu sampai dua sendok teh bubuk umbi rumput teki dengan 400ml air, rebus hingga air mencapai 200 ml. Saring dan minum setelah hangat. Bila perlu, Anda bisa mencampurnya dengan 60 gram akar alang-alang dalam rebusan. Dengan mengonsumsi secara teratur, urusan BAB bukan masalah lagi.

9. Ketombe, Bye Bye

Haluskan daun dan batang rumput teki, lalu tambahkan minyak kelapa. Campurkan hingga semua bahan menyatu dengan baik. Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut dengan cara balur merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Ramuan ini juga efektif untuk  mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut serta aman digunakan oleh bayi.

10. Mengontrol Kolesterol Dalam Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif yang ditemukan pada rumput teki memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan trigliserida. Kandungan ekstrak alkoholnya juga mampu menurunkan risiko hipertensi. Caranya, rebus daun dan batang rumput teki. Minum air rebusannya secara teratur setiap hari.

11. Meredakan Lebam

Kulit biru lebam akibat terbentur biasanya sering dialami anak-anak yang terlalu heboh bermain. Untuk menghilangkannya, gunakan rumput teki yang masih segar. Cuci bersih dan giling atau memarkan, lalu tempelkan pada bagian yang membiru. Tak hanya itu, bila ada kuku yang bengkak, Anda juga bisa menumbuk halus bagian umbinya lalu bungkus dengan daun. Panaskan dengan cara mengukusnya sebentar saja. Balut kuku yang sakit dengan tumbukan umbi yang masih hangat. Anda bisa menggunakan dengan kain kasa dan perekat agar balutannya rapi.

Demikian tadi manfaat suket teki yang jarang diketahui, serta keberadaannya sering dibersihkan karena termasuk gulma yang gampang meluas. Semoga ulasan diatas menambah pengetahuan anda tentang berbagai tanaman disekitar yang kaya manfaat.