Manfaat dan Kandungan Gizi Singkong Bagi Tubuh


Manfaat dan Kandungan Gizi Singkong Bagi Tubuh

Manfaat dan Kandungan Gizi Singkong Bagi Tubuh. Perlu kita ketahui bahwa, singkong adalah tanaman asli Amerika Latin Brazil dan Paraguay. Yaitu sebagai makanan pokok yang ada di tanah air Indonesia juga Gajah Putih Thailand dan beberapa bagian di benua Afrika. Dimana tanaman singkong menyediakan sumber energi bagi yang mengkonsumsinya. Dimana kalau kita jaman sekarang sebenarnya masih banyak yang mengkonsumsi singkong dengan model digoreng, rasa keju dll.

Bahwa singkong sebenarnya dalam makanan sehari-hari, mampu memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, karena adanya kandungan vitamin, mineral dan serat. Akan tetapi, singkong hanya di konsumsi setelah dimasak untuk menghindari racun yang ada dalam keadaan mentah. Untuk masyarakat tanah air Indonbesia sangatlah familiar tentang  apa yang namanya Singkong.

Kandungan gizi yang terdapat pada singkong per 100 gr antara lain sbb:

  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram

Tak heran bila singkong banyak dikonsumsi baik daunnya maupun umbinya. Namun pada masakan padang daun singkong yang digunakan beda dengan daun singkong pada umumnya yang memiliki rasa lebih enak. Berikut manfaat singkong yang sering dilupakan.

Manfaat dan Kandungan Gizi Singkong Bagi Tubuh

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi singkong. Meskipun makanan tersebut digolongkan kedalam makanan udik atau kampungan, sebaiknya anda berfikir untuk tidak mengkonsumsinya. Karena dibalik singkong menyimpan berjuta manfaat untuk tubuh, diantaranya:

1. Sumber Kalori Lebih Tinggi

Singkong mengandung hampir dua kali lipat kalori daripada manfaat makanan lainnya kentang, mungkin salah satu yang tertinggi untuk setiap umbi yang kaya akan kandungan pati. Dimana 100 gram singkong menyediakan 160 kalori. Kalori terutama berasal dari sukrosa, membentuk sebagian besar dalam umbi ini terhitung lebih dari 69% dari total gula. Gula kompleks amilosa lain adalah sumber karbohidrat utama (16-17%).

2. Sumber Energi

Sumber energy ini sangat rendah lemak dibandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan. Meskipun demikian, singkong memiliki lebih banyak protein dari pada sumber makanan tropis lainnya seperti pada manfaat ubi, kentang dan pisang itu sendiri. Seperti dalam akar dan umbi-umbian lainnya, singkong juga bebas dari gluten. Makanan yang bebas akan kandungan pati banyak digunakan dalam persiapan makanan khusus untuk pasien penyakit celiac.

3. Sumber Vitamin K

Selain singkong, daun muda yang lembut merupakan sumber protein dan vitamin K. Vitamin K-memiliki peran potensial dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Hal ini juga telah membentuk peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak. Singkong merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B-kompleks yang berharga. Seperti folat, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat.

Baca Juga:

Maka dari itu, setelah kita mengetahui apa yang menjadi manfaat pada singkong. Yang sebenarnya kita konsumsi dari masa kecil samapi sekarang. Atau bahkan nenek moyang kita yang juga mengkonsumsi singkong sebagai makanan sehari-hari terbukti mempunyai fisik yang kuat dan usia yang panjang dari zaman kita sekarang ini.