5 Manfaat Daun Dewa Yang Diabaikan


5 Manfaat Daun Dewa Yang Diabaikan

5 Manfaat Daun Dewa Yang Diabaikan. Sebelum kita membahas tentang obat dengan bahan alam/herbal yang digunakan sebagai pertolongan pertama pada luka kita, maka kita harus mengenal lebih dahulu mengenai fisiologi penyembuhan luka itu sendiri.

Daun Dewa mempunyai nama latin (Gynura divaricata), orang China menyebutnya Samsit. Tinggi tanaman ini sekitar 30-40 cm, merupakan tumbuhan tegak, batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, dengan penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar.

Daun Dewa memiliki panjang 20 cm, lebar 10 cm, dengan tangkai pendek, bulat lonjong berdaging, berbulu halus, ujung daunnya lancip, bertoreh pada tepi daun serta warna hijau keunguan. Daun dewa juga memiliki bunga majemuk yang tumbuh di ujung batang, berkelopak hijau berbentuk cawan, dan benang sari berwarna kuning berbentuk jarum.

Bagian yang digunakan untuk sarana pengobatan adalah daunnya yang mengandung senyawa flavonoid, saponin, dan minyak atsiri.

Manfaat Daun Dewa

Beberapa khasiat umum daun dewa antara lain Analgesik (meredakan rasa nyeri) – Anti Inflamasi (anti radang) – Khasiat daun dewa melancarkan sirkulasi darah. – Daun dewa digunakan untuk obat menurunkan tekanan darah tinggi. – Khasiat daun dewa mengobati luka memar. – Daun dewa sebagai obat pereda rasa nyeri. – Khasiat daun dewa sebagai obat anti radang. – Daun Dewa obat untuk menghentikan pendarahan. – Khasiat daun dewa sebagai obat meluruhkan kencing. – Daun dewa adalah obat penurun panas. – Khasiat daun dewa sebagai obat kencing manis atau diabetes mellitus. – Daun dewa obat pembersih racun dalam tubuh.

Baca Juga:

1. Mengobati Kanker Payudara

Daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut peroksidase. Sebuah studi tahun 2013 dari Universiti Sains Malaysia yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE menemukan bahwa protein ini bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh karena itu, peneliti percaya bahwa daun dewa berpotensi untuk menjadi pilihan pengobatan kanker payudara.

2. Mengobati Herpes

Satu penelitian kolaborasi dari tim periset Thailand dan Jerman menemukan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa mematikan dan menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2 untuk menggandakan diri dalam tubuh. Temuan manfaat daun dewa yang satu ini diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2013.

3. Mengobati Hipertensi

Selain membunuh virus herpes, kandungan etanol dalam daun dewa juga dipercaya bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Temuan ini diterbitkan tahun 2013 dalam jurnal Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS) oleh tim periset dari Universiti Sains Malaysia.

4. Mengobati Diabetes

Daun dewa banyak dicari untuk pengobatan berbagai macam penyakit kesehatan seperti diabetes, demam, sembelit, dan hipertensi. Daun dewa juga dipercaya ampuh mengobati sakit ginjal dan rematik. Sebuah studi ulasan yang diterbitkan di jurnal Frontiers of Pharmacology melaporkan bahwa manfaat daun dewa ini datang dari kandungan penyembuhnya yang serba ada — mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antihiperglikemik, antikanker, antibakteri, antioksidan, hingga anti-peradangan.

5. Mengobati Stroke

Daun dewa diketahui memiliki sifat antihipertensi dan kardiprotektif, yang dipercaya dapat melindungi jantung. Ini yang menjadi alasan bahwa manfaat daun dewa bisa menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit jantung, termasuk juga stroke. Yang perlu dipahami, stroke adalah kondisi gawat darurat yang bisa mengancam nyawa. Begitu Anda terserang stroke, langsung dapatkan pertolongan medis sesegera mungkin, jangan ditunda dengan meminum jamu terlebih dulu.

Simak Juga:

Daun Dewa sangat efektif mengobati luka ringan, selain memiliki manfaat sebagai antibakteri, kandungan saponin yang terdapat pada daun dewa secara empiris mampu menghentikan perdarahan pad aluka itu sendiri.